Gadget /Komputer

4 Perbedaan Hosting Dan Domain yang Harus Kamu Ketahui

Jangan Lupa Share ya

Berbicara mengenai dunia programmer, tentu saja banyak sekali hal rumit yang tercakup di dalamnya. Salah satunya adalah urusan yang berkaitan dengan hosting dan domain. Kedua aspek ini tentu sangatlah penting untuk di gunakan di dunia tersebut. Namun, saat ini masih sangat sedikit orang yang mengenal jauh tentang keduanya. Oleh karena itu jika Anda salah satu orang yang banyak berperan di dunia tersebut, sebaiknya mulai mempelajarinya dari sekarang.

Meskipun sering di sebutkan secara bersamaan, namun tidak dapat di pungkiri jika kedau hal ini memiliki perbedaan yang significant. Namun tetap saja saling berhubungan. Lalu, apa sih perbedaan hosting dan domain dalam dunia digital? Nah, jika Anda penasaran, jangan khawatir karena jawabannya ada di sini. Dan untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak ulasan berikut ini.

Pengertian Hosting

Hosting ini tidak lain adalah nama bagi sebuah tempat di mana website akan di letakkan. Dalam hal ini untuk lebih mudah di pahami, maka Anda bisa ibaratkan bahwa website adalah rumah. Nah, jika website di ibaratkan sebuah rumah, maka hosting adalah tanah di mana rumah tersebut telah di bangun. Dalam hal ini di hostinglah tempat menyimpan semua file yang di website Anda. Oleh karena itu hosting menjadi salah satu aspek penting dalam duia programmer.

Dalam hal ini sebagai penyimpanan, tentu saja hosting haruslah terus aktif selama 24 jam sehingga segala aktivitas di website Anda tidak akan ada masalah. Nah, untuk menjaminnya, maka Anda pun harus berpikir hal tersebut sebelum Anda membuat website, yakni dengan membeli hosting yang ada jaminannya aktif selama 24 jam. Mengapa harus demikian? jawabannya adalah karena yang mengendalikan hosting ini adalah server. Jadi, jika hosting Anda tidak berkualitas tinggi, maka saat server down, website pun tidak akan bisa di buka.

Lebih jauh lagi, ketika nanti Anda sudah mendapatkan hosting, maka akan mendapatkan serta akses cPanel hosting. Akses ini akan berguna untuk pengelolaan hosting maupun domain. Katakan saja salah satunya seperti dalam pembuatan subdomain, hosting web dan sejenisnya.

Pengertian Domain

Setelah mengenal lebih jauh apa itu hosting, kini saatnya Anda pun mempelajari apa yang di maksud dengan domain. Domain ini adalah alamat website. Jadi ibarat rumah domain adalah ibarat alamat rumah Anda. domain juga merupakan salah satu bagian penting dari sebuah website karena tanpa adanya domain, maka website Anda tak akan bernama.

Dalam hal ini domain ada dua yakni yang gTLD dan ccTLD. Domain Gtld. Untuk jenis pertama merupakan domain global yang tidak ada syaratnya sama sekali. Katakan saja seperti domain .com, .org dan lain sebagainya. Lain halnya dengan yang ccTLD, domain ini merupakan domain khusus indonesia yakni id. Sedangkan untuk penggunaannya, domain tersebut memiliki syarat tertentu.

Tentang Pembelian Tunggal Hosting Dan Domain

Setelah mengenal perbedaan hosting dan domain terbaik, kini saatnya kenali bagaimana pembeliannya. Dalam hal ini tentu saja Anda harus membeli hosting dan domain sekaligus. Namun, dalam hal ini sering muncul juga pertanyaan apakah bisa membeli domain saja tanpa hosting, atau hosting saja tanpa domain. Sebenarnya jawaban dari pertanyaan ini adalah bisa-bisa saja. Akan tetapi jangan sampai lupa bahwa dalam website, tidak hanya salah satu tetapi keduanya harus di miliki. Namun, Anda tetap bisa memilki website juga tanpa harus membeli keduanya. Hal itu nantinya akan membutuhkan pengaturan khusus.

Banyak Penawaran Beli Hosting Gratis Domain

Dalam penjualannya, hosting dan domain ada yang di jual terpisah dan ada juga yang di jual dalam satu paket. Nah, jika Anda adalah seorang pemula di dunia programmer ini, maka pasti merasa ribet jika ingin melakukan pemesanan masing-masing secara terpisah. Oleh karena itu akan lebih mudah dan simpel jika Anda melakukan pembelian langsung satu paket. Bahkan, dalam hal ini Anda akan semakin mudah karena banyak penawaran beli hosting saja akan gratis domain.

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan hosting dan domain terbaik dan wajib untuk Anda ketahui sebagai seorang programmer. Nah, kesimpulannya adalah, jika website di ibaratkan sebagai rumah, maka hosting ini diibaratkan sebagai petakan tanah yang di kotak-kotak untuk pembangunan rumah. Sedangkan domainnya adalah alamat rumah tersebut sehingga bisa di kunjungi dengan mudah. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply