Gadget /Komputer

5 Larangan Charge Handphone

5 Cara Charge Handphone Yang Benar (2)

Jangan Lupa Share ya

Setelah kita menjabarkan 5 tips charge handphone yang berhubungan dengan cara kita charge, kali ini ada 5 tips lanjutan berupa larangan agar charge handphone jauh lebih maksimal. Yuk disimak!

1. Jangan Menggunakan Handphone yang Sedang Di-charge

5 Cara Charge Handphone Yang Benar (2) - 1

Sebenarnya menggunakan handphone yang sedang di-charge tidak menimbulkan masalah besar, yang perlu diperhatikan adalah berapa banyak aplikasi yang dijalankan ketika menggunakan ponsel. Penggunaan aplikasi yang terlalu banyak mengakibatkan handphone bekerja lebih berat dalam proses multitasking dan membutuhkan banyak daya. Hal ini dapat meningkatkan suhu baterai dan merusak stabilitas dari baterai itu sendiri.

2. Koneksi atau Aplikasi?

5 Cara Charge Handphone Yang Benar (2) - 2Banyak anggapan dari pengguna ponsel bahwa yang menghabiskan baterai adalah koneksi, baik itu WiFi, koneksi seluler, bluetooth, auto-update, dan sebagainya. Maka banyak pula yang tetap menggunakan handphone untuk bermain ketika di-charge dengan mematikan koneksi, berharap akan mengurangi borosnya daya yang dikeluarkan. Faktanya adalah bermain game, membuka aplikasi yang memiliki interface, ataupun menonton video lebih menguras daya baterai dan hal ini malah membuat daya yang diisi menjadi tidak efektif.

3. Hindari Charger Tiruan

Penggunaan charger tiruan memang tidak langsung mengakibatkan kesalahan fatal, akan tetapi charger tersebut dibuat secara umum. Yang berarti belum tentu cocok dengan brand tertentu. Karena ada beberapa ponsel yang membutuhkan daya tertentu, ada yang memberikan efisiensi pengisian daya, ada yang memutus aliran listrik ketika kapasitas baterai sudah penuh, dan lainnya. Bila menggunakan charger yang umum, maka keunggulan tadi jadi tidak efektif lagi, bahkan ada yang malah merusak perangkat keras dari ponsel.

4. Jauhi Charger dengan Kabel Panjang

Banyak yang tidak memperhatikan bahwa menggunakan kabel charger yang lebih panjang dapat mengakibatkan daya yang dialirkan akan memberikan efek panas pada baterai ponsel. Kabel yang pendek pun mengurangi resiko hilangnya daya karena lebih sedikit resistensi. Biasanya kabel powerbank didesain untuk mengatasi hal ini.

5. Charger Wireless/Nirkabel

 

Menggunakan wireless charger atau nirkabel memang terlihat menyenangkan, karena tidak perlu sulit-sulit untuk memasang port charger karena bisa langsung diletakkan pada port wireless. Karena nirkabel, pengisi daya menggunakan proses induksi langsung, dan proses ini cukup berbahaya karena memancarkan daya langsung dan berakibat panas pada ponsel yang sedang diisi dayanya.

Setelah mengetahui tips dan cara charge yang benar, lalu larangan apa saja yang harus dihindari, semoga kita bisa belajar agar ponsel kita lebih awet dan tahan lama.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply