Beauty & Health

6 Manfaat Serta Efek Samping Mikrodermabrasi

Jangan Lupa Share ya

Apakah kamu sudah pernah mengetahui istilah mikrodermabrasi sebelumnya? Mikrodermabrasi merupakan cara atau tindakan pengelupasan kulit yang dilakukan dengan menggunakan kristal halus yang bertujuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulit dan juga merangsang untuk memproduksi sel kulit baru.

Biasanya mikrodermabrasi dilakukan untuk menormalkan kembali kulit wajah dari bekas-bekas jerawat. Kamu mungkin pernah menjumpai orang yang memiliki bekas jerawat sampai kulit wajahnya berlubang kan? Nah, biasanya dengan melakukan mikrodermabrasi ini diharapkan akan tubuh sel-sel kulit yang baru menggantikan sel kulit yang lama yang telah rusak itu.

Mikrodermabrasi ini dengan cara merangsang kulit untuk memproduksi kolagen yang berguna merawat kesehatan kulit dari berbagai macam permasalahan kulit, seperti kulit berjerawat, pori-pori tersumbat, hiperpigmentasi, atau permasalahan kulit lainnya. Selain memiliki beberapa manfaat, ternyata mikrodermabrasi memiliki berbagai efek samping juga. Kali ini kami akan menunjukkan beberapa manfaat dan efek samping mikrodermabrasi.

Manfaat Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi tentu saja memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan kulit atau mengatasi permasalahan kulit lainnya. Berikut beberapa manfaat mikrodermabrasi yang perlu kamu tahu.

Mengangkat Jerawat

Permasalahan jerawat merupakan salah satu masalah yang terkadang akan membuat kita sakit kepala. Jerawat terkadang menimbulkan rasa sakit dan yang lebih menjengkelkan lagi, biasanya juga meninggalkan bekas. Manfaat mikrodermabrasi yang pertama, yaitu dapat mengangkat jerawat. Hal ini karena mikrodermabrasi memiliki manfaat untuk mengangkat luka pada kulit wajah, seperti jerawat, komedo, flek hitam, atau permasalahan kulit lainnya.

Kulit Bopeng Hilang

Manfaat mikrodermabrasi yang kedua, yaitu menghilangkan kulit bopeng. Mikrodermabrasi akan membantu pertumbuhan sel baru pada kulit, sehingga kulit-kulit dalam tubuh yang rusak akan tergantikan dengan sel kulit baru, termasuk juga akan menyamaratakan warna pada kulit Anda.

Muka Lebih Bersinar dan Bersih

Memiliki wajah yang cerah dan bersih tentu saja menjadi keinginan setiap orang, terutama kaum perempuan. Karena wajah yang cerah dan bersih akan sangat menunjang penampilan seseorang. Mikrodermabrasi ternyata juga dapat membantu kamu untuk membuat kulit wajah terlihat lebih cerah dan bersih.

Selain memiliki banyak manfaat, ternyata mikrodermabrasi juga memiliki berbagai efek samping.

Efek Samping Mikrodermabrasi

Apakah Anda berniat ingin melakukan mikrodermabrasi? Coba Anda pikirkan sekali lagi, karena mikrodermabrasi dilakukan dengan melakukan pengelupasan kulit. Rasanya tentu saja sakit, selain itu tentu ada beberapa efek samping yang akan ditimbulkan juga. Berikut beberapa efek samping mikrodermabrasi yang harus Anda ketahui.

Kulit Lebih Sensitif

Efek samping yang pertama dari mikrodermabrasi, yaitu kulit akan lebih sensitif dari biasanya. Dengan melakukan mikrodermabrasi akan membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap setiap sentuhan atau terhadap gesekan. Kulit juga akan lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari langsung.

Menyebabkan Ruam Kemerahan

Reaksi yang biasanya terjadi setelah seseorang melakukan mikrodermabrasi, yaitu kulit akan tampak kemerahan. Hal itu tentu saja merupakan reaksi dari pengelupasan kulit yang terjadi selama proses mikrodermabrasi. Reaksi kemerahan tersebut tentu saja hal yang normal apabila dipikirkan. Coba saja kita bandingkan dengan efek yang akan ditimbulkan oleh kulit yang terkena tamparan, pasti akan muncul warna kemerahan pada kulit tersebut. Nah, itulah salah satu efek samping dari mikrodermabrasi.

Tidak Bisa Berada di Bawah Paparan Sinar Matahari Langsung

Seperti yang telah disebutkan pada nomor 1, mikrodermabrasi akan membuat kulit jadi lebih sensitif, termasuk sensitif terhadap paparan sinar matahari langsung. Terutama sesaat setelah Anda melakukan mikrodermabrasi, usahakan untuk tidak sama sekali terkena paparan sinar matahari minimal selama 48 jam. Paparan matahari langsung akan merusak sel-sel baru pada kulit kamu yang mulai akan terbentuk.

Usahakan untuk Tidak Merias Wajah

Efek samping yang harus kamu rasakan selanjutnya, yaitu kamu tidak dapat dengan bebas merias wajah selama terapi mikrodermabrasi berlangsung. Entah itu bedak, foundation, pelembab, atau riasan yang lainnya, karena riasan tersebut akan merusak produksi sel-sel kulit baru.

Area Mata Tidak Normal

Yang terakhir, efek samping yang mungkin akan kamu alami apabila melakukan mikrodermabrasi, yaitu daerah sekitar area mata kamu tidak normal. Maksudnya daerah tersebut akan terasa lebih sensitif dari sebelumnya dan tampak lebih tipis. Namun ada beberapa jenis kulit yang tidak akan terlihat demikian, tapi kebanyakan memang seperti itu.

Demikianlah beberapa paparan singkat yang dapat kami berikan kepada Anda terkait manfaat serta efek samping mikrodermabrasi yang harus Anda ketahui. Semoga artikel kami memberikan kamu sedikit informasi baru.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply