Hobby

6 Museum di Jakarta Yang Patut di Kunjungi

6-Museum-Di-Jakarta-Yang-Patut-Di-Kunjungi[1]

Jangan Lupa Share ya

Dengan segala macam hirup piruk nya rupanya Jakarta sendiri masih mempunyai lokasi-lokasi yang sangat erat kaitanya dengan sejarah negara Indonesia. Dan bagi masyarakat Jakarta dengan berbagai macam kesibukan yang sangat padat liburan waktu singkat di ibu kota merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat agar dapat mengisi hari libur mereka. Terlebih lagi Jakarta sendiri terdapat berbagai macam museum yang bisa dikunjungi, sehingga kamu pun bisa berlibur sekaligus menambah wawasan akan sejarah di masa lampau.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke kota Jakarta tidak ada salahnya jika datang ke beberapa museum yang pastinya akan menambah kesan pada liburan yang tengah kamu jalani. Nah, berikut ini adalah list cari museum di Jakarta yang patut dikunjungi untuk kamu:

Museum Sejarah Jakarta


Museum-Di-jakarta-Museum-FatahillahUntuk yang pertama adalah museum sejarah Jakarta yang juga dikenal dengan sebutan museum Fatahillah maupun museum Batavia. Musim ini sendiri bertempatkan di jalan taman Fatahillah nomor 2 Jakarta barat yang memiliki luas kurang lebih sekitar 1300 meter persegi.

Dahulu gedung ini merupakan sebuah stadhuis yang merupakan bahasa Belanda yang memiliki arti balai kota. Pada tahun 1707 sampai 1710 gedung ini dibangun, dimana gubernur jenderal Johan Van Hoorn yang merupakan gubernur pada saat itu. Di tahun 1974 tepatnya di tanggal 30 Maret gedung ini diresmikan menjadi museum Fatahillah yang memiliki pekarangan dengan susunan konblok dengan adanya kolam yang dihiasi pohon tua.

Baca juga: 7 Museum yang Ada di Bandung ini Wajib Dikunjungi

Wisata Museum Wayang


Museum wayang sendiri merupakan sebuah museum yang bertempatkan di Jln. Pintu besar Utara nomor 27 Jakarta barat. Gedung yang satu ini memang memiliki desain yang tampak bumi dan juga menarik meskipun sudah beberapa kali mengalami renovasi. Awalnya gedung ini sendiri dibangun dengan nama de hollandsche kerk yang merupakan gereja lama Belanda karena dibangun di tahun 1640.

Sedangkan di tahun 1808 yang diakibatkan oleh gempa bumi sehingga gedung tersebut hancur sehingga di atas tanah dari gedung tersebut dibangun sebuah museum wayang yang telah diresmikan pemakaiannya menjadi museum di tahun prisma segi lima pada tanggal 13 Agustus.

Wisata Museum Nasional Republik Indonesia


Museum di Jakarta yang berikutnya adalah museum Nasional republik Indonesia yang juga memiliki sebutan dengan museum gajah. Musim ini berada di Jakarta pusat yang terletak di jalan merdeka barat nomor 12 yang merupakan museum terbesar nomor 1 di Asia tenggara.

Pada tahun 1778 adalah cikal bakal dari lahirnya musim ini tepatnya di tanggal 24 April ketika pembentukan dari ikatan kesenian dan juga ilmu Batavia yang diketuai oleh J.C.M Radermacher. Ia menyumbangkan sebuah gedung yang ditempatkan di jalan kali besar dengan beberapa koleksi buku cerita benda-benda budaya yang bisa menjadi dasar dari pendirian museum tersebut.

Wisata Museum Seni Rupa Serta Keramik


Selanjutnya merupakan museum seni rupa dan keramik yang berada di provinsi DKI Jakarta, musim ini juga bertempatkan di seberang museum sejarah Jakarta di mana musim ini memajang keramik lokal dari berbagai macam daerah di Indonesia. Keramik tersebut ada dari era kerajaan Majapahit di abad ke-14 bahkan keramik di berbagai macam negara.

Perlu kamu ketahui jika gedung ini dibangun di tahun 1870 yang pada awalnya dipakai untuk kantor dewan kehakiman oleh pemerintah Hindia Belanda. Sedangkan di tahun 1944 ketika Jepang menjajah tempat ini digunakan menjadi tentara KNIL yang kemudian dipakai menjadi asrama militer TNI.

Liburan Ke Museum Taman Prasasti


Menjadi salah satu museum terbuka yang memajang beragam karya yang ada di masa lalu tentang sebuah kecanggihan dari para sastrawan, para pematung dan lain sebagainya. Museum ini termasuk museum cagar budaya yang merupakan peninggalan dari masa Belanda dan mempunyai koleksi prasasti nisan kuno beserta dengan miniatur makam khas dari 27 provinsi di negara Indonesia.

Wisata Museum Satria Mandala


Musim yang satu ini bertempatkan di jalan jenderal Gatot Subroto nomor 14 Jakarta Selatan yang merupakan museum sejarah dari perjuangan tentara Nasional Indonesia. Musim ini sendiri dahulu merupakan rumah dari mantan istri presiden pertama yang di tahun 1972 diresmikan sebagai museum oleh Soeharto. Dalam museum tersebut terdapat berbagai macam benda unik seperti koleksi ranjau, torpedo, rudal, tank, meriam, bahkan sampai helikopter dan juga pesawat terbang.

Itulah sekilas info yang bisa diberikan kepada kamu mengenai museum di Jakarta yang cocok menjadi tempat wisata kamu ketika tengah berlibur. Dengan adanya ulasan di atas jawab kan bisa membantu kamu yang tengah kebingungan ingin menghabiskan waktu liburan ke mana.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply