Home /Food

4 Perbedaan Baking Soda Dan Soda Kue

Anda suka berkarya di dapur dan membuat beragam jenis kue? bagi Anda yang memang memiliki hobby memasak kue, tentu saja tidak asing bukan dengan nama baking soda dan soda kue. keduanya adalah bahan yang banyak di gunakan untuk berbagai keperluan khususnya pembuatan kue. Bahkan bahan-bahan tersebut tergolong sangatlah penting untuk di campurkan.

Meski terdengar hampis sama, sejauh ini banyak yang kebingungan apa yang membedakan antara keduanya. Apalagi ketika sedang berbelanja, banyak yang mulai bertanya-tanya sebenarnya apa perbedaan baking soda dan soda kue. Baik dari segi fungsi dan bahannya. Sehingga mereka yang ingin membeli pun bertanya-tanya harus memilih yang mana.

Nah, jika Anda termasuk yang suka kebingungan dalam membedakan antara baking soda dan soda kue, jangan khawatir karena Anda bisa mendapatkan penerangannya di sini. Dan agar rasa kebingungan Anda segera terjawab, langsung saja Anda simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Baking Soda Dan Soda Kue?

Dalam mempelajari sesuatu, maka Anda pun harus runtut. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika pembahasan kali ini pun di awali dengan sebuah pengertian antara baking soda dan soda kue. Baking soda tidak lain adalah soda yang biasanya di gunakan dan di campurkan dalam pembuatan beragam kue sehingga hasil kuenya bisa renyah dan bisa mengembang.

Baking soda memang sangat bermanfaat ketika Anda sedang dalam proses pembuatan kue. Oleh karena itu, ketika Anda sedang belanja bahan-bahan kue maka jangan sampai lupa untuk membelinya. Tanpa baking soda, maka kue Anda mungkin akan ada yang salah dan hasilnya tidak seperti apa yang Anda inginkan.

Setelah mengenal apa itu baking soda, kini saatnya Anda mengetahui lebih lanjut mengenai soda kue. Nah, soda kue ini merupakan makna dari baking soda sendiri. Jadi, jika Anda sudah memahami apa itu baking soda maka Anda pun sudah mengetahui pula apa itu soda kue.

Lalu, Di Mana Titik Perbedaannya?

Jika Anda membaca poin sebelumnya tentang pengertian di mana baking soda dan soda kue memang memilik pengertian yang sama, mungkin Anda akan semakin bingung. Namun secara jelas perlu Anda ketahui bahwasanya perbedaan baking soda dan soda kue hanya dalam bahasa penyebutannya.

Baking soda atau sodah kue ini isinya sama. Hanya saja baking soda di sebut dengan bahasa Inggris sedangkan soda kue di sebut dengan bahasa Indonesia. Sedangkan ketika di terjemahkan, maka baking soda artinya pun adalah soda kue. Jadi, setelah mengetahui bahwa tidak ada perbedaan baking soda dan soda kue, kini Anda tidak perlu bingung lagi.

Cara Kerja Baking Soda Atau Soda Kue

Baking soda atau soda kue ini adalah bahan yang berfungsi untuk membantu fermentasi. Jadi untuk kue-kue yang menggunakan adonan basah memang sangat membutuhkan baking soda tersebut. Setelah di campurkan dalam adonan, maka baking soda akan bekerja untuk melakukan fermentasi sehingga akan membuatnya bertahan lebih lama. Selain itu, soda kue ini juga akan membuatnya semakin mengembang. Hal ini karena soda akan melepaskan gelembung-gelembung co2 sehingga kue pun naik dan mengembang.

Daftar Manfaat Soda Kue

Selanjutnya, perlu Anda ketahui bahwasanya baking soda ternyata sangatlah bermanfaat untuk berbagai hal. Baik itu dalam hal kecantikan maupun kesehatan. Manfaatnya bisa mengurangi flek hitam, membuat wajah semakin cantik, bahkan hingga masalah jerawat. Namun, perlu Anda ketahui bahwa menggunakannya secara langsung di wajah tidaklah di anjurkan.

Sejauh ini memang banyak yang sudah menggunakannya. Akan tetapi, pada dasarnya dokter pun melarang penggunaannya tanpa ada petunjuk resmi yang benar. Hal ini pun sebaiknya Anda patuhi untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Meski hasil yang di dapat pun memang bisa di lihat secara langsung, namun jangan lupa bahwa pasti ada efek samping di balik penggunaannya. Dan yang di waspadari dari pelarangan tersebut tentu saja adalah efek samping ini.

Demikianlah ulasan mengenai perbedaan baking soda dan soda kue yang perlu Anda ketahui dan tidak perlu Anda bingungkan lagi. Pada dasarnya, bisa di simpulkan bahwasanya kedua nama ini memiliki arti maupun wujud dan fungsi yang sama. Hanya saja memang di sebutkan dalam bahasa yang berbeda. Jadi, ketika Anda di supermarket dan menemukan keduanya, silahkan pilih salah satu saja. (elevenia)

Leave a Reply