Culinary

5 Resep Soto Bandung Yang Bisa Dijadikan Menu Andalan Bersama Keluarga

Berkumpul bersama dengan seluruh anggota keluarga tentu saja sangatlah menyenangkan. Agar acara berkumpul ini semakin seru maka jangan sampai melewatkan acara makan – makan. Tak perlu mengadakan acara makan – makan yang mewah, sederhana namun bersama – sama rasanya tetap akan nikmat. Menu sederhana yang bisa dijadikan pilihan saat berkumpul dengan keluarga adalah soto.

Soto adalah sejenis kuliner yang berkuah. Soto ini banyak sekali ragamnya, hampir tiap daerah yang ada di Indonesia ini memiliki resep khas yang beragam dan berbeda – beda sesuai dengan ciri khas rempah – rempah tiap daerah. Bagi Anda warga Bandung, Anda bisa memasak soto khas Bandung yang legit sekali dan tak kalah dengan rasa soto dari berbagai daerah di indonesia.

Soto

Soto ini adalah kuliner berkuah yang dimasak dengan beragam rempah – rempah pilihan, dengan tambahan daging ayam atau daging sapi sesuai dengan selera yang dilengkapi dengan mie putih atau bihun dan beberapa bahan pelengkap lainnya. Bisa dikonsumsi sebagai lauk dari nasi putih atau kelontong.

Resep Soto Bandung

Berikut ini adalah kumpula dari beberapa resep Soto Bandung.

  • Resep Soto Bandung Tahu.

Bahan : Daging sapi, tahu putih, emping mlinjo dan kedelai goreng.

Bumbu halus : bawang mera, bawang putih, garam, kaldu jamur, lada bubuk, minyak goreng dan air.

Bumbu Pelengkap : sereh, daun salam, jahe, lengkuas, daun bawang dan bawang goreng.

Sambal : cabe rawit merah, bawah merah dan bawang putih.

Caranya : masak daging hingga airnya keruh, angkat daging dan potong sesuai selera, buanglah air keruh tadi dengan air yang bersih. Lalu masak lagi hingga benar – benar matang. Siapkanlah semua bumbunya, haluskan semua bumbu kecuali bumbu untuk pelengkap. Tumis semua bumbu hingga wangi, masukkanlah daun bawang. Siapkan tahu putih yang telah di potong kecil – kecil goreng setengah matang. Tumis sambal, goreng emping dan soto Bandung tahu siap disajikan.

  • Resep Soto Bandung Lobak

Bahan : daging sapi, lobak, daun salam, jahe, lengkuas, serai, seledri, daun bawang, daun jeruk, air, garap, minyak, penyedap, bawang merah, bawang putih.

Bahan Pelengkap : Kedelai goreng, kerupuk, jeruk nipis, sambal, kecap manis dan bawang goreng,

Caranya : Iris daging kotak – kotak, rebus sampai 1 jam lamanya, kemudian tiriskan. Tumis bawang merah dan bawang putih, masukkan tumisan ini ke dalam kuah daging, masukkan daging, lobak, salam, serai, jahe, lengkuas, daun jeruk, penyedap dan garam. Tunggu hingga mendidih. Masukkan seledri dan daun bawang, angkat lalu sajikan.

  • Resep Soto Bandung Tanpa Kedelai.

Bahan : Daging sapi, lobak dan air.

Bumbu : Bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, daun salam, sereh, pala, merica bubuk, garam dan gula.

Sambal : Cabai orange, tomat, jeruk nipis atau cuka, gula dan garam.

Pelengkap : Bawang goreng, seledri, daun bawang dan jeruk nipis.

Caranya : Siapkan bumbu yang telah dihaluskan, tumis hingga wangi lalu sisihkan. Potong daging, lalu rebuslah dengan air hingga empuk. Masukkan tumisan ke dalam air rebusan daging untuk kuahnya. Siapkan lobak iris tipis, rebus dalam air. Tinggallah sebentar untuk membuat sambal, blender semua bahan. Jika semuanya sudah siap. Tatalah lobak dan daging kemudian ambil kuah taburi dengan daun bawang, bawang goreng serta bawang goreng. siap dihidangkan.

  • Resep Soto Bandung Magicom.

Bahan : Daging sapi tetelan, lobak, jahe, daun salam, bawang putih, bawang merah, daun seledri, merica, garam dan gula.

Pelengkap : Sambel rawit, jeruk nipis dan kedelai goreng.

Caranya : Rebus daging sapi, jahe, daun salam ke dalam magicom sampai daging empuk. Masukkanlah lobak, garam, merica dan gula, tunggu hingga matang. Taburi bawang goreng, seledri, kedelai goreng dan jeruk nipis. Siap dihidangkan.

  • Resep Soto Bandung

Bahan : Daging sapi, lobak, bawang putih, garam, gula, kaldu bubuk, daun bawang, daun salam, lengkuas, minyak goreng, air kaldu rebusan daging sapi, air, bawang goreng dan kacang kedelai.

Caranya : Rebus daging hingga matang, lalu tiriskan, ambil airnya untuk kaldu. Masak lobak hingga matang, lalu sisihkan. Rebus kacang kedelai lalu goreng, sisihkan. Tumislah bawang putih, kemudian masukkan air kaldu tambahkan air biasa, lalu masukkan garam, kaldu bubuk, gula, daun salam, lengkuas, daging dan lobak. Tambahkan daun bawang. Tunggu sampai matang lalu hidangkan.

Nah, itulah beberapa resep untuk soto khas Bandung, sangat bervariatif bukan? Anda juga bisa mengombinasikan beberapa resep diatas dengan resep yang Anda inginkan. Pastikan Anda membuatnya dengan sepenuh hati agar cita rasanya semakin terasa mantap. (elevenia)

Leave a Reply