Religi

5 Fadhilah Surat Al-Kahfi yang Luar Biasa

Surat al-Kahfi merupakan salah satu surat dalam al-Qur’an yang memiliki banyak keutamaan bagi pembacanya. Surat ini sangat dianjurkan untuk dibaca di hari Jum’at. Ada banyak sekali keutamaan yang akan didapatkan saat membacanya.

Berikut ini akan diulas mengenai beberapa Fadhilah surat al-Kahfi dari surat al-Kahfi…

Fadhilah Atau Keutamaan Surat Al-Kahfi

Ada beberapa keutamaan surat al-Kahfi yang akan Anda dapatkan jika membaca surat tersebut dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh. Berikut ini adalah beberapa fadhilah dari surat al-Kahfi tersebut…

  • Memperoleh Ridho Dari Allah Swt

Fadhilah dari surat al-Kahfi yang pertama adalah Anda akan mendapatkan Ridho dari Allah Swt. Selama hidupnya, umat Islam tentu senantiasa mengharapkan rahmat, berkah, dan ridho Allah. Dengan adanya ridho Allah, kehidupan manusia akan lebih damai dan tentram.

Nah, ternyata membaca surat al-Kahfi bisa mendekatkan manusia kepada ridho Allah. Selain itu mereka juga akan memperoleh cahaya keberkahan dan menghilangkan berbagai hal yang menjadikan hati Anda gelisah. Hal ini sesuai dengan yang tertera di dalam Hadis bhwa siapapun yang membaca surat al-Kahfi maka akan mendapatkan cahaya mulai dari ujung rambut hingga ke ujung kaki. Dan jika mereka membaca semuanya, maka cahaya akan diperoleh antara langit dan bumi.

  • Terhindar dari Fitnah Dajjal

Fadhilah selanjutnya adalah seseorang menjadi terhindar dari fitnah Dajjal. Untuk mendapatkan keutamaan satu ini, sebaiknya surat al-Kahfi dibaca tepat pada hari Jum’at khususnya dan hari lain pada umumnya. Hal ini juga didasarkan pada Hadis Nabi yang menyatakan bahwa apabila seseorang membaca surat al-kahfi secara rajin dan tidak hanya pada hari Jum’at saja, maka dia akan dapat terhindar dari adanya fitnah Dajjal.

Dajjal sendiri adalah suatu makhluk yang amat buruk dan mempunyai satu mata yang terletak di bagian dahinya. Kulitnya berwarna merah dan ia mempunyai badan yang cukup besar. Ia diceritakan akan muncul pada akhir zaman dari daerah segitiga Bermuda. Dan fitnah Dajjal sendiri sangatlah kejam, maka Anda sebaiknya rajin membaca surat al-Kahfi untuk dapat terhindar dari fitnah tersebut.

  • Terjaga dari Gangguan Syetan

Fadhilah surat al-Kahfi yang ketiga adalah bisa terhindar dari gangguan syetan. Syetan sebagaimana diketahui bersama menjadi musuh yang terbesar bagi sekalian umat manusia. Khususnya mereka yang selalu berbuat baik dan beramal. Di dalam hidup manusia, syetan membawa suatu keburukan yang dapat merusak dunia ini.

Manusia yang terbujuk oleh rayuan dahsyat syetan akan mendapatkan murka dari Allah karena ia senantiasa membisikkan hal yang bisa menyeret sekalian manusia kepada neraka Jahanam. Oleh karena itu, seseorang harus mendekatkan diri kepada Allah, salah satunya dengan rajin membaca surat al-Kahfi. Di dalam sebuah Hadis dijelaskan bahwa suatu rumah yang di dalamnya senantiasa dibacakan surat al-Kahfi dan juga surat al-Baqarah, maka rumah tersebut nantinya tidak akan dimasuki oleh syetan sepanjang malam dimana surat-surat tersebut dibaca.

  • Mendapatkan Ampunan Allah

Setiap orang tentu mengharapkan ampunan dari Allah dalam hidupnya. Dan tidak ada satupun manusia yang bersih dari dosa dan kesalahan, baik itu dosa yang disadari ataupun yang tidak. Sebagaimana diungkapkan di atas bahwa syetan tidak akan berhenti mengajak manusia untuk melakukan dosa dan kejahatan. Maka dikatakan bahwa sebaik-baik manusia merupakan mereka yang bersedia untuk bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah Swt.

Salah satu caranya adalah dengan membaca surat al-Kahfi. Ternyata membaca surat ini bisa mendapatkan ampunan dari Allah. Sebagaimana yang diungkapkan dalam sebuah hadis bahwa siapapun yang membaca surat al-Kahfi di hari Jum’at, maka dia akan mendapatkan cahaya yang memancar di bagian bawah kakinya hingga ke langit. Dan di hari kiamat akan menjadi penerang baginya. Dan dosanya antara dua Jum’at akan mendapat ampunan.

  • Mendapatkan Cahaya Kebaikan

Selain beberapa yang telah disebutkan di atas, membaca surat al-Kahfi juga akan membuat Anda mendapat cahaya kebaika, baik ia membacanya di hari Jum’at ataupun di hari selain Jum’at. Hidup mereka akan mendapatkan sinar kebaikan dan juga mendapatkan syafa’at di hari pembalasan nanti. Dan cahaya tersebut akan memancar pada dirinya mulai ujung kaki hingga ke langit.

Demikianlah uraian tentang Fadhilah surat al-Kahfi yang akan Anda dapatkan jika membacanya dengan ikhlas untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Dengan membaca surat ini secara rutin, Anda akan benar-benar mendapatkan kebaikan dunia akhirat dan juga akan terhindar dari segala keburukan. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply