Gadget /Komputer

5 Cara Charge Handphone Yang Benar

5 Cara Charge Handphone Yang Benar

Jangan Lupa Share ya

Penggunaan handphone dan smartphone sudah sangat wajar di era ini. Setiap pagi, siang, ataupun malam, selalu ada aktivitas yang kita lakukan dan berhubungan erat dengan handphone. Smartphone sangat digandrungi dan telah menjadi bagian dari hidup kita karena fungsinya yang begitu besar di dalam genggaman tangan, dan karena kehidupan kita dengan mobilitas tinggi, maka smartphone menjadi andalan.

Untuk penggunaan handphone jangka panjang, tentu kita membutuhkan baterai hape yang berkualitas. Begitu banyak jenis smartphone yang mengusung ketahanan baterainya atau daya isi yang cepat. Tapi jarang ada yang mengetahui cara yang benar untuk mengisi daya baterai. Nah, pada artikel ini kita akan membahas apa saja tips dan bagaimana cara charge handphone yang benar.

1. HP Baru Tidak Perlu Di-charge 100%

5 Cara Charge Handphone Yang Benar (1) - 1

Ketika kita pertama kali membeli handphone tersebut, biasanya baterai telah diisi daya sekitar 50%. Banyak anggapan untuk selalu charge handphone hingga 100% sebelum digunakan. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena cara tersebut ampuh ketika baterai yang digunakan berbahan dasar Nickel. Untuk baterai berbahan dasar Lithium Ion, yang umum digunakan pada smartphone, langsung bisa digunakan tanpa harus charge hingga 100% terlebih dahulu.

2. Jangan Charge Dari 0% – 100%

5 Cara Charge Handphone Yang Benar (1) - 2Mengisi daya dari 0 persen hingga 100 persen sebaiknya dihindari ,karena membutuhkan waktu yang lama. Mengisi daya terus menerus akan menyebabkan lapisan lithium metalik yang mengurangi stabilitas baterai dan mudah membuat sistem malfungsi. Mengisi daya/Charge handphone sebaiknya ketika daya sudah kurang dari 30% dan dicabut sebelum mencapai 100% (sekitar 80%).

Dikarenakan baterai Li-ion akan secara konstan menarik arus dan beroperasi di tegangan yang lebih rendah. Ketika di-charge, tegangan pada baterai perlahan-lahan meningkat, lalu meningkatkan daya ketika telah mencapai 70%. Charge handphone pada tegangan rendah akan lebih baik untuk usia baterai.

3. Powerbank Bukan Pengganti Charger

5 Cara Charge Handphone Yang Benar (1) - 3

Di era dengan mobilitas tinggi, tentu kita tidak selalu bisa mendapatkan tempat untuk charge handphone. Maka diciptakanlah powerbank sebagai simpanan daya tambahan untuk menanggulangi krisis daya ketika kita sedang tidak bisa charge handphone. Tapi tahukah Anda kalau menggunakan powerbank terus menerus malah akan mengurangi usia baterai atau merusaknya?

Pernahkah Anda rasakan kalau mengisi handphone menggunakan powerbank membuat handphone menjadi panas? Pengisian menggunakan powerbank ternyata tidak baik karena panas yang dipancarkan oleh powerbank akan merusak stabilitas baterai. Maka, gunakan powerbank ketika keadaan penting saja.

 

4. Jangan Charge Handphone Ketika Tidur

Over-charging adalah keadaan ketika baterai handphone sudah penuh dayanya tetapi masih diisi dayanya menggunakan charger. Hal ini menyebabkan baterai mudah panas karena daya yang diisi tidak dapat ditampung dengan baik. Rata-rata lama pengisian daya baterai adalah 2-3 jam, dan meningkatkan kemungkinan rusaknya baterai sampai ancaman ledakan akibat suhu baterai yang terlalu tinggi. Sebaiknya charge handphone 2-3 jam sebelum tidur, lalu masuk ke mode pesawat ketika Anda terlelap.

5. Charge Handphone Di Suhu Ruangan

5 Cara Charge Handphone Yang Benar (1) - 5

Pernahkah Anda merasa aktivitas di ponsel Anda melambat ketika berada di tempat yang panas atau di bawah sinar matahari terik beberapalama? Salah satu faktornya adalah baterai yang tidak bisa bekerja maksimal pada suhu ekstrim (panas maupun dingin), begitu pula pada saat pengisian daya. Hindari charge handphone pada bidang yang empuk seperti bantal atau ranjang yang tidak bisa menyerap panas. Mendinginkan suhu dengan cara meletakkannya di bawah AC langsung juga tidak disarankan.

Nah, itu 5 dari 10 tips charge handphone yang berhubungan dengan cara kita charge, di bagian kedua nanti akan ada beberapa tips charge handphone yang berhubungan dengan aksi kita dan eksternal dari handphone itu sendiri.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply