Culinary

5 Bentuk Roti yang Paling Populer di Dunia

bread-assortment

Menurut Lifehacklane.com, salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia adalah roti. Bayangkan dunia ini tanpa roti. Tidak akan adanya sandwhich, burger, cemilan roti manis dan bahkan menu sarapan Anda. Makanan yang satu ini memang sangat penting dalam kehidupan kita. Sebagai salah satu sumber energi, roti juga enak banget untuk dijadikan cemilan sore, pendamping sup dan pasta.

Berbicara mengenai cemilan sore, kamu sudah beli promo terbaru MOKADO kami belom? Buat kamu yang sedang ingin roti manis atau asin, dengan beraneka rasa dengan harga yang hemat, promo MOKADO bersama Breadlife DI SINI patut kamu coba! Diskonnya 50% lho elevenian!

Nah, sembari pesan roti kesukaan kamu, berikut adalah beberapa cerita mengenai 5 bentuk roti yang terkenal dari berbagai negara. Ini dia!

  1. English Muffin – Inggris
Foto diambil dari delightandbe.com
Foto diambil dari delightandbe.com

The English Muffin adalah roti khas negara Inggris yang berbentuk bulat, bertekstur lembut dan biasanya dijadikan menu sarapan yang sehat dan lezat. English muffin biasanya dibelah dua dan diisi dengan berbagai macam toping. Ada banyak cara menikmati English Muffin. Kamu bisa memilih asin atau manis. Bisa dinikmati dengan teh atau kopi. Cara yang paling tradisional adalah dengan butter dan teh hangat. Namun, kamu juga bisa menikmatinya dengan cara menambahkan telor, daging ayam dan juga sayur-sayuran.

  1. Boguette – Prancis
Photo diambil dari Food52.com
Photo diambil dari Food52.com

Berbentuk panjang, salah satu roti khas negara Prancis ini sudah dikenal di seluruh dunia. Meski terkenal dari negara Prancis, nama “Boguette” berasal dari Bahasa Latin yaitu baculum yang kemudian menjadi baccheto (dalam Bahasa Itali) yang memiliki arti “batang”. Dengan teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam, roti Boguette biasanya dinikmati dengan butter. Roti ini juga biasanya digunakan untuk garlic bread, sandwhich dan sebagai pendamping sup.

  1. Chapatti – India
Foto diambil dari bbc.co.uk
Foto diambil dari bbc.co.uk

Roti yang satu ini adalah jenis flatbread dari India yang enak banget jika dipasangkan dengan menu kari khas India. Chapatti juga bisa dipasangkan dengan aneka lauk lainnya seperti Ayam Tandoori, daging kambing dan juga sapi. Oleh karena jenis rotinya yang tipis dan bundar, cara pembuatannya tidak menggunakan oven untuk dipanggang. Mereka justru ditaruh di dalam tempat pembakaran untuk agar matang. Chappati juga meruakan jenus roti yang lebih sehat karena pembuatannya yang menggunakan sedikit minyak.

  1. Pretzel – Itali/German/Amerika
Foto diambil dari http://www.milwaukeepretzel.com/
Foto diambil dari http://www.milwaukeepretzel.com/

Bentuk cemilan ini kabarnya berasal dari Itali dari tahun 610 SM. Awal cerita dari Pretzel dari para Monks yang membuat roti dengan bentuk seperti tangan dilipat. Banyak juga cerita yang mengatakan bahwa Pretzel datang dari negara German. Kabarnya, nama “Pretzel” datang dari kata “Bretzel”. Resep ini kemudian tersebar hingga ke Amerika. Pretzel yang memiliki tekstur lembut dan empuk ini akhirnya populer di negara Amerika. Selain dalam bentuk roti, Pretzel juga tersedia dalam bentuk kripik.

  1. Tortilla – Mexico
Foto diambil dari Daily Express.com
Foto diambil dari Daily Express.com

Roti jenis ini berasal dari Mexico. Berbentuk bulat dan bertekstur lembut, Tortilla adalah salah satu bahan dasar untuk segala macam makanan pokok di Mexico. Roti inilah yang biasanya menjadi teman untuk menu-menu khas Mexico seperti taco, fajitas, burritos dan wraps.

Share

Leave a Reply