Mother & Baby

5 Jenis Manfaat Jambu untuk Ibu Hamil

Jangan Lupa Share ya

Bagi para ibu hamil selalu menginginkan janin yang ada di dalam kandungannya dalam keadaan yang sehat. Salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi berbagai sayur ataupun buah yang sehat karena banyak mengandung vitamin. Jenis buah yang memiliki banyak manfaat yang baik untuk ibu hamil yaitu buah jambu biji.

Berbagai manfaat jambu untuk ibu hamil bisa didapatkan dengan mudah. Apalagi jambu biji termasuk buah yang paling gampang untuk ditemui. Baik di pasar tradisional ataupun swalayan sudah tersedia buah jambu biji yang segar. Memang jenis buah jambu ini sangat disarankan untuk ibu hamil.

Hal ini dikarenakan jambu biji ini mengandung berbagai jenis vitamin serta zat-zat penting untuk tubuh di setiap 100 gram jambu biji. Berbagai kandungan gizi dari jambu misalnya seperti vitamin A, B1, C, kalsium, kalori, protein, lemak, fosfor, zat besi, dan hidrat arang.

Berbagai Manfaat Jambu untuk Ibu Hamil

Untuk Menjaga Sistem Imun Tubuh


Ibu hamil pastinya harus selalu memiliki daya kekebalan tubuh yang kuat. Hal ini dikarenakan agar ibu dan janinnya tidak gampang untuk terserang berbagai penyakit. Mengkonsumsi jambu biji sangat bermanfaat khususnya menjaga sistem imun dalam tubuh. Karena memang jambu memiliki kandungan vitamin C yang mana bagus untuk kesehatan ibu hamil.

Mencegah Sembelit


Manfaat jambu untuk ibu hamil yang kedua yaitu bisa menghindarkan ibu hamil dari penyakit perut misalnya sembelit. Memang umumnya ibu hamil sangat mudah untuk terserang sembelit karena pola makan yang tidak dijaga. Masalah sembelit bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah jambu segar ataupun juga jus jambu. Jambu dikenal sebagai buah yang memiliki banyak serat. Adanya serat ini memang sangat bagus untuk menjaga sistem pencernaan. Tidak hanya itu saja ternyata serat dapat berfungsi untuk menurunkan berat badan.

Sebagai Pengontrol Tekanan Darah


Selain sembelit ternyata wanita yang sedang hamil sangat rentan dengan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Untuk mencegah darah tinggi bisa disiasati dengan selalu mengkonsumsi satu buah jambu biji setiap hari. Memang manfaat jambu untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu bisa untuk pengontrol tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah dapat dikontrol maka kemungkinan terjadinya komplikasi pada wanita hamil akan sangat kecil terjadi.

Mengandung Asam Folat yang Baik untuk Janin


Janin dalam kandungan sangat membutuhkan asam folat untuk perkembangannya. Jika kekurangan asam folat bisa jadi janin akan terlahir dengan keadaan cacat ataupun akan memiliki berat badan yang kurang. Tidak mau bukan hal ini terjadi pada calon bayi Anda? Untuk itu usahakan agar selalu mendapatkan asupan asam folat yang mencukupi. Asam folat dapat didapatkan dari buah ataupun sayur-sayuran.

Dapat Meminimalisir Terjadinya Stres


Manfaat lainnya dari jambu biji untuk wanita hamil yaitu bisa mencegah terjadinya stres. Untuk mendapatkan manfaat buah ini Anda bisa mengkonsumsi minimal satu buah jambu untuk setiap harinya. Buah jambu bisa dikonsumsi sebelum makan atau untuk camilan yang sehat. Tidak hanya stres tetapi jambu dapat dengan bisa digunakan untuk menenangkan saraf-saraf yang tegang.

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat jambu untuk ibu hamil. Dengan mengonsumsi buah-buahan khususnya jambu setiap hari pastinya kesehatan tubuh ibu dan calon bayi akan tetap terjaga dengan baik. Memiliki tubuh sehat bisa memudahkan ibu hamil untuk dapat melakukan berbagai pekerjaannya dengan lancar.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply