Hobby, Sports /Hobi /Otomotif

5 Fakta Tentang Pantai Nglambor yang Akan Membuatmu Terpesona

Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menawarkan keindahan wisata alam berupa pantainya yang sangat luar biasa indah. Kotanya para pelajar ini sangat banyak menyimpan berbagai potensi lokasi wisata alam yang berkualitas. Kali ini, keindahan di wilayah pesisir pantai selatan Yogyakarta memiliki sebuah pantai yang menjadi surganya para wisatawan yang menyukai snorkeling. Pantai tersebut bernama Pantai Nglambor. Lokasi dari pantai ini memang sangatlah indah dan menawan karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga ombaknya cukup ganas.

Pantai Ngalmbor adalah keindahan pantai yang tersembunyi dan sangat jarang diketahui oleh banyak orang. Pantai ini menawarkan perairan yang tenang dan dangkal sehingga sangat tepat digunakan untuk berenang atau kegiatan menyelam. Pantai Nglambor memang memiliki bentuk seperti sebuah teluk kecil yang terletak di antara dua bukit.

Karena masih sangat jarang diketahui oleh banyak orang, suasana di pantai ini sangat bersih dan hampir tidak ditemukan sampah apapun. Biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk ke pantai ini hanya sebesar Rp5.000 saja. Posisi pantai ini diapit oleh dua pantai yaitu Pantai Jogan dan Pantai Siung yang sama-sama masih alami dan terjaga dengan sangat baik. Karena akses ke Pantai Nglambor ini harus menuruni sejumlah bebatuan yang cukup curam, maka dibutuhkan kehati-hatian agar tidak terjatuh atau celaka.

5 Fakta Tentang Pantai Nglambor yang Akan Membuatmu Terpesona

Fakta-fakta mengenai keunikan Pantai Nglambor ini telah menjadi magnet bagi para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Berikut merupakan keindahan Pantai Nglambor yang akan membuatmu terpesona.

Dijaga Dua Kura-Kura Raksasa

Saat pertama kali menginjakkan kakai Pantai Nglambor, hal pertama yang akan kamu lihat adalah dua karang yang berbentuk menyerupai dua ekor kura-kura raksasa. Menar-benar mirip dengan kura-kura mulai dari bentuk kepala bahkan hingga ke punggungnya.

Mitos yang beredar do tengah-tengah masyarakat adalah Pantai Nglambor memang dijaga oleh duan ekor kura-kura raksasa. Namun menurut fakta ilmiahnya, kedua karang yang berbentuk menyerupai kura-kura tersebutlah yang membuat Pantai Ngalmbor selamat dari terjangan ombak besar.

Dua batu karang tersebut membuat air laut di Pantai ini menjadi dangkal. Terdapat banyak terumbu karang yang tumbuh bebas di dalam lautnya karena hempasan ombak tidak terlalu mengganggu keberadaan terumbu karang tersebut.

Pantai Nglambor adalah Akuarium Raksasa

Julukan akuarium raksasa yang disematkan pada Pantai Nglambor ini  agaknya tepat karena pantai ini memiliki keindahan bawah laut yang luar biasa. Lautnya yang biru bening kaya akan biota laut dan terumbu karang.

Penjagaan yang ketat terhadap ekosistem yang ada di laut ini telah dilakukan selama bertahun-tahun oleh masyarakat dan tentunya bersama sepasang kura-kura raksasa yang turut menjaga Pantai Nglambor ini,

Terumbu karang yang ada di Pantai Nglambor ini masih tetap utuh hingga saat ini berkat adanya penjagaan yang ketat tersebut.

Snorkeling di Istana Bawah Laut

Destinasi paling favorit para wisatawan saat ini adalah snorkeling, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Mereka telah menemukan lokasi baru yang sangat memukau di sepanjang garis pantai Yogyakarta.

Lokasi yang istimewa itu adalah Pantai Nglambor. Kamu bisa bebas snorkeling di zona Pantai Ngalmbor. Laut yang dangkal dan didukung oleh debur ombak yang tenang menjadikan pantai ini sebagai destinasi favorit para wisatawan untuk snorkeling.

Kamu tidak harus menyelam terlalu jauh untuk bisa menikmati keindahan istana bawah laut yang ada di Pantai Nglambor ini. Kamu cukup berenang di kedalaman 10 meter dan kamu akan menyaksikan pemandangan ribuan ikan, terumbu karang dan biota laut lainnya. Selain itu, jangan lupa untuk mengabadikan momen snorkeling kamu menggunakan kamera.

Kecantikan Tiada Dua di Pantai Nglambor

Pemandangna Pantai Nglambor tak kalah cantiknya dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia. Pantai ini diapit oleh perbukitan dan tebing yang curam. Akses jalannya pun melalui rimbunan tanaman pandan laut.

Cobalah untuk berhenti sebentar di atas salah satu bukit di pantai ini, abadikan keindahan Pantai Nglambot dari puncak bukit dan kamu akan menemukan kecantikan tanpa tanding di Pantai tersebut.

Kedamaian akan semakin kamu rasakan ketika hembusan angin yang mengenai wajahmu. Seketika kamu akan bener-benar merasa bahwa pantai ini sangatlah mempesona.

Nyanyian Ombak di Pantai Nglambor

Secara ilmiah, ombak merupakan gelombang yang dihasilkan dari proses alam. Ombak menjalar di antara udara yang dingin dan panas. Pada umumnya, ombak menerjang dengan begitu hebat di tepi pantai. Namun, beda halnya dengan Pantai Nglambor ini. Ujung ombak sama sekali tidak menyentuh bibir pantai. Sepasang batu karang yang berbentuk menyerupai kura-kura lah yang menghalau gempuran ombak tersebut. Meskipun begitu, gemuruh ombak dipantai ini tetap harus kamu nikmati keindahan suaranya.

Demikian pembahasan mengenai Pantai Nglambor. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply