Photography

5 Nasihat Bijak Untuk Pengguna Polaroid Pemula

people,polaroid-04569062fd71f045e4110361a69327c4_h

Polaroid camera atau kamera instan adalah piranti pengambilan gambar yang sangat unik karena Anda tidak perlu pergi ke studio foto atau mencetaknya dengan printer; foto akan langsung keluar dari kamera! Sebenarnya Polaroid adalah nama merek dan bukan jenis kamera, artinya masih ada banyak kamera instan lain yang juga bisa langsung mencetak foto. Tapi karena perusahaan inilah yang pertama kali menemukan teknologi langsung cetak maka Polaroid diresmikan sebagai brand dan banyak orang menyebut segala jenis dan mereka kamera instan sebagai Polaroid camera.

Bila Anda pecinta fotografi, mungkin Polaroid camera juga menarik minat dan perhatian. Sama seperti SLR atau jenis kamera lainnya, Anda tentu juga melewati fase pemula alias beginner. Masih ingatkah Anda apa yang pertama kali dilakukan saat belajar menggunakan kamera Polaroid? Jenis Polaroid camera apa yang digunakan? Dan bagaimana hasil jepretan Anda? Bagaikan memutar kembali film lama ya jika Anda mengingat momen tersebut. Bagi Anda yang baru akan memulai menekuni hobi fotografi dengan kamera Polaroid, ada baiknya menyimak 5 hal berikut yang perlu Anda ketahui. Apa saja?

1. Tipe kamera Polaroid

Sebelum berbicara teknik penggunaan dan trik menciptakan jepretan sempurna yang bisa Anda baca di tutorial, kenapa tidak mulai dulu dari mengenal jenis Polaroid camera yang Anda miliki. Pada dasarnya Polaroid memiliki 3 jenis kamera dan masing-masing menggunakan tipe film yang berbeda pula. Seri Polaroid tipe 600, SX-70, dan Spectra/ Image camera adalah 3 macam kamera Polaroid tersebut. Polaroid camera tipe SX-70 memiliki desain yang klasik dan elegan juga bisa ditekuk/ dilipat. Jika Anda memiliki tipe 600, berbahagialah karena seri tersebut sangat cocok untuk memulai petualangan pengambilan gambar. Sedangkan jenis terakhir  yakni Spectra lebih canggih daripada lainnya. Sebagai rekomendasi, Anda yang pemula sebaiknya mulai dulu dengan seri 600 menggunakan film PX-680.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, belilah kamera Polaroid di dealer resminya karena kualitas dan keutuhan kamera pasti terjaga. eBay mungkin memasang harga lebih murah, tapi siapa yang bisa menjamin kualitasnya? Jangan-jangan Anda malah harus mengeluarkan uang untuk menyervis kamera tersebut.

2. Simpan film dalam kulkas

Apapun tipe kamera dan film yang Anda beli, pastikan Anda menyimpan filmnya dalam lemari es sebelum digunakan. Hangatkan satu jam sebelum Anda memasangnya dalam kamera Polaroid kesayangan.

3. Lindungi film Anda

Impossible Project adalah produsen film untuk Polaroid camera. Jika Anda menggunakan film dari Impossible Project, segera simpan foto yang keluar dari kamera dan simpan dalam amplop, kotak atau tempat yang gelap supaya gambar dapat muncul dengan sempurna. Suhu yang paling pas untuk memunculkan gambar dari film Impossible Project adalah sekitar 15-25° Celsius.

4. Pertimbangkan exposure

Setiap kamera Polaroid memiliki sifat yang berbeda-beda. Pada tipe SX-70 Anda perlu berhati-hati dengan exposure yang diberikan, lebih gelap atau terang. Polaroid camera tipe 600, namun demikian, tidak memerlukan perlakuan khusus demikian sehingga lebih mudah untuk pemula.

5. Simpan hasilnya

Mungkin saat baru mencoba gambar yang dihasilkan tidak semuanya memuaskan. Apapun itu, simpan hasil jepretan kamera Polaroid di tempat yang tidak terpapar cahaya, seperti dalam kardus, amplop, dan sebagainya.

Selamat befoto ria!

Share

Leave a Reply