Sports /Hobi /Otomotif

6 Cara Menghilangkan Sakit Badan Setelah Olahraga

Jangan Lupa Share ya

Olahraga adalah hal yang sangat baik untuk tubuh bahkan sangat dianjurkan. Namun alih – alih menjadikan tubuh lebih sehat terkadang olahraga menyebabkan tubuh terasa sakit setelah nya. Pada umumnya memang olahraga adalah hal yang di haruskan karena bisa membuat tubuh menjadi bugar dan sehat, namun apabila olahraga dilakukan tanpa pemanasan atau berada dalam durasi yang cukup lama maka bukan sehat yang di dapatkan melainkan tubuh akan terasa sakit bahkan timbul rasa nyeri.

Terlebih lagi jika tubuh yang olahraga hanya melakukannya jarang – jarang namun memilih durasi waktu yang cukup lama. Maka dari itu, ketika akan memutuskan untuk melakukan olahraga sebaiknya sesuaikanlah dengan konsisi tubuh atau sesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda, jangan terlalu memaksakan tubuh jika memang sudah merasa kelelahan.

Nyeri yang terjadi setelah melakukan olah raga ini dikenal dengan DOMS atau Delayed Onser Muscle Soreness. Biasanya nyeri pada tubuh ini bisa muncul setelah satu hari hingga tiga hari setelah melakukan olahraga. Nyeri pada tubuh ini bisa terjadi pada otot bagian mana pun, tergantung bagian anggota tubuh manakan yang dipakai untuk melakukan olahraga. Agar tubuh tidak lama – lama merasakan nyeri, maka Anda perlu menyimak 6 Cara Menghilangkan Sakit Badan Setelah Olahraga.

Apasih yang menyebabkan otot terasa nyeri setelah melakukan olahraga?

Trauma pada serat otot adalah suatu hal yang disebabkan oleh aktivitas fisik yang cukup berat. Meskipun begitu, adanya trauma otot ini tidaklah permanen, bentuk trauma otot ini adalah suatu adaptasi yang sedng dilakukan oleh otot. Otot mulai membiasakan dengan tubuh olahraga yang baru dilakukan.

Adanya trauma otot ini akan menimbulkan kerusakan, namun setelah itu jaringan pada otot ini akan menjadi baru sehingga massa otot akan terbentuk dan menjadi lebih besar setelah masa pemulihan.

Bagaimana gejala nyeri otot setelah berolahraga itu ?

Ada banyak gejala yang ditimbulkan setelah berolahrag yang menujukkan bahwa seseorang sedang mengalami DOMS atau Delayed Onser Muscle Soreness. Berikut ini adalah gejala – gejalanya.

  • Muncul pembengkakan dan terasa nyeri
  • Otot akan terasa kaku dan tidak bergerak atau terbatas dalam bergerak.
  • Rasanya akan sakit ketika disentuh.
  • Kondisi anggota tubuh akan terasa lemas saat mengalami DOMS atau Delayed Onser Muscle Soreness.
  • Dalam hal yang parah, kasus ini bisa menyalur pada ginjal sehingga warna dari urin akan berbeda dari sebelumnya. Pada hal ini, segera periksakan kepada dokter agar lekas mendapatkan penanganan yang tepat.

6 Cara Menghilangkan Sakit Badan Setelah Olahraga

Olahraga terkadang menjadi hal yang sngat menyenangkan namun juga bisa menjadi hal yang sangat menyeramkan. Menyeramkan apabila menimbulkan rasa sakit karena adanya nyeri atau bahkan cidera. Walaupun begitu, olahraga adalah hal yang sangat penting untuk tubuh, maka sebaiknya ketika berolahraga jangan sampai melebihi batas kemampuan dan batas aturan agar tidak menimbulkan rasa sakit.Ketika anggota tubuh ada yang sakit setelah berolah raga, tentunya Anda pasti ingin agar lekas sembuh, berikut ini adalah 6 Cara Menghilangkan Sakit Badan Setelah Olahraga.

  • Lakukanlah pengompresan di bagian yang terasa sakit atau nyeri

  • Anda bisa mengompres nya dengan air dingin, kompresan air dingin ini agar merangsang otot mengeluarkan cairan agar mampu menyamarkan rasa sakit yag ditimbulkan. Anda bisa mengompres dengan sedikit memberikan tekanan pada bagian yang sakit.
  • Minumlah obat anti inflamasi

  • Obat anti iinflamasi ini tentu saja akan sangat membantu yakni membantu cidera otot lebih cepat dan meredakan rasa sakit dalam beberapa waktu. Anda bisa menggunakan obat anti inflamasi berupa ibuprofen atau aspirin.
  • Hindarilah jenis makanan yang memiliki kandungan kolesterol

  • Perbanyak makan buah – buahan, kacang- kacangan dan ikan agar rasa sakit bisa sedikit tersamarkan.
  • Perbanyak minum air putih

  • Minimal konsumsilah air putih 8 gelas dalam sehari dan tambahlah jumlah tersebut menjadi 2, 5 liter saat rasa nyeri atau sakit pada tubuh semakin menjadi.
  • Lakukan pendinginan

  • Pendinginan adalah bagian terpenting dalam olahraga yakni mengembalikan kondisi otot pada keadaan semula.
  • Obati bagian anggota tubuh yang terasa sakit dengan balsem

  • Oleskan balsam secukupnya pada bagian yang terasa nyeri agar lekas membaik.

    Nah, itulah sedikit ulasan mengenai 6 Cara Menghilangkan Sakit Badan Setelah Olahraga. Bagi Anda yang merasakan rasa sakit pada salah satu atau beberapa anggota tubuh setelah melakukan olahraga, Anda bisa mecoba beberapa langkah – langkah untuk mengatasinya diatas. Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply