Beauty & Health

5 Tips Jaga Kesehatan Ketika Traveling di Bulan Puasa

mudik

Meski saat puasa kita tidak makan dan minum, bukan berarti puasa ini menjadi suatu halangan buat yang ingin jalan-jalan. Kan, justru seru kalau saat puasa kita jalan-jalan, malah traveling ini bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Tapi, memang kita harus memperhatikan beberapa hal kalau mau jalan-jalan di bulan puasa. Terutama menjaga kesehatan supaya bisa tetap lancar ibadah puasanya.

Tenang saja, karena ada, kok, sejumlah tips yang bisa dilakukan kalau Anda traveling saat puasa. Jadi, jalan-jalan tetap terasa asyik dan seru. Puasa pun lancar dan tetap jalan terus. Berikut beberapa tipsnya.

  1. Tidak membawa barang terlalu banyak

Pasti rasanya beda kalau traveling ketika puasa dan saat hari-hari biasa. Salah satunya jelas karena kita memiliki energi dan tenaga yang berbeda. Nah, kuncinya supaya jalan-jalan tidak justru jadi halangan puasa, Anda bisa membawa barang bawaan yang tidak terlalu banyak dan berat, nih. Ini bisa jadi satu bahan pertimbangan sebelum Anda bepergian. Sebaiknya bawalah saja barang-barang yang penting. Selain itu, kemas semua barang bawaan Anda dengan cara yang efisien. Dengan begini, saat di jalan barang bawaan Anda akan terasa lebih ringan.

  1. Membawa perlengkapan ibadah

Di bulan Ramadan yang merupakan bulan penuh kebaikan ini, perlulah kita selalu berbuat baik. Karena, amal baik kita apapun itu dan sekecil apapun, akan dilipat gandakan di bulan puasa. Jadi, selalu bawa peralatan ibadah ke mana pun Anda pergi. Kalau untuk kaum perempuan, ada, kan, mukena lipat yang berbahan kain parasut sehingga ringan dan bisa dilipat jadi kecil, Anda bisa membawanya ke mana saja. Lalu, untuk yang pria, jangan lupa selalu bawa sarung ataupun sajadah dalam tas Anda.

  1. Memilih destinasi dan mencari tahu waktu sahur dan berbuka di sana

Mengapa penting untuk memilih destinasi? Nah, betul sekali, kalau di bulan puasa, sebaiknya Anda memilih destinasi yang ramah muslim. Yap, itu karena di sana pasti tersedia makanan yang halal, untuk Anda makan sahur dan juga berbuka puasa. Dengan begini kan, puasa Anda jadi semakin berkah dan nikmat. Selain itu, jangan lupa juga mencari tahu kapan waktunya berbuka dan sahur. Terutama, kalau destinasi Anda di luar negeri, nih. Jika sudah tahu waktunya sahur dan berbuka, maka akan lebih mudah juga menentukan rencana perjalanan.

  1. Pilih makanan sehat untuk buka puasa

Yap, pastinya kalau traveling tergoda untuk wisata kuliner, dong. Di bulan puasa, kalau malam sudah tiba, enaknya jalan-jalan sambil berburu kuliner, apalagi di tempat baru yang sedang Anda jelajahi. Namun, tetap jaga kesehatan lambung, ya. Kalau berbuka, sebaiknya hindari makanan dan minuman seperti kopi, susu full cream, nangka, durian, sawi, minuman bersoda, seperti dilansir dari situs blog Reservasi. Kadar asam dan gas pada makanan dan minuman tersebut bisa memicu masalah pada lambung yang telah kosong selama belasan jam lamanya.

  1. Menu berkualitas untuk makan sahur

Yap, tak cuma berbuka, sahur pun harus diperhatikan betul kualitas makanannya. Dibutuhkan makanan yang memiliki gizi serta vitamin tinggi untuk memberikan asupan dan menjaga kesehatan Anda. Jika bisa, makanlah makanan yang banyak mengandung karbohidrat agar bisa menjadi sumber energi Anda selama seharian. Penuhi juga kebutuhan cairan dengan banyak meminum air putih, supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Selain itu, Anda juga bisa menambah asupan suplemen agar tubuh selalu fit serta dapat beraktivitas dengan bebas ketika traveling. 

Source: http://www.lensaindonesia.com/

Share

Leave a Reply