Beauty & Health

6 Cara Alami Untuk Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau biasa di sebut dengan hipertensi merupakan salah satu penyakit yang cukup sulit untuk di atasi. Penyakit ini juga tergolong salah satu penyakit yang cukup berbahaya karena bisa mengakibatkan banyak penyakit mematikan lainnya. Hipertensi memasuki tahap berbahayanya ketika tekanan darah dalam tubuh mulai naik. Oleh karena itu, sebaiknya ketika tekanan darah mulai naik silahkan Anda turunkan dengan segera.

Nah, jika tekanan darah mulai naik, mungkin Anda akan lari ke dokter dan meminta obat penurun tekanan darah tinggi. Namun, biasanya penderita tekanan darah tinggi akan banyak keluhan dengan obat-obatan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencari alternatif lain untuk bisa menurunkan tekanan darah.

Berbicara mengenai alternatif penurun tekanan darah, sebenarnya ada banyak hal yang bisa Anda lakukan yakni dengan beberapa cara alami. Cara alami ini bisa berupa aktivitas maupun berupa konsumsi makanan tertentu. Kelebihannya, tentu saja cara ini lebih mudah, praktis dan lebih sehat. Nah, jika Anda penasaran cara apa saja yang bisa Anda terapkan, langsung saja Anda simak ulasannya berikut ini.

Jalan-Jalan Ringan

Cara pertama yang paling mudah untuk bisa menurunkan tekanan darah secara alami tidak lain adalah jalan-jalan ringan. Namun jangan salah dan terbalik dengan lari-lari cepat. Hal ini karena lari-lari cepat bisa membuat tekanan darah semakin naik. Sedangkan jalan-jalan ringan akan berdampak pada tekanan darah yang lebih stabil. Dengan jalan-jalan ringan, pikiran Anda pun bisa lebih tenang sehingga tekanan darah akan cepat menurun. Apalagi jika tekanan darah tinggi Anda di akibatkan karena banyak pikiran.

Konsumsi Yoghurt

Cara alami selanjutnya untuk menurunkan tekanan darah bisa juga dengan mengkonsumsi yoghurt. Dalam hal ini yoghurt bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan baik sehingga Anda bisa mempercayakan pengobatan Anda pada yoghurt. Yoghurt memiliki banyak sekali kandungan penting yang bisa Anda andalkan.

Buah Pisang

Buah pisang adalah salah satu buah yang sangat mudah di temui di pasaran. Jadi, jika Anda bingung apa yang ada di sekitar Anda untuk bisa menurunkan tekanan darah, bisa langsung mengandalkan buah pisang ini. Buah pisang memiliki banyak sekali kandungan penting yang bisa membantu penurunan tekanan darah Anda. Sedangkan cara konsumsinya untuk menurunkan tekanan darah tidak lain adalah dengan 2 buah pisang satu harinya sehingga tekanan darah pun bisa menjadi normal kembali.

Hindari Merokok

Jika Anda perokok dan mengidap tekanan darah tinggi, maka sebaiknya Anda evaluasi diri karena tekanan darah tinggi Anda bisa jadi di sebabkan karena rokok. Tidak dapat di pungkiri lagi bahwa rokok mengandung banyak bahan berbahaya yang efek kedepannya pun juga tidak baik. Oleh karena itu, rokok bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tidak stabil. Nah, untuk menunjang penurunan tekanan darah Anda, sebaiknya mulai sekarang Anda berhenti merokok sehingga bisa mendapatkan kondisi tubuh yang lebih sehat.

Kurangi Konsumsi Garam

Pemicu tekanan darah tinggi selanjutnya tidak lain adalah garam. Garam sebagai pemicu darah tinggi ini sudah terbukti dalam berbagai penelitian. Oleh karena itu jika Anda memang salah satu orang yang suka rasa asin, bisa jadi kelebihan garam membuat Anda memiliki tekanan darah tinggi. Oleh karena itu untuk menunjang penyembuhan yang lebih cepat dan tepat, mulai saat ini Anda bisa mengurangi konsumsi garam. Hal ini akan membuat tekanan darah Anda mulai stabil kembali. Hal ini berarti pula bahwa dengan mengurangi konsumsi garam, bisa ikut serta mengurangi risiko tekanan darah tinggi Anda.

Konsumsi Kentang Dan Mentimun

Daftar terakhir dalam cara penurunan tekanan darah tinggi secara alami tidak lain adalah dengan banyak-banyak mengkonsumsi mentimun dan kentang. Bahkan dua cara ini sudah sangat familiar di gunakan terbukti secara klinis. Mentimun maupun kentang juga merupakan dua bahan yang sangat banyak di temui di pasaran sehingga untuk mendapatkannyapun akan sangat mudah. Sedangkan untuk cara pengobatannya tidak lain hanyalah dengan mengkonsumsi salah satunya secara rutin hingga tekanan darah normal kembali sesuai dengan yang seharusnya.

Demikianlah ulasan mengenai cara alami menurunkan tekanan darah tinggi dengan mudah dan cepat. Cara alami yang lebih aman, simpel, dan praktis ini bisa mulai Anda terapkan dari sekarang bagi yang sedang mengalaminya. Namun, untuk beberapa konsumsi bahan tertentu, pastikan untuk tidak berlebihan karena jika berlebihan bisa membuat tekanan darah menjadi terlalu rendah. (elevenia)

Leave a Reply