Beauty & Health, Editor's Choice

5 Manfaat Yoga untuk Tubuh Anda

yoga

Yoga, merupakan salah satu kegiatan yang dipercayai baik untuk kesehatan dan bisa menurunkan berat badan. Tak hanya itu, Yoga juga dikatakan untuk menurunkan stress, membuat badan terasa lebih segar dan juga untuk toning. Popularitas Yoga yang semakin meningkat telah menjadi pencuri perhatian masyarakat. Banyaknya kelas-kelas Yoga yang tersedia baik itu privat atau umum telah menarik banyak orang sehingga menjadi gaya hidup baru di Jakarta.

Selain untuk kesehatan dan weight loss, Yoga juga mempunyai sejumah manfaat lain. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya:

Tidur Lebih Nyenyak

Para ilmuwan dari Harvard telah menemukan bahwa dengan melakukan Yoga secara rutin selama 8 minggu bisa meningkatkan kualitas tidur khususnya untuk orang yang mempunyai insomnia. Penemuan lain juga mengatakan bahwa orang yang melakukan Yoga 2 kali dalam seminggu secara rutin bisa tidur lebih baik dan tidak terlalu letih. Sebuah terapi yang sangat baik untuk mengurangi stress.

Mengurangi “Craving”

Craving, sebuah istilah yang berarti nafsu/keinginan terhadap sesuatu adalah musuh utama Anda yang sedang diet. Apalagi jika cravingnya adalah terhadap makanan yang manis. Sebuah penemuan di Universitas Washington telah menemukan bahwa melalui latihan pernafasan dalam Yoga, Anda dilatih untuk mengontol emosi dan juga pikiran. Secara tidak sadar, latihan menjaga emosi bisa menurunkan “craving” yang berlebihan sehingga ini bagus juga untuk diet dan kesehatan Anda.

Melancarkan Peredaran Darah

Yoga dapat melancarkan peredaran darah terutama di bagian kaki dan tangan. Pose-pose dalam Yoga dan cara geraknya bisa meningkatkan darah yang beroksigen ke seluruh tubuh Anda.  Yoga juga mendorong hemoglobin dan sel darah merah ke dalam jaringan tubuh. Peredaran darah yang lancar dapat membantu organ tubuh berfungsi secara optimal.

Baik Untuk Tulang dan Otot

Salah satu cara terbaik dan tercepat untuk membakar lemak adalah dengan memiliki otot yang bagus. Otot yang kuat dapat membakar lemak lebih cepat. Banyak pose Yoga yang mengharuskan Anda untuk mengankat beban tubuh sehingga melatih otot agar bisa menjadi lebih kuat. Pose-pose seperti downward dan upward-facing dog membantu menguatkan tulang. Yoga juga memiliki kelebihan dapat mengurangi hormon cortisol sehingga dapat menyimpan kalsium dalam tulang lebih lama.

Meningkatkan Imun Tubuh

Gerakan dan pose Yoga yang melakukan banyak stretching dan kontraksi otot mendorong tubuh untuk membunuh getah bening yang bahaya dalam tubuh Anda. Dengan berkurangnya getah bening, system limfatik secara langsung akan membunuh sell kanker dan toxic sehingga bisa meningkatkan imun tubuh.

Melakukan Yoga, tentu saja memerlukan instruktur yang handal. Salah satu instruktur Yoga yang paling terkenal adalah Tera Stiles. Berawal dari sebuah studio kecil di Soho, Tera kemudian melebarkan bisnisnya hingga memiliki studio worldwide dengan 1000 instruktur. Ia bahkan dipanggil ke 15 negara untuk mengadakan kelas. Tera, akan berada di Jakarta di Taman Impian Jaya Ancol pada tanggal 14 Juni. Ia akan mengadakan kelas pukul 16.00 WIB. Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti kelasnya, hari ini adalah hari terakhir untuk pendaftara dan pembayaran. Harganya pun, menjadi 50%. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik di sini. Jangan sampai ketinggalan ya elevenians!

tera stiles

Share

Comments 3

  1. Saya sudah mencobanya dan memang yoga sangat bermanfaat bagi tubuh kita..

    Reply
  2. abu azma

    Yang pasti dengan latihan yoga yang rutin ini akan meningkatkan kesehatan fisik dan spiritual kita, sewaktu masih bujangan aku suka ikut latihan yoga.

    Reply
  3. azarine yusriyah

    Yang pasti dengan latihan yoga yang rutin ini akan meningkatkan kesehatan fisik dan spiritual kita, sewaktu masih bujangan aku suka ikut latihan yoga.

    Reply

Leave a Reply