Culinary

5 Gaya Menu Sahur

Rev.1[BlogHeader]-MKT-ramadhan-articles-1-(5-Menu-Sahur)-30052016-

Halo elevenian! Sudah ada ide Sahur merupakan momen penting dalam berpuasa. Di saat inilah orang yang berpuasa “mengisi perut” untuk menghadapi satu hari penuhtanpa makan dan minum. Nah, di saat ini juga, banyak sekali tipe-tipe menu sahur yang disediakan

Berikut ini adalah beberapa gaya menu sahur. Kalau kamu termasuk yang mana?

  1. Gaya 4 Sehat 5 Sempurna

Day2_Cuc__in_HCMC5540_NYT_crop-432x264

Kalau menu sahur gaya ini, adalah menu sahur yang lengkap dan bergizi. Mulai dari karbohidrat, protein sayur sampai buah pun ada. Menu sahur sebaiknya seperti ini karena di saat inilah kamu menyimpan cadangan makanan untuk kekuatan kamu berpuasa selama satu hari. Denan adanya menu seimbangserta minum air putih yang cukup, maka puasa kamu selama satu hari Insya Allah akan lancar.

Makan menu yang seimbang seperti ini juga akan menjaga kebugaran tubuh kamu. Sediakan menu yang sehat selalu buat sahurya elevenian!

  1. Gaya Kosan

37aadafda70332279900591f4cb633a2

Biasanya nih, menu Sahur gaya anak kosan adalah makanan yang ‘dingin’, a.k.a. makanan yang dibeli dari kemaren malem. Syukur-syukur jika mereka bangun untuk sahur, kalau engga? Wahhh ga kemakan deh hehe. Tak hanya itu, sebenarnya makanan sahur anak kosan banyak variaisinya. Mulai dari yang sehat ke tidak sehat. Menu yang masak sendiri hingga mengandalkan delivery, atau ada juga yang rajin beli makanan dari malam atau dengan pasrah makan makanan instan.

Salah satu menu ‘kepepet’ terkenal adalah nasi digoreng dengan margarin dan telop ceplok atau ada juga yang makan dengan sosis atau chiken nugget. Sebenarnya elevenian, menu seperti ini boleh juga dicontoh jika kamu malas masak di rumah. Hehe.

Apapun menunya, anak kosan biasanya nyetok berbagai bentuk makanan nih di kamar kosan. Seperti tuna/sarden kaleng. Masak ini sebentar, tambahkan nasi/atau roti maka menu sahur lezat pun tersedia!

  1. Gaya Instan
Foto taken from: garlicdiariescom
A very simple Grilled Cheese Sandwich. Foto taken from: garlicdiariescom

Nah yang seperti ini biasanya orang-orang yang bener-bener kepepet Sahur. Jadi, makanan apa saja yang ada kulkas, pasti dijadikan sesuatu untuk disantap. Selain itu, gaya seperti ini juga lebih milih makanan instan seperti mie cup, Contohnya adalah roti. Roti bisa dinikmati dengan berbagai macam menu lain. Roti bisa kamu makan dengan selai rasa apapun, dijadikan sandwich atau sebagai pendamping sup instan.

Bisa juga kamu masak scrambled eggs dan menaburnya diatas roti. Buat kamu yang bener-bener bangun 15 menit sebelum sahur, mungkin kalian bisa ambil dua helai roti, sepotong lembar keju, satukan dan panaskan. Hasilnya? Sebuah Grilled Cheese Sandwhich yang lezat! Makanan instan lainnya? Banyak! Orang Indonesia tentunya tidak akan lupa dengan mie instan. Sedikit saran dari kami nih elevenian, mengkonsumsi mie instan untuk sahur sebenarnya kurang baik. Hal ini juga berlaku untuk makanan ‘fast food’. Kenapa? Makanan seperti ini akan membuat kamu haus lebih cepat dan mempunyai aftertaste yang menggangu. Jika kamu ingin memakan sesuatu yang cepat untuk sahur, mungkin roti adalah makanan yang lebih baik untuk disantap.

  1. Gaya Diet
Photo taken from: from joannagoddard.blogspot
Photo taken from: from joannagoddard.blogspot

Biasanya yang perempuan tentu saja mengambil kesempatan Bulan Ramadhan untuk menurunkan berat badan. Bagaiman tidak? Berjam-jam tidak makan dan minum dan hanya makan dini hari dan setelah maghrib tentu saja bisa menurunkan berat badan. Saking inginnya turun, sahur pun makan ala kadarnya. Nah, pemikiran seperti ini sebenarnya salah lho elevenian. Di saat sahurlah kalian harus mendapat asupan gizi yang cukup.

Puasa sendiri selain ibadah juga cara yang yang baik untuk mendetoks badan. Jadi, jika kalian ingin tetap menguruskan badan di bulan puasa ini, hindari makan yang banyak ketika berbuka. Hindari juga segala macam makanan yang goreng, bertepung dan manis saat buka atau pun sahur. Saat sahur, ada baiknya porsi makanan kamu menganduni 40% sayur, 40% protein dan 20% karbohidrat.

  1. Gaya Barat
Photo taken from: playpartyplan.com
Photo taken from: playpartyplan.com

Orang barat, tidak menggunakan nasi sebagai sumber karbohidrat mereka. Biasanya mereka makan kentang, roti, ubi atau pasta sebagai sumber karbohidrat. Banyak sekali menu Barat yang kini diterima oleh masyarakat Indonesia seperti burger, steak, macaroni and cheese, pasta dan juga salad. Makanan-makanan seperti pula, juga bisa dijadikan menu untuk sahur. Contoh menu barat yang pasti bikin kamu kenyang adalah aneka pasta. Misalnya, Spagetti, Fettucini dan juga Lasagna!

Nah, dari beberapa gaya Sahur ini, kamu termasuk yang mana nih elevenian? Isi komen dibawah ya! Selamat Sahur elevenian!

 

 

Share

Leave a Reply