Gadget & Photography

5 Perbedaan Antara Kemera DSLR dan Kamera SLR

Kamera merupakan perangkat yang sangat dibutuhkan oleh sejumlah orang, terutama mereka yang hobi fotografi. Tapi tahukah kamu apa perbedaan antara kamera DSLR dan SLR? Dua jenis kamera ini memang yang paling banyak dicari oleh pecinta fotografi karena terkenal akan hasil kualitas gambarnya yang lebih berkualitas dan tajam. Namun dua jenis kamera tersebut pun memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Namun sebelum itu, kamu tentu harus bisa tahu apa yang membedakan di antara keduanya. Inilah perbedaan di antara keduanya:

Perbedaan Antara Kemera DSLR dan Kamera SLR

Fleksibilitas

Keuntungan yang akan kamu dapat jika membeli sebuah kamera dengan tipe DSLR sangatlah banyak. Salah satu kelebihan yang akan kamu nikmati adalah fleksibiltasnya. Kamera dengan jenis yang satu ini memang terhitung lebih fleksibel, khususnya untuk pertukaran sejumlah lensa yang tentunya sangat bervariasi. Setidaknya kita bisa menggunakan macam-macam lensa saat di kamera DSLR. Sementara itu untuk kamera SLR, adalah kamera yang menggunakan film. Untuk itulah kamera ini dapat menangkan cahaya dengan sangat baik dan lantas menerjemahkan warna dengan sangat baik pula. Bahkan teknologi yang sudah ada di versi digital sekali pun belum bisa mengalahkan media film dalam memproses penangkapan cahaya dan juga menerjemahkan warnanya.

Kualitas Gambar

Kamera SLR merupakan jenis kamera yang menggunakan jalur tunggal supaya bisa melewatkan cahaya pada dua tempat pada foacal plane dan viewfinder. Teknik ini digunakan supaya fotografer punya kemungkinan bisa melihat objek kamera yang sama persis dengan objek aslinya. Dengan kondisi ini tak akan kamu dapatkan dari kamera non SLR, sebab pandangan yang tampak pada viewfinder bisa jadi berbeda dengan gambar yang berhasil ditangkap oleh film sebab menggunakan jajaran lensa ganda. Sementara itu, untuk DSLR memiliki kualitas gambar cukup baik sebab dengan menggunakan kamera diginal single-lens reflex, dengan demikian dapat menghasilkan gambar paling baik saat keduanya punya total MP yang sama.

Kinerja

Banyak orang yang mengaku pecinta kamera, namun sampai saat ini masih belum paham betul apa bedanya antara DSL dan SLR, terutama untuk kelebihan dan kekurangannya. Padahal, memahami ini sangatlah diperlukan. Hal ini berguna untuk mengetahui kepekaan kamu tentang jenis kamera dan tahu kamera apa yang paling pas untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari atau kegiatan yang dilakukan sekali-kali.

Pengguna kamera DSLR akan lebih mudah dalam menggunakan cahaya pada optical viewfinder yang terdapat dalam kamera berkat fitur yang diusungnya. Tentu saja dengan adanya gabungan antara teknologi digital dan juga lensa tunggal membuat kamera DSLR lebih mudah dalam proses penggunaannya. Sementara itu SLR tak kalah unggulnya karena tipe kamera yang satu ini lebih banyak memiliki variasi optical lahir dan diantaranya ada sejumlah rekayasa dari optical yang mungkin tidak akan mampu dilakukan oleh media digital.

Upradable

Sebab dua tipe kamera ini merupakan yang terpopuler di dunia, kamu tentu harus tahu dan paham dengan baik setidaknya saat ada yang bertanya, apa perbedaan antara dua kamera ini atau mungkin kekurangan dan kelebihan di antara keduanya. Jika dilihat dari upgradable, kamera DSLR dapat digunakan selama bertahun-tahun dan bisa diupgrade dengan sangat muda. Tak hanya itu, banyak juga aksesoris yang dapat kamu beli untuk upgrade dan semuanya bisa ditemukan dengan mudah di toko kamera lokal maupun luar negeri. Sementara itu untuk kamera SLR yang merupakan jenis kamera dengan jangka waktu eksis sudah terbilang lama, dari dulu memang sudah digunakan dan sampai sekarang masih menggunakan sistem analog dan roll film.

Harga

Jika kita membandingkan suatu produk tentu tidak akan lepas dari perbandingan harganya. Tiap produk pasti dijual dengan harga bervariasi, ada yang mahal dan ada yang murah. Lalu bagaimana dengan dua jenis kamera ini? Ternyata harga jual kamera ini pun sangat bervariasi, tergantung dari merk kameranya. Kamera SLR punya desain dan tingkat kepraktisan yang terhitung lebih rendah dibanding dengan kamera DSLR yang bisa dibilang jauh lebih praktis karena kita bisa langsung melihat hasil jepretannya. Bervariasinya harga kedua kamera ini tergantung dari spesifikasi dan juga fitur produknya sendiri. Dengan budget Rp 3 juta saja, kamu sudah bisa membeli kamera dengan kualitas cukup baik, baik itu SLR atau pun DSLR. Namun bila kamu memang ingin mencari kamera dengan kualitas yang sangat baik, maka modal yang harus kamu keluarkan pun harus lebih banyak.

Kecintaan seseorang terhadap dunia fotografi sering kali membawa mereka pada rasa penasaran untuk mengetahui jenis kamera apa saja yang terbaik di dunia untuk menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. Sebagai dua jenis kamera yang hebat, SLR dan DSLR, sangatlah diperlukan pengetahuannya supaya kamu bisa menimbang-nimbang sebelum membeli. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply