Uncategorized

5 Merk Baja Ringan Terbaik Berdasarkan SNI

Jangan Lupa Share ya

Baja merupakan salah satu jenis logam yang banyak sekali digunakan dalam kehidupan kita, terutama dalam proses pembangunan. Baja terbuat dari hasil campuran besi dan karbon. Karbon ini berfungsi untuk membuat besi menjadi lebih keras, sehingga akan memiliki manfaat yang lebih banyak. Selain memiliki campuran karbon, ternyata baja juga memiliki campuran lainnya, seperti krom, vanadium, mangan, dan lainnya.

Baja memiliki durabilitas yang sangat tinggi, sehingga baja lebih sering dimanfaatkan dalam kegiatan pembangunan dari besi biasa. Baja lebih keras dan lebih awet, sehingga akan sangat membantu ketahanan dari sebuah bangunan. Biasanya baja ini sering dimanfaatkan untuk pembangunan gedung atau digunakan untuk pembangunan transportasi umum. Salah satu yang cukup eksis, yaitu baja ringan.

Baja ringan merupakan baja yang memiliki ketebalan antara 0,4 milimeter sampai 3,0 milimeter. Material ini biasanya dibentuk melalui kondisi dingin atau cold-formed steel). Baja ringan tergolong mmiliki ukuran yang cukup tipis, namun masih juga sangat kuat untuk dimanfaatkan dalam pembangunan atau lainnya. Bahkan ada beberapa merk baja ringan yang sudah berstandar SNI. Kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa merk baja ringan yang memiliki standar SNI.

Merk Baja Ringan Terbaik

Baja ringan belakangan ini memang sangat famous dalam dunia arsitektur. Namun, tentu saja yang baik digunakan adalah merk baja ringan yang bestandar SNI. Langsung saja, inilah beberapa merk baja ringan terbaik berdasarkan SNI.

  1. Baja Alfa Prima

Merk baja ringan tebaik berdasarkan SNI yang pertama yaitu baja alfa prima. biasanya baja jenis ini dimanfaatkan untuk pembuatan kuda-kuda rangka atap sebuah bangunan. Baja ringan jenis ini memiliki banyak sekali type, berikut beberapa type baja alfa prima.

Merk Type Ukuran
ALFA PRIMA Reng 30.45 SNI T 30 mm x P 6 meter
ALFA PRIMA Reng 31.45 SNI T 31 mm x P 6 meter
ALFA PRIMA Truss C.100 SNI T. 100, Panjang 6 meter
ALFA PRIMA Truss C.75 SNI T. 0.75 TCT, Panjang 6 meter
ALFA PRIMA Truss C.65 SNI T. 0.60 TCT, Panjang 6 meter

 

  1. Baja BMT

Yang kedua yaitu baja merk BMT. Baja ini juga termasuk baja ringan yang sudah berstandarkan SNI. Tidak hanya baja merk alfa prima saja yang memiliki banyak type, tetapi baja BMT pun demikian. Berikut beberapa tipe baja BMT.

Merk Type Ukuran
BMT Reng 28.45 SNI T 28 mm x P 6 meter
BMT Truss C.100 SNI T. 100, Panjang 6 meter
BMT Truss C.75 SNI T. 0.75 TCT, Panjang 6 meter
BMT Truss C.70 SNI T. 0.70 TCT, Panjang 6 meter
BMT Truss C.60 SNI T. 0.60 TCT, Panjang 6 meter
CBM Truss C.100 SNI T. 100, Panjang 6 meter
CBM Truss C.75 SNI T. 0.75 TCT, Panjang 6 meter

 

  1. Baja Taso

Baja ringan merk taso ini juga banyak digunakan dalam pembuatan rangka sebuah atap bangunan atau yang lainnya. baja Taso tidak berbeda jauh dengan baja merk alfa prima dan BMT, baja ini juga memiliki banyak sekali tipe. Brikut beberapa tipe baja taso dan ukurannya.

Merk Type Ukuran
TASO Reng 32.45 SNI T 32 mm x P 6 m
TASO Truss C.100 SNI T. 100, Panjang 6 meter
TASO Truss C.80 SNI T. 0.80 TCT, Panjang 6 meter
TASO Truss C.75 SNI T. 0.75 TCT, Panjang 6 meter

 

  1. Baja Andal Prima Truss

Merk baja ringan yang satu ini juga termasuk baja ringan terbaik berdasarkan SNI. Baja ini memiliki panjang 6 meter, lebar 7,5 cm, dan tinggi 3,5 cm. Sedangkan tebal baja ini yaitu 0,75 mm. Bahan pembuatannya sendiri yaitu Galvalume. Baja ringan merk Prima ini biasanya digunakan untuk membuat rangka atap bangunan. Kelebihan baja ringan ini, yaitu bahan tidak mudah terbakar, anti karat, pemasangannya lebih mudah, bebas rayap, dan lainnya. Oleh karena itu, baja ini akan lebih awet jika digunakan sebagai konstruksi untuk bangunan.

  1. Baja Cilegon Steel

Yang terakhir yaitu baja ringan merk Cilegon Steel. Memiliki ukuran panjang 6 sampai 7 meter. Ketebalan sekitar 1 sampai 1,6 mm. Biasanya juga dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan. Seperti jenis baja pada umumnya, memiliki ketahanan yang sangat baik.

Itulah beberapa hal terkait merk baja ringan terbaik berdasarkan SNI. Merk-merk tersebut tentu saja dapat menjadi referensi yang dapat Anda gunakan untuk bahan konstruksi bangunan.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply