Beauty & Health

4 Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Akibat Sinusitis

Jangan Lupa Share ya

Tahukah Anda pilek secara berkepanjangan, hidung tersumbat, disertai dengan sakit kepala yang berkepanjangan adalah salah satu gejala sakit sinusitis. Tentu saja, sinusitis bukanlah suatu penyakit yang bisa dianggap remeh. Sakit yang luar biasa akan dirasakan di sekitar mata, pipi, dan juga dahi. Lalu apa sih penyebab utama yang menyebabkan seseorang terserang penyakit sinusitis? Apakah penyakit ini bisa disembuhkan dengan cepat? Untuk mengetahui jawaban dari kedua pertanyaan tersebut, mari kita simak dibawah ini!

Penyebab Sinusitis Yang Penting Diketahui

Mengenai penyakit sinusitis, banyak pula orang yang terserang karena terinfeksi virus biasa seperti virus flu. Flu akan menyebar pada rongga sinus dari saluran pernapasan bagian atas, kemudian menyebabkan dinding sinus atau ruang kecil yang terdapat pada tengkorak mengalami peradangan. Jika sinus mengalami  pembukaan, bagian hidung akan mengalami sumbatan yang akhirnya menjadikan tekanan di dalam sinus. Gejala yang ditimbulkan akibat sinusitis ini adalah sakit kepala dalam waktu yang lama, sedikit demam, tenggorokan terasa sakit, dan hidung tersumbat.

Sakit kepala yang disebabkan oleh sakit sinusitis tidak beda jauh dengan migraine, selain rasa yang tertekan di bagan wajah, dan terkadang sembuh dengan sendirinya. Jika sinusitis sudah cukup ganas, maka bisa juga menyebabkan muntah dan sangat sensitive dengan cahaya. Cukup menakutkan dan merugikan bukan? Jika sudah terserang sinusitis ini adakah cara tepat untuk menyembuhkannya? Nah, berikut ini adalah 4 cara menyembuhkan sakit kepala akibat sinusitis yang cukup manjur!

4 Cara Menyembuhkan Sakit Kepala Akibat Sinusitis

  1. Minum Obat Anti Nyeri

Pernahkah Anda menjumpai sebuah obat yang berfungsi khusus untuk menyembuhkan nyeri? Kebanyakan obat nyeri yang sering ditemui adalah kortikosteroid dan obat penghilang rasa sakit seperti acetaminophen, ibuprofen, dan lain sebagainya. Dengan meminum obat anti nyeri, rasa nyeri yang menyerang bisa sedikit di minimalisir dan jika gejala sinusitis belum terlalu parah, bisa sembuh dengan sendirinya setelah rutin meminum obat anti nyeri ini! obat nyeri bisa Anda temukan di beberapa apotik terdekat dengan harga yang terjangkau.

  1. Menggunakan alat semprot Hidung

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan ketika gejala sinusitis terlihat semakin parah dan harus ditangani lebih lanjut. Cara yang tepat adalah dengan menyemprotkan steroid nasal (ingat! Harus sesuai dengan resep dokter) yang berfungsi untuk melembabkan serta mengurangi udara yang ada di sekitar hidung. Jika jalur pernapasan semakin lembab maka gejala sinusitis akan semakin mereda. Begitu pula sebaliknya! Untuk mendapatkan alat semprot hidung Anda bisa dengan cara rutin datang ke dokter spesialis atau bisa juga dengan membeli alatnya sendiri.

  1. Melakukan Penguapan

Cara selanjutnya bisa juga dilakukan dengan melakukan penguapan. Cara ini bisa dilakukan ketika sinusitis yang terjadi kambuh, penguapan juga menjadi cara paling tepat untuk menghilangkan rasa nyeri yang ada di kepala dan beberapa bagian wajah. Membran lendir yang ada pada hidung akan lebih tenang sehingga penyumbatan pada hidung semakin mereda.

Jika Anda belum tahu cara yang tepat untuk melakukan penguapan, Anda bisa melakukannya dengan cara yaitu dengan menyiapkan baskom berisi air panas, kemudian hadapkan baskom di bawah hidung yang posisinya menguapkan ke atas. Jika masih kurang Anda bisa menambahkan minyak daun mint atau minyak kayu putih ke dalam air panas agar lebih menambah rasa sejuk ketika diuapkan. Lakukan cara ini setiap kali rasa nyeri itu kambuh atau bisa juga melakukan cara ini secara rutin agar hasil lebih maksimal.

  1. Operasi

Ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan jika sinusitis yang terjadi pada diri Anda semakin parah dan semakin mengganggu. Namun dari berbagai kasus operasi akibat sinusitis masih sangat jarang terjadi, namun jika memang demikian, para dokter lebih merekomendasikan agar penderita melakukan operasi dalam rangka menghilangkan polip agar sinus yang tertutup menjadi terbuka, selain itu jika polip sudah diambil rasa nyeri yang menyebabkan seseorang sakit kepala tidak akan Anda alami lagi.

Itulah 4 cara menyembuhkan sakit kepala akibat sinusitis yang kami rekomendasikan untuk Anda. Banyak orang yang terkena penyakit ini dan melakukan  cara diatas, sinusitis yang dideritanya semakin membaik dan tidak sampai operasi. Berusahalah untuk menanamkan hidup sehat agar tidak sampai mengalami penyakit yang luar biasa ini. semoga artikel kami di kesempatan kali ini menginspirasi Anda, semoga bermanfaat! (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply