Home /Food

5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Jangan Lupa Share ya

Memiliki suatu penyakit tertentu memang sangat tidak asyik, pasti ada beberapa makanan yang harus kita hindari. Kita tidak dapat bebas mengonsumsi makanan apapun yang diinginkan. Karena mengonsumsi makanan tertentu untuk jenis penyakit tertentu akan menimbulkan efek samping, misalkan untuk penderita asam urat. Penyakit asam urat akan cepat bereaksi ketika si penderita memakan makanan tertentu, penyakit tersebut akan kambuh. Apabila kambuh rasa sakitnya akan sangat tidak tertahankan. Jadi daripada merasakan sakit, sebaiknya untuk menghindari beberapa makanan yang menyebabkan asam urat kambuh.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan penyakit asam urat kambuh. Untuk mengetahui beberapa makanan tersebut coba Anda simak paparan kami berikut ini.

Daging Merah

Sebaiknya penderita asam urat menghindari makan-makanan jenis daging merah, seperti daging kambing, babi, dan juga daging sapi. Karena daging merah ini memiliki kandungan purin tinggi yang akan menyebabkan kambuh nya asam urat yang diderita. Meskipun daging merah merupakan makanan yang cukup nikmat, usahakan apabila Anda termasuk yang memiliki penyakit asam urat untuk menghindarinya. Pastikan sampai asam urat yang Anda derita benar-benar sembuh terlebih dahulu, karena apabila kambuh tentu rasanya akan sakit sekali. Jadi daripada merasakan sakit setelah memakannya, sebaiknya untuk menghindarinya saja.

Ikan Sarden dan Mackerel

Ada beberapa jenis ikan yang harus dihindari oleh penerita asam urat, yaitu ikan sarden, mackerel, dan ikan tuna. Meskipun ikan ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, namun jenis ikan tersebut juga memiliki kandungan purin yang juga tinggi. Kandungan purin tersebut akan membuat penyakit asam urat kambuh.

Hal tersebut tentu saja sesuatu yang sangat tidak diinginkan kan? Jadi alangkah lebih baiknya Anda menghindari terlebih dahulu mengonsumsi ikan-ikan tersebut. Rasa sakitnya tidak akan tertahankan apabila asam urat ini kambuh, daripada nanti Anda harus mencari obat untuk meredakan sakitnya, sebaiknya Anda menghindari penyebab yang menimbulkan rasa sakit itu saja.

Udang

Uang merupakan jenis makanan laut yang tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang banyak oleh penderita asam urat. Udang rasanya memang sangat lezat, namun terkadang ada beberapa orang yang tidak bisa memakaan makanan jenis ini, seperti orang yang alergi terhadap makanan ini.

Termasuk juga penderita asam urat, udang dapat dikonsumsi namun dalam jumlah yang sedikit. Namun, untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk, maka udang merupakan makanan yang harus dihindari penderita asam urat, karena udang ini ternyata juga memiliki kandungan purin yang cukup tinggi, sehingga tidak akan baik untuk penderita asam urat.

Udang juga termasuk makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi, jadi baik penderita kolesterol atau bukan udang memang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Sayur Bayam

Bayam merupakan sayuran yang memiliki kandungan gizi yang sangat banyak, seperti serat dan zat besi yang baik untuk tubuh. Namun, tentu saja ada pengecualian untuk orang yang menderita penyakit tertentu. Bayam tidak baik untuk dikonsumsi penderita asam urat, karena kandungan purin yang cukup tinggi akan menyebabkan penyakit asam urat kambuh. Sebenarnya bisa saja apabila dikonsumsi dalam jumlah sedikit, namun untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya untuk menghindari makan sayur bayam. Yang terpenting adalah kesehatan tubuh kita.

Tahu dan Tempe

Salah satu makanan yang banyak digemari di Indonesia, karena rasanya yang enak dan gurih. Makanan juga sangat terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Namun, tahu dan tempe ini memiliki kandungan purin tinggi yang dapat menyebabkan penyakit asam urat menjadi kambuh.

Penderita asam urat harus membatasi untuk mengonsumsi tahu dan tempe, jangan sampai makan berlebihan makanan ini, karena dapat berpotensi buruk terhadap kesehatan tubuh Anda. Anda pasti juga tahu, Tuhan juga tidak menyukai sesuatu yang berlebih-lebih tertutama ketika makan sesuatu. Jadi untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan buruk sebaiknya Anda mulai mengatur pola makan.

Pentingkan terlebih dahulu kesehatan tubuh Anda. Lagian selain 5 makanan itu kamu juga masih dapat menikmati makanan yang lain. Dunia tidak akan runtuh apabila tidak mengonsumsi makanan tersebut, karena masih banyak makanan sehat lain yang tidak menimbulkan efek samping di kemudian hari. Sekian pembahasan terkait jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat. Nah, bagi Anda yang ingin lekas sembuh dari penyakit asam urat sebaiknya mengonsumsi makanan sehat.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply