Religi

5 Fadhilah Ayat Kursi Yang Dasyat Bagi Kehidupan

Jangan Lupa Share ya

Di antara banyaknya ayat yang terdapat dalam kitab suci Alquran, Ayat Kursi merupakan salah satu ayat Al-Qur’an yang terdapat di surah Al-Baqarah ayat ke-255. Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang paling sering disebut-sebut dalam berbagai hadits, fadhilah ayat kursi yang melebihi ayat-ayat lain.

Di dalam Ayat Kursi terdapat 3 macam ajaran tauhid yaitu tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, serta tauhid asmawa sifat Allah. Begitu agungnya keutamaan ayat ini, Rasulullah menyebutkan dalam sebuah hadits bahwa ia merupakan ayat teragung yang terdapat di dalam Al-Quran, MasyaAllah.

Waktu yang Paling Utama Membaca Ayat Kursi

Sebenarnya, memang tidak ada ketentuan kapan diharuskan membaca Ayat Kursi. tetapi, Rasulullah SWT sangat menyarankan kepada umatnya untuk membaca Ayat Kursi pada waktu-waktu ini:

Ketika Pagi dan Petang

Dari Ubay bin Ka’ab, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Siapa yang membacanya (Ayat Kursi) ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Barang siapa yang membaca ayat kursi di pagi hari, maka ia akan dilindungi hingga petang mejelang.” (HR. Al Hakim 1: 562. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits tersebut dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib no. 655)

Menjelang Tidur Malam

Barang siapa yang ingin tidurnya dijaga oleh Allah dari gangguan setan, dianjurkan untuk rutin membaca Ayat Kursi menjelang tidur, sesuai dengan hadits riwayat Bukhari nomor 4624:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah SAW memerintahkan untuk menjaga harta zakat. kemudian pada suatu hari terdapat seseorang yang menyusup dan ingin mengambil makanan, maka aku langsung menyergapnya dan berkata, “Aku benar-benar akan menyerahkanmu kepada Rasulullah SAW.” Lalu ia bercerita dan berkata, “Jika kamu hendak beranjak ke tempat tidur maka bacalah ayat kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga pagi.”

Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pun bersabda: “Ia telah berkata benar padamu, padahal ia adalah pendusta. Si penyusup tadi sebenarnya adalah setan.”

Usai Salat 5 Waktu

Selain membaca zikir setelah salat, cobalah untuk menyisipkan Ayat Kursi di antara zikir. Dari Abu Umamah, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda: “barang siapa yang membaca ayat kursi saat sesudah shalat, maka tidak akan ada yang menghalanginya masuk ke surga kecuali kematian.” (HR. An-Nasai dalam Al Kubro 9: 44. Hadits ini dinyatakan shahih oleh Ibnu Hibban, sebagaimana disebut oleh Ibnu Hajar dalam Bulughul Maram).

Keutamaan Ayat Kursi Bagi Kehidupan

Manfaat membaca ayat kursi memang sangat berlimpah. Selain mendapatkan pahala dari sisi Allah, terdapat juga beberapa manfaat dahsyat lainnya. berikut fadilah nya:

Terjaga dari Setan

Seseorang yang membaca ayat kursi sebelum tidur, maka Dia akan terjaga dari gangguan setan. Keterangan ini sesuai dengan hadits dari Abu Hurairah yang berbicara dengan jelmaan setan karena tidak membaca ayat kursi sebelum tidur.

Merupakan Ayat yang Agung

Rasulullah SAW pernah menjelaskan dalam hadits nya bahwa ayat kursi termasuk ayat yang paling agung di antara ayat lain dalam Al-Qur’an.

Ubay bin Ka’ab ditanya oleh Rasulullah, “Ayat mana yang palung agung dalam kitabullah?” kemudian rasulullah menepuk dada Ubay sambil berkata, “wahai Abu Mundzir, semoga engkau bahagia dengan ilmu yang engkau miliki saat ini.” (HR Bukhari).

Keagungan Ayat Kursi Melebihi Langit dan Bumi

Rasulullah SAW berkata di dalam haditsnya, “ tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya dari ayat kursi” kemudian Sufyan Ats Tsauri berkata, “karena ayat kursi kalamullah yang lebih agung dari ciptaan Allah bumi dan langit.” (HR Tirmidzi).

Menjadi Sebab Masuknya Surga

Fadilah ayat kursi yang lain yaitu menjadi salah satu amalan yang dapat menjadikan kita masuk ke dalam surga Allah SWT.

Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang membaca ayat kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surge kecuali kematian.” (HR An Nasai)

Dijauhkan dari Gangguan Kejahatan

Fadilah terakhir dari ayat kursi yaitu terhindar daqri gangguan berupa kejahatan ketika pagi ataupun siang jika dibaca.

Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi hingga pagi, maka ia akan terlindung hingga petang.” (HR Hakim)

Itulah ulasan mengenai 5 fadilah ayat kursi yang sangat dibutuhkan kaum muslim di dalam kehidupannya. Agar mendapatkan manfaatnya baik di dunia dan di akhirat kelak, maka baca secara rutin. Semoga bermanfaat !

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply