Gadget /Komputer

4 Perbedaan Mediatek dan Snapdragon yang Belum Banyak Diketahui

Jangan Lupa Share ya

Tidak dapat di pungkiri lagi bahwasanya di dunia yang sudah di kuasai oleh teknologi ini penggunaan smartphone semakin hari semakin menjadi saja. Bahkan, setiap orang seolah-olah sudah sangat membutuhkannya sebagai salah satu kebutuhan wajib. Perkembangan kecanggihan smartphone sendiri tidak dapat di pungkiri sangatlah pesat sehingga bisa menjadi alat digital multifungsi.

Berbicara mengenai smartphone, tentu saja Anda tidak asing dengan istilah mediatek dan snapdragon. Apalagi jika Anda sedang baca-baca dan cari tahu mengenai spesifikasi ponsel. Nah, untuk setiap smartphone ada banyak chipset yang di gunakan. diantaranya adalah snapdragon dan mediatek tersebut. Keduanya merupakan produk dari dua perusahaan ternama yang chipsetnya paling d minati.

Kehadiran mediatek dan snapdragon ini tentu saja memiliki perbedaan khusus. Apalagi mengingat perusahaan yang mengeluarkannya juga berbeda. Lalu, apa perbedaan media tek dan snapdragon ini? Nah, kini Anda pasti sudah penasaran bukan dengan ulasan masing-masing keduanya. Untuk itu, langsung saja Anda simak ulasannya berikut ini.

Perbandingan GPU

Yang pertama menjadi perbedaan antara snapdragon dan mediatek ini tidak lain adalah GPU nya yang hadir dengan kekuatan berbeda. GPU sendiri merupakan pengolah grafis utama dalam smartphone. Oleh karena itulah aspek ini sangat penting. Perbedaannya antara yang ada di mediatek dan yang ada di snapdragon pun tentu saja merupakan hal yang tergolong penting juga.

Nah, kalau untum GPU yang ada di mediatek sebenarnya tidak dapat di pungkiri jika kekuatannya lebih lemah di bandingkan snapdragon. Namun, untuk snapdragon ini membutuhkan alokasi RAM yang lebih besar di bandingkan dengan mediatek. Meski demikian, bagi Anda yang mencari smartphone dengan kemampuan grafis tinggi, maka snapdragon merupakan pilihan yang tepat.

Selanjutnya, masih berkaitan dengan GPU, dalam hal ini untuk bekal VRAM pada keduanya juga berbeda. Kalau mediatek, sudah memiliki memori khusus yang di gunakan dalam pengolahan grafis. Sedangkan untuk snapdragon masih menggunakan RAM inti dari ponsel.

Perbandingan Prosesor

Selain GPU, tenyata kedua jenis ini memiliki perbedaan prosesor. Dalam hal ini perbedaan mediatek dan snapdragon untuk prosesor, snapdragon relatif lebih unggul di bandingkan dengan mediatek. untuk snapdragon ini memiliki dapur pacu yang lebih optimal dan di buka untuk publik. Jadi, jika Anda ingin mencari kode atau semacamnya, bisa di akses melalui internet. Dan keoptimalannya yang lebih unggul tentu saja membuatnya semakin berkualitas.

Sedangkan untuk variasi produknya, sejauh ini sudah banyak menghasilkan variasi baik mediatek maupun qualcomm. Namun, mediatek lebih fokus pada pengembangan prosesor dengan banyak inti. Memang ini bisa menjadi kelebihan tersendiri. Namun tidak dapat di pungkiri juga bahwa jika memiliki banyak core akan membuatnya membutuhkan lebih banyak daya.

Perbandingan Multimedia

Multimedia yang di maksudkan di ini tidak lain adalah kaitannya dengan kamera dan video. Aspek tersebut tentu saja merupakan aspek penting yang harus di bahas dan harus Anda ketahui. Dalam hal ini sebenarnya snapdragon menawarkan multimedia yang kualitasnya sangat tinggi dan sudah siap memenuhi berbagai kebutuhan Anda. Hal ini mengingat julukannya yang merupakan si lengkap karena senantiasa menggunakan fitur-fitur terbaru yang telah dirilis. Hal ini termasuk dalam penggunaan fitur kamera maupun video recorder.

Lain halnya dengan mediatek, fitur yang di tawarkannya tak selalu baru dan mediatek tidak banyak memperhatikan masalah ini. Hal ini karena mediatek cenderung lebih konservatif dalam menentukan aspek multimedianya. Namun, satu hal yang perlu Anda ketahui dalam hal ini adalah, baik mediatek maupun snapdragon user interfacenya tidak banyak berbeda selama sistem operasinya masih sama.

Perbandingan Harga

Setelah membahas mengenai berbagai penawaran menarik keduanya sekaligus berbagai perbedaan yang di miliki, tidak dapat di pungkiri jika banaknya perbedaan tersebut akan membuat harga yang di tawarkannya pun sama. Secara umum, dengan multimedia yang lebih canggih, tentu saja tidak heran jika snapdragon banyak di jual dengan harga yang lebih tinggi di kelas yang sama sengan mediatek. Namun, tidak jarang juga dengan spesifikasi yang sama harganya pun hampir mendekati. Bahkan di beberapa produk, harga keduanya tidak bisa di analisis mana yang lebih mahal dan mana yang lebih murah karena sering tumpang tindih.

Itulah beberapa ulasan mengenai perbedaan mediatek dan snapdragon yang perlu Anda ketahui. Nah, setelah mengetahuinya, kini Anda bisa cek ponsel pilihan Anda menggunakan yang mana dan lihat apa saja keunggulannya. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply