Culinary

5 Makanan Khas Blitar yang Bikin Kangen

Jangan Lupa Share ya

Siapa yang tidak tahu Kota Blitar? Kota yang sangat terkenal karena merupakan tempat Presiden pertama kita di makamkan. Apakah kamu pernah berziarah ke makam Bung Karno? Tentu banyak yang sudah pernah melakukannya kan? Setelah berziarah ke makam Bung Karno, agar lebih lengkap pastikan kamu menikmati beberapa sajian kuliner yang ada di Blitar. Ternyata ada beberapa makanan khas Blitar yang bisa bikin kangen lo. Makanan-makanan ini juga sangat unik, kamu tentu hanya akan menemukannya di Blitar, tidak akan kamu temukan di daerah lain.

Makanan Khas Blitar

Ada beberapa makanan khas Blitar yang perlu kamu coba apabila berkunjung ke Blitar. Kali ini kami akan memberikan referensi beberapa makanan khas Blitar yang bikin kangen. Lebih jelasnya coba simak beberapa paparan berikut

Rujak cingur

Merupakan salah jenis makanan tradisional yang akan sangat mudah ditemukan daerah sekitar Jawa Timur, termasuk Blitar. Bahannya terdiri dari berbagai buah-buahan, seperti mangga, nanas, bengkuang, kedondong, yang ditambahkan dengan tahu, tempe, sayur-sayuran, lontong, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah bingung. Makanan ini merupakan makanan khas blitar yang bikin kamu kangen, karena memiliki rasa yang sangat lezat. Rasa dari rujak yang dicampur dengan cingur sapi tentu akan memberikan rasa khas tersendiri pada salah satu makanan khas Blitar ini.

Nasi Pecel

Nasi pecel khas blitar ini merupakan makanan khas Blitar yang bikin kangen juga, karena nasi pecel ini tentu saja memiliki rasa yang berbeda dari nasi pecel di daerah-daerah lain. Hal tersebut dapat terlihat dari tekstur sambal pecel nya, makanan khas Blitar yang satu ini memiliki tekstur sambal pecel yang lebih halus, agak berminyak, dan memiliki rasa yang gurih dan manis. Selain gurih dan manis, sambal pecel khas Blitar ini juga memiliki rasa yang sangat lezat. Kamu akan sangat dimanjakan dengan rasa khas dari pecel yang pasti belum pernah kamu temukan di daerah lain. Apabila Anda kebetulan mampir di Blitar coba rasakan makanan khas Blitar yang satu ini.

Peyek Uceng

Mungkin ini adalah makanan yang belum pernah kamu jumpai sebelumnya, namanya sangat unik. Apa kamu pernah tahu ikan yang bernama uceng? Uceng merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar. Biasanya ikan ini dapat ditemukan di sungai-sungai. Ikan yang memiliki ukuran tubuh yang cukup kecil dengan bentuk tubuh bulat dan panjang. Karena bahan dasarnya ikan uceng tersebut sehingga nama makanan khas Blitar ini, yaitu peyek uceng.

Pembuatan peyek uceng ini sangat mudah, sama seperti pembuatan peyek pada umumnya, yaitu campuran antara tepung sagu, tepung beras, daun jeruk, santan, dan yang tidak boleh lupa adalah ikan uceng. Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu, lalu tuangkan sedikit demi sedikit dalam penggorengan hingga membentuk peyek yang memiliki rasa yang gurih dan renyah.

Wajik Klethik

Salah satu makanan khas Blitar yang satu ini pasti akan membuat Anda ketagihan, karena rasanya yang sangat nikmat. Bahan dasar pembuatan wajik klethik ini terdiri dari beras ketan dan gula kelapa. Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu dengan memasak gula kelapa sampai larut dan mengental, lalu masukkan beras ketan ke dalam larutan gula kelapa tersebut. Aduk sampai keduanya mengental. Wajik klethik ini memiliki rasa yang sangat lezat, yaitu perpaduan antara rasa manis dan gurih yang akan sangat memanjakan lidah.

Geti

Merupakan salah satu makanan legendaris yang masih eksis sampai sekarang. Karena rasanya yang sangat lezat sehingga penggemar setia makanan khas Blitar yang satu ini tidak pernah berkurang. Geti terdiri dari bahan dasar kacang, gula merah, dan taburan wijen di atasnya. Geti khas Blitar memiliki rasa yang berbeda dari geti di daerah yang lain. Rasanya sangat khas sekali, karena Geti khas Blitar ini memiliki rasa manis dan gurih yang sangat tersa di lidah. Apabila penasaran, jika ada waktu luang kamu dapat berkunjung ke Kota Blitar untuk mencoba beberapa makanan khas di Blitar.

Demikian beberapa makanan khas Blitar yang pasti akan membuat kamu kangen apabila sudah mencobanya. Untuk yang belum merasakan makanan khas Blitar itu, kamu harus mencoba beberapa makanan di atas. Apakah Anda penasaran dengan makanan-makanan tersebut? Jika iya, kapan-kapan cobalah untuk merasakan beberapa makanan khas Blitar tersebut. Sekian paparan kami terkait makanan khas Blitar kali ini, semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply