Culinary

4 Resep Mie Aceh Yang Bisa Ditiru Dengan Mudah

Jangan Lupa Share ya

Sebagai orang rantau asli Aceh, mungkin seringkali dibuat rindu dengan makanan yang satu ini. Tentu gak kebayang kalau ke Aceh hanya karena rindu dengan rasa mie Aceh ini. Terutama para mahasiswa rantau yang uang bulanan nya pas – pasan, bisa – bisa akan tidak akan cukup tabungannya jika harus bolak – balik ke Aceh. Belum lagi untuk biaya hidup dan pembayaran kuliahnya. Mie Aceh mungkin aka selalu mengingatkannya kepada para keluarganya yang ada di Aceh, dengan rempah – rempah khas Aceh yang memiliki keunikan rasa tersendiri dan mungkin sangat sulit di temukan di beberapa daerah dan kota lain di Indonesia.

Meskipun begitu, tidak perlu di ambil pusing. Di era globalisasi kali ini, Anda akan sangat mudah mengatasi kegalauan apabila jauh dari keluarga karena merantau dan rindu masakan ibu. Anda bisa melakukan video call kepada ibu, lalu memasaknya sendiri atau Anda bisa membrowsing sneak resep sederhana dan mudah untuk membuat mie khas Aceh. Dengan dua hal tersebut, setidaknya akan menjadi solusi yang baik untuk Anda. Jika Anda kurang yain, maka Anda bisa mencobanya terlebih dahulu.

Mie Aceh

Mie khas Aceh kini tidak hanya bisa dibuat atau di rasakan di Aceh. Hal ini karena sudah banyak orang yang mulai cerdas dan kreatif serta lebih up to date sehingga bisa membuat mie Aceh dimanapun berada. Mie Aceh ini kini tidak hanya bisa dibuat oleh orang asli Aceh. Semua orang akan dengan mudah membuat mie Aceh tanpa harus jauh – jauh ke tanah Aceh. Hanya dengan berjibaku dengan aneka kumpulan resep yang ada di Internet.

Resep Mie Aceh

Berikut ini adalah beberapa kumpulan resep mudah dan sederhana membuat mie khas Aceh.

  • Resep Mie Aceh Sederhana.

Bahan : Mie kuning, seikat sawi hijau, seikat daun sop, seikat daun bawang, sebungkus penyedap rasa, cabai merah halus, kecap manis, merica bubuk. 3 siung bawang merah dan bawang putih serta setengah gelas air putih.

Caranya : Tumis bawang merah dan bawang putih dan cabai halus. Tunggu sampi wangi, masukkan kecap manis, tuang air setengah gelas. Tumis sawi tunggu hingga matang, setelah itu masukkanlah mie kuning dan merica bubuk serta penyedap rasa. Tunggulah beberapa menit hingga kuah menjadi kental. Angkat, lalu siap disajikan.

  • Resep Mie Aceh Spesial.

Bahan : 4 buah daging sausages herbal Turk, 3 buah telur ayam, 3 helai kol, segenggam tauge, 2 bungkus mie kering, minyak goreng daun bawang, 2 buah tomat, bawang goreng, kecap manis, gula, garam dan air.

Bumbu halus : bawang Bombay, bawang putih 4 buah, kemiri 3 butir, kapulogo 4 butir, kunyit bubuk 1 sdm, lada bubuk 1 sdm, jintan bubuk 1 sdt, kayu manis 1 sdt, cabe rawit sesuai selera.

Caranya : Orak arik telur dengan sosis, tumis bumbu halus, tambahkan air masukkan kol, tauge, dan mie rebus, tambahkan kecap, gula dan garam. Aduk hingga rata, masukkan tomat dan daun bawang, mie siap di tiriskan dan dihidangkan dengan kerupuk bertabur bawang goreng kriuk.

  • Resep Mie Aceh Udang.

Bahan : Udang, mie kuning, tauge, kol, sawi, minyak sayur, air, telur, garam, gula, kecap manis, saos sambal bawang merah.

Bumbu halus : bawang merah, bawang putih, cabai keriting dan cabai merah.

Caranya: Panaskan minyak, masukkan semua bumbu halus, masukkan udang sampai matang. Setelah itu, tambahkan air, telur, kol, tauge dan sawi setengah matang. Tambahkan garam, gula, kecap manis dan saos tomat. Ratakan semua bumbu, kemudian siap dihidangkan.

  • Resep Mie Aceh

Bahan : Daging ayam, mie kuning, tauge, kol, daun bawang, bawang merah dan bawang putih, merica, jinten, timat, cabai merah. Kemiri dan kecap manis.

Caranya : Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, merica, kemiri, jintan dan tomat. Tumis daging ayam, masukkan bumbu halus. Jika sudah wangi, tambahka kol, tauge dan air serta garam, kecap dan gula. Apabila sayuran sudah mulai setengah matang, masukkan mie kuning cabe rawit dan daun bawang. Tunggu sampai matang, rasakan lalu hidangkan.

Nah, itulah beberapa resep dari mie Aceh. Bagi Anda para pecinta mie Anda bisa mencoba resep mie Aceh di atas. Dan bagi Anda para perantau yang rindu akan mie Aceh, Anda pun kini bisa membuatnya di sendiri tanpa harus jauh – jauh pergi ke kampung halaman. Cobalah resep tersebut untuk mengobati rindu Anda terhadap masakan rumah. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply