Beauty & Health

5 Manfaat Daun Tin Bagi Kesehatan

Jangan Lupa Share ya

Kamu pasti pernah mendengar buah tin, kali ini akan membahas daun tin atau lebih dikenal dengan daun surga. Daun tin berasal dari pohon tin atau bahasa latinnya Ficus carica L yang termasuk kedalam kategori famili Moraceae. Daun yang dikenal dalam bahasa inggris fig leaf ini memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh seperti buahnya, buah tin.

Kata ‘tin’ telah disebutkan didalam Al-quran sebagai buah dari surga. Selain itu, khasiatnya untuk kesehatan telah terbukti secara ilmiah. Baik daun maupun buahnya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan telah terbukti berdasarkan hasil penelitian para ilmuan. Daun tin bisa dijadikan obat herbal atau obat tradisional sebagai alternatif obat kimia.

Memperkuat Tulang


Berdasarkan hasil penelitian, daun tin mengandung kalsium tinggi yang baik untuk memperkuat tulang. Kamu dapat mengonsumsi air rebusan daun daun tin secara rutin untuk mendapatkan hasil tulang yang lebih kuat. Selain susu, kamu dapat mengonsumsi daun tin sebagai kalsium untuk tulangmu. Kandungan kalsium sebesar 162 mg 16% dapat menjadikan daun tin sebagai pengganti susu untuk memperkuat tulangmu.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh


Menurut dr. Sukarno Hendro, daun tin dapat berfungsi sebagai imunomodulator. Dr yang berasal dari Serang Banten mengatakan bahwa hal ini dikarenakan daun tin dapat mengatur sistem kekebalan tubuh dan merangsang produksi antibodi dan sel limfosit mampu menghancurkan patogen yang masuk ke dalam tubuh sehingga menghindarkan kamu dari sakit.

Dengan adanya sistem imun tubuh yang baik, sehingga dapat menangkal berbagai bakteri atau mikroba yang menyebabkan sakit, seperti virus, jamur, dan bakteri. Dengan mengonsumsi daun tin dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh kebal terhadap serang bakteri dan tidak mudah sakit.

Sebagai Antikanker di Dalam Tubuh


5 Manfaat Daun Tin Bagi KesehatanKhasiat antikanker daun tin didapat tidak dengan meminum hasil rebusan air daun tin melainkan dengan menggunakan getah yang ada didalam pucuk daun tin. Hal ini terbukti berdasarkan penelitian para  ilmuwan dari Iran. Penelitian ini membuktikan bahwa manfaat antikanker daun tin didapat dari daun tin yang masih muda.

Didalam getah di pucuk daun tin mengandung ficin yang berfungsi pada sel kanker yang membuat sel-sel kanker melakukan penghancuran sendiri. Jika kamu mengonsumsi getah di pucuk daun tin dapat membuatmu terhindar dari kanker. Kandungan antioksidan didalamnya juga mampu untuk menyembuhkan kanker jika dikonsumsi secara rutin.

Memperbaiki Fungsi Hati


Banyak sekali jenis penyakit yang menyerang hati sehingga tidak dapat berfungsi semestinya salah satu yaitu hepatitis. Sudah sejak lama di India salah satu sukunya memiliki adat mengunyah daun tin untuk mengobati hepatitis. Salah satu manfaat daun tin bagi kesehatan adalah untuk memperbaiki fungsi hati agar bekerja semestinya.

Salah satu hasil penelitian yang membuktikan bahwa daun tin dapat memperbaiki fungsi hati adalah penelitian yang dilakukan oleh Gond NY dan Khadabadi SS. Mereka menggunakan tikus yang telah diberi rifampisin dengan tujuan agar hatinya menjadi rusak. Kemudian dua ilmuwan tersebut memberikan ekstrak daun tin kepada tikus tersebut.

Setelah diberikan ekstrak daun tin selama 100 hari, ternyata dibuktikan bahwa kadar bilirubin, SGPT, dan SGOT kembali secara siginifikan. Dengan hal ini membuktikan bahwa daun tin dapat mengembalikan fungsi hati yang sebelum rusak kembali normal. Kamu juga dapat mengonsumsi daun tin untuk kesehatan hatimu.

Menurunkan Gula Darah


Salah satu manfaat buah tin yang lain yaitu menurunkan gula darah. Didalam buah tin terkandung senyawa aktif yang memiliki kesamaan dengan hormon insulin. Manfaat hormon insulin didalam tubuh yaitu untuk menurunkan kadar gula darah berlebih didalam tubuh yang dalam hal ini dibuktikan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh C Perez peneliti dari Fakultas Kedokteran Universidad de Extremadura, Spanyol.

Selain itu, didalam daun tin juga mengandung sedikit lemak yaitu sebesar 0,93 g. Sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan kolesterol atau naiknya kadar lemak didalm tubuhmu jika mengonsumsi daun tin secara rutin. Kamu dapat mengonsumsi daun tin dengan direbus dan diminum air hasil rebusannya setiap hari untuk kesehatamnu.

Itulah lima manfaat daun tin bagi kesehatan tubuh yang tidak diragukan lagi manfaatnya. Kamu dapat mengonsumsi daun tin maupun ekstraknya secara rutin dengan direbus atau yang telah dikemas didalam kapsul. Ada berjuta-juta manfaat bagi kesehatan yang terkandung didalam daun tin. Khasiatnya akan lebih cepat dirasakan jika diolah secara alami pula. Selamat mencoba dan merasakan khasiat dari daun tin.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply