MEDIA ROOM

4C dalam Komunikasi E-commerce: Concept, Content, Channel, Comment

VP Marketing elevenia_Madeleine Ong de Guzman

Jakarta, 29 April 2016 – Dalam dunia e-commerce, Inovasi memang sudah tak asing lagi. Berbagai inovasi ditawarkan oleh banyak pemain e-commerce. Namun bagi elevenia, salah satu inovasi itu adalah bagaimana mengkombinasikan media konvensional dan digital agar selaras, yang akan menjadi dukungan utama dalam perkembangan bisnis.

Bertempat di Indonesia E-commerce Summit & Expo 2016, di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang, Vice President Marketing elevenia, Madeleine Ong de Guzman menyampaikan bahwa ada komponen 4C yang perlu dipahami dalam bentuk komunikasi dasar, yang menyangkut pada pengembangan merk, terutama e-commerce: Concept, Content, Channel dan Comment. “Keempatnya saling berpengaruh dan mendukung satu sama lain, terutama dalam mengembangkan komunikasi sebuah brand kepada publik,” ujar Madeleine menambahkan.

Baik media konvensional dan digital, keduanya memiliki keseimbangan antara kualitas dan kuantitas, yang sangat bisa diukur melalui channel masing-masing. Pastinya, setiap channel memiliki tujuan masing-masing, mulai dari melebarkan pesan mengenai elevenia hingga banyaknya kunjungan sampai dengan transaksi yang terjadi.

Ditambahkan lagi bahwa salah satu strategi lainnya adalah dengan adanya integrasi dari setiap media yang digunakan. Ketika media konvensional memberikan pengetahuan mengenai elevenia yang selanjutkan akan diteruskan oleh media digital dalam menghadirkan kunjungan serta transaksi, selanjutnya keseluruhan aktifitas ini akan dibagi melalui media sosial, untuk menghasilkan share of voice yang lebih banyak lagi.

“Kami percaya, dengan adanya pemahaman konsep dari 4C tadi, dan juga integrasi yang baik dalam semua media, akan memberikan hasil yang maksimal dalam perjalanan bisnis sebuah brand, terutama e-commerce,” ujar Madeleine menutup pembicaraan.

 

Share

Leave a Reply