Culinary

5 Bumbu Paling Sehat dan Lezat yang Baik untuk Tubuh

Jangan Lupa Share ya

Mungkin kamu telah mendengar begitu banyak kali apa yang harus dikonsumsi dan mengapa brokoli, kale dan goji berry sehat untuk tubuh Anda. Tetapi tunggu, ada sesuatu yang jauh lebih sehat dalam makanan mu, dan itu ada di sana untuk menambah rasa.

Bumbu yang dimasukkan ke makanan tidak hanya memuji rasa makanan, tetapi juga memiliki banyak khasiat obat yang telah terbukti dalam banyak penelitian terbaru, tetapi juga sepanjang sejarah manusia. Berikut adalah 5 rempah-rempah terbaik yang harus Anda miliki di dapur Anda:

Kunyit: Melawan Rasa Sakit


Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa kunyit berguna sebagai antioksidan kuat yang melawan sel kanker dan berbagai infeksi, tetapi juga bisa sangat efektif melawan rasa sakit.

Curcumin, yang merupakan bahan aktif dalam kurkumin, menghambat sintesis zat inflamasi, dan oleh karena itu dapat menggantikan obat-obatan seperti Advil dan Norvine yang dari waktu ke waktu dapat menyebabkan infeksi pada lambung dan usus. Kunyit adalah alternatif yang lebih aman dan sehat digunakan dalam kasus rheumatoid arthritis, peradangan kornea, sindrom terowongan karpal, dan banyak lagi.

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, kunyir tidak hanya berfungsi sebagai anti-inflamasi, tetapi membantu untuk menghilangkan racun dari hati, mencegah adhesi trombosit, mengurangi risiko penggumpalan darah, perkembangan aterosklerosis dan penyakit jantung koroner. Selain itu, menurunkan kolesterol serta mengurangi kadar lemak darah.

Kayu Manis: Menyehatkan Otak


Dalam sebuah penelitian yang baru diterbitkan beberapa minggu lalu dalam jurnal elektronik Neuroimmune Pharmacology, para peneliti dari University of Roche di Chicago mengklaim bahwa bumbu masak membantu memori dan meningkatkan kemampuan belajar. Setelah memberi makan tikus laboratorium selama sebulan di kayu manis, mereka menemukan bahwa memori dan pembelajaran tikus dengan kemampuan belajar rendah meningkat ke kemampuan belajar yang baik.

Ada juga sebuah penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu di Perancis menemukan bahwa kayu manis dapat membantu orang yang menderita obesitas. Lemak perut adalah lemak peradangan yang mempengaruhi pembuluh darah, jantung dan sistem lain di dalam tubuh. Ketika insulin resisten, insulin tidak dapat memasukkan gula ke dalam sel menyebabkan gula mulai menumpuk di dalam darah sehingga membuat tingkat produksi lemak meningkat. Kayu manis menyeimbangkan kadar gula darah, menghasilkan lebih sedikit gula dalam aliran darah.

Jahe untuk Sistem Pencernaan


Salah satu bahan yang paling penting dan berpengaruh dalam meredakan sakit perut dan menenangkan sistem pencernaan adalah jahe. Akar jahe pun populer yang kemudian digunakan untuk melawan mual. Selain itu juga efektif untuk wanita hamil pada trimester pertama.

Tidak hanya itu,  akar jahe mampu meningkatkan sirkulasi dan metabolism tubuh. Dapat pula memengaruhi pola makan dan memberikan kulit Anda penampilan yang lebih bercahaya.

Saffron: Meningkatkan Mood


Saffron dijuluki sebagai bumbu dapur paling mahal di dunia, namun ia dinilai mempunyai banyak manfaat. Ekstrak saffron juga membantu meningkatkan serotonin dalam tubuh, yang dianggap sebagai hormon kebahagiaan.

Selain itu, saffron juga kaya akan antioksidan yang membantu tubuh melindungi diri terhadap ancaman terhadap imun, seperti kanker dan berbagai infeksi. Selama bertahun-tahun telah digunakan untuk mengobati masalah pernapasan seperti batuk, emfisema, asma dan dahak. Serta untuk mengobati masalah sehari-hari seperti insomnia, gas, depresi, nyeri ulu hati dan nyeri saat haid.

Cabe Merah: Membakar Lemak


Terbukti melalui penelitian bahwa makan capsaicin (cabe merah) atau bahan alami yang dihasilkan dari lada mampu meningkatkan rasa kenyang, mengurangi jumlah kalori dan asupan lemak dalam makanan. Juga ditemukan bahwa makan capsaicin dapat meningkatkan jumlah energi yang kita keluarkan dan oksidasi jaringan lemak dan dengan demikian dapat mencegah penambahan berat badan.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Latest posts by Putri (see all)

Leave a Reply