Uncategorized

5 Perbedaan TOEFL dan IELTS yang Harus Diketahui Mahasiswa

Tentu Anda sudah tidak asing bukan dengan dua istilah ini yaitu Toefl dan Ielts. Jika anda bukan seorang Penutur bahasa Inggris asli, sudah dapat dipastikan bahwa Anda harus mengikuti Tes Bahasa Inggris sebagai persyaratan untuk dapat belajar di universitas luar negeri yang dalam bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Inggris.

Terdapat dua jenis Tes Bahasa Inggris yang sudah diakui dibanyak negara yaitu Test of English as a Foreign Language (TOEFL) dan International English Language Test System (IELTS). TOEFL dan IELTS merupakan dua jenis test yang terpopuler dari sekian banyak Tes Kemampuan Bahasa Inggris bagi para Non-Native Speaker. Kedua tes tersebut akan menguji kemampuan dasar seperti membaca, menulis, mendengar dan berbicara.

Pengertian Toefl

Tes TOEFL adalah sebuah tes yang akan menguji kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris secara khusus seperti ketika Anda sedang berada di ruang kelas ataupun kampus. TOEFL sendiri sudah diterima oleh lebih dari 8.500 lembaga di 130 negara, termasuk UK, Australia, Amerika Serikat, dan termasuk di dalamnya 100 Universitas terbaik di dunia. TOEFL dikelola oleh organisasi yang berpusat di Amerika Serikat yaitu Education Testing Service. oleh sebab itu TOEFL sendiri menggunakan American English. Tes ini lebih banyak diminati oleh berbagai lembaga yang ada di Amerika Serikat. Tes TOEFL sendiri berlangsung selama kurang lebih 4 jam.

Pengertian Ielts

IELTS adalah tes bahasa inggris yang digunakan untuk keperluan pendidikan, keperluan ketenagakerjaan, dan imigrasi. Untuk saat ini, IELTS diterima di lebih dari 9.000 lembaga di 130 negara. Bersama-sama dikelola oleh the British Council, University of Cambridge ESOL Examinations dan IDP Education Australia. IELTS menggunakan bahasa inggris British, dan lebih banyak diminati oleh Britania Raya dan berbagai lembaga yang tergabung di negara persemakmuran. Misalnya saja New Zealand dan Australia. IELTS adalah tes tertulis dimana akan memakan waktu selama kurang lebih dua jam 45 menit.

Susunan Tes Toefl dan Ielts

  1. Speaking

Bagian ini mungkin merupakan perbedaan yang paling mencolok diantara tes toefl dan tes ielts. Walaupun keduanya memiliki komponen speaking, ujian speaking dalam tes IELTS dilaksanakan secara langsung tatap-muka dengan seorang penguji. Sedangkan dalam TOEFL, Anda hanya akan menjawab berbagai pertanyaan yang disampaikan melalui headphone, lalu Anda akan merekam jawaban melalui microphone yang kemudian akan dikirimkan ke enam orang pemeriksa. Jadi, nilai speaking dalam tes IELTS yang Anda lakukan hanya akan ditentukan oleh satu orang saja. Jika tes IELTS mengutamakan ragam bahasa dan logat Inggris yang berbeda-beda, tes TOEFL hanya akan menggunakan ragam American English.

  1. Writing

TOEFL memiliki komponen writing yang berbeda jauh dengan tes tertulis pada tes IELTS. TOEFL mengharuskan Anda untuk menyelesaikan dua tugas, yakni pertama Anda harus membuat sebuah essay yang terdiri dari lima paragraf dengan kisaran 300-350 kata. Untuk tugas yang kedua, Anda harus membuat catatan dari sebuah kutipan pembicaraan, lalu Anda harus membuat respon terhadap topik tersebut dengan menuliskannya kedalam paragraph dengan kisaran 150-225 kata.

  1. Reading

Sesi reading pada tes TOEFL terdiri tiga hingga lima wacana yang harus Anda selesaikan dalam kurun waktu 20 menit. Dan masing-masing berisi konten akademis yang biasanya sering Anda temui di kelas. Anda harus menjawab pertanyaan pilihan ganda untuk menguji seberapa jauh Anda memahami isi bacaan dalam naskah. Sedangkan, sesi Reading pada tes IELTS terdiri dari tiga bagian. Masing-masing tes dilaksanakan dengan waktu 20 menit.

  1. Listening

Perbedaan yang paling mencolok selanjutnya dari kedua jenis tes diatas adalah pada bagian Listening. Sesi listening pada TOEFLS berlangsung selama kurun waktu 40-60 menit, dan melibatkan Anda dalam sebuah situasi pembelajaran di kampus Anda diharuskan untuk membuat catatan sembari mendengarkan rekaman, kemudian Anda akan dihadapkan dengan pertanyaan pilihan ganda. Yang berbeda dalam sesi listening tes IELTS adalah Anda bisa menjawab pertanyaan sambil mendengarkan rekaman yang sedang berlangsung.. Listening pada tes IELTS adalah 30 menit lamanya.

  1. Scoring

Bagian speaking dan writing pada TOEFL dinilai berdasarkan bagaimana hasil mereka secara keseluruhan, termasuk dari rentang kosakata, serta gaya penulisan dan tata bahasa Anda. Sedangkan IELTS dinilai berdasarkan pada nilai pada masing-masing sesi yang terpisah seperti penggunaan kohesi, logika, tata bahasa serta kelancaran Anda.

Nah, itulah perbedaan toefl dan ieelts yang perlu diketahui mahasiswa. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply