Babies /Kids

6 Jenis Buah Yang Baik Untuk Anak 1 Tahun Keatas

Jangan Lupa Share ya

Ketika melihat bayi yang masih berusia 1 tahun perasaan gemas ingin mencium dan mencubit pasti dirasakan oleh semua orang. pada usia tersebut bayi masih membutuhkan Asi ibunya tetapi sudah bisa makan beberapa bahan makanan lainnya. Salah satu bahan makanan yang sudah diperbolehkan untuk dikonsumsi bayi berusia 1 tahun keatas adalah buah-buahan. Tetapi ingat, bukan semua buah bisa dicerna oleh bayi yang usianya masih 1 tahun.

Sebenarnya, sejak bayi berusia 6 bulan bayi sudah diperbolehkan untuk diberi sayur dan buah yang sudah dihaluskan. Yang diutamakan adalah buah yang mudah untuk dicerna sekaligus yang mengandung kalium agar membantu fungsi otot dan jantung. Perlu diingat bahwa, jangan membeirkan buah yang bersifat masam pada sang bayi, mulailah dengan buah yang manis-manis. Jangan pula memberikan buah kepada anak yang mengandung pestisida karena itu sangat berbahaya untuk kesehatan bayi.

6 Buah Yang Baik Dikonsumsi Balita 1 Tahun

Memberikan atau melatih anak usia 1 tahun keatas dengan memberikannya beberapa buah dan makanan dari luar membuat lidah bayi menjadi terlatih untuk memakan makanan sehat, sehingga ketika waktunya sapih ( diusia 2 tahun) anak tidak tergantung dengan minum Asi saja. Untuk itu sebagai ibu Anda harus mengetahui beberapa makanan yang sehat untuk bayi usia 1 tahun. Nah, agar Anda mengetahui beberapa jenis buah yang baik untuk anak 1 tahun keatas pada kesempatan kali ini kami akan membagikannya untuk Anda. 6 jenis buah yang baik dikonsumsi anak 1 tahun diantaranya:

  1. Jeruk atau buah jenis Bery

Mengapa jeruk diperbolehkan untuk diberikan kepada balita 1 tahun? Karena tidak semua jeruk rasanya asam, ada pula jeruk yang rasanya manis. Nah jeruk itulah yang kami maksud boleh untuk dikonsumsi bayi. Pada buah jeruk terkandung vitamin C yang cukup baik untuk membantu penyerapan zat besi dari makanan lainnya. Jika Anda memilih buah jeruk untuk dikonsumsi sang buah hati maka sajikan dengan cara dihaluskan agar anak mudah mengonsumsinya.

  1. Tomat

Tomat adalah buah yang mampu mencegah sel kanker dan juga penyakit jantung. Jika sedari kecil sudah dijaga kesehatannya maka penyakit tersebut tidak akan mudah menghampiri bayi. Anda bisa menyajikan jus tomat kepada bayi dengan cara di haluskan dan ditambahkan gula agar tidak masam.

  1. Alpukat

Nah kalau yang satu ini memang buah favorit mama-mama untuk diberikan kepada buah hati. Buah alpukat yang memiliki lemak baik dan mampu mengembangkan otak bayi ini bisa Anda sajikan dengan dijadikan bubur yang lembut agar mudah dicerna oleh bayi. Lemak yang terkandung pada buah alpukat hampir sama dengan lemak didalam Asi, sehingga mengonsumsi Alpukat sangat baik untuk kesehatan bayi.

  1. Ubi

Ubi adalah buah yang dikenal mengandung karbohidrat komplek yang sangat baik untuk dikonsumsi seluruh usia. Bagi bayi, ubi sangat mudah untuk dicerna dan rasanya manis. Berikan ubi yang dihaluskan untuk sang buah hati agar membantu tubuh agar mendapatkan vitamin C dan berbagai mineral yang dibutuhkan.

  1. Pisang

Pisang adalah buah selanjutnya yang cukup menjadi favorit ibunda. Kandungan kalium, vitamin B6, vitamin C, kalsium, dan juga za besi sangat membantu pertumbuhan sang  bayi serta sangat baik untuk proses pencernaan anak. jadikan pisang sebagai campuran bubur agar bayi mudah pula untuk mengonsumsi nya.

  1. Jambu Merah atau Putih

Yang terakhir adalah buah jambu, bisa jambu merah bisa pula jambu putih. Keduanya memiliki kandungan yang sangat tepat untuk membantu melancarkan kerja otak sehingga bayi bisa lebih cerdas dan pintar. Dalam menyajikan jambu merah atau putih untuk sang buah hati Anda bisa menjadikan jambu sebagai jus yang tidak encer mendekati seperti bubur tanpa mengikutkan isi jambu nya. Dengan demikian bayi akan suka dengan buah-buahan karena sedari kecil dihadapkan dengan buah.

Itulah 6 jenis buah yang baik untuk dikonsumsi anak 1 tahun keatas yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat untuk Anda! bagi Anda yang kebetulan adalah ibu muda dan belum pernah berpengalaman merawat anak, cobalah untuk memberi atau melatih anak dengan makanan yang sehat dan bergizi. Tubuh akan lebih terjaga, system kekebalan tubuh menjadi kuat, dan pertumbuhan perkembangannya tidak sampai terganggu. Sekian informasi yang kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat! (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply