Gadget /Komputer

4 Cara Melacak HP yang Hilang Tanpa Harus Panik

Handphone sudah menjadi barang yang tak bisa ditinggalkan dan sudah menjadi kebutuhan yang penting untuk makhluk sosial. Bahkan anak – anak pun sudah banyak yang menganggap HP (Handphone) itu penting untuk dirinya. Lalu, bagaimana ketika handphone mu hilang? Sudah pasti kamu akan panik, apalagi jika itu adalah handphone satu – satunya yang kamu miliki dan terdapat banyak data penting yang tidak boleh hilang. Kehilangan handphone bisa dengan berbagai penyebab, bisa karena dicuri, jatuh, ketinggalan, dan lain sebagainya. Kamu yang sedang kehilangan handphone jangan dulu panik, karena di zaman yang modern ini sudah banyak aplikasi dan teknologi yang dapat membantu dalam melacak dan menemukan HP yang hilang.

4 Cara Melacak HP Hilang Dengan dan Tanpa Aplikasi

Cara Melacak HP Hilang dengan Aplikasi Android

Aplikasi adalah salah satu cara yang mudah untuk dilakukan dalam membantu aktifitas HP kita. Sekarang sudah banyak aplikasi yang dapat melacak keberadaan hp yang hilang, entah itu hilang karena dicuri, ataupun karena terjatuh. Beberapa contoh aplikasi tersebut adalah Hidden Eye dan Lockwatch.

Cara Melacak HP Hilang dengan Android Device Manager

Dengan cara ini kamu harus menggunakan bantuan aplikasi Android Device Manager atau Find My Device. Jika ada kamu tinggal mengikuti langkah – langkah berikut ini,

  • Buka aplikasinya, lalu Login menggunakan akun Gmail (google) kamu.
  • Maka HP kamu akan secara otomatis terlacak dimana lokasi keberadaannya.
  • Untuk menemukan letak HP, kamu bisa pilih untuk mengunci atau membunyikan HP kamu. Hal tersebut, bisa berguna untuk memudahkan kamu dalam menemukan dan bisa juga untuk sekadar membuat si pencuri panik jika itu memang dicuri.

Cara Melacak HP Hilang Menggunakan Google Maps

Nah, ada alternatif lain untuk melacak HP yang hilang. Yaitu, dengan menggunakan GPS dan fitur Google yang ada di HP kamu. Di bawah ini langkah – langkahnya:

  • Buka situs www.google.com/android/devicemanager pada komputer atau perangkat lain (smartphone/tablet) yang kamu miliki, lalu kamu Login dengan akun Gmail kamu.
  • Selanjutnya kamu klik Accept atau Terima.
  • HP kamu pun akan terlacak.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan Akun Gmail

Hal yang perlu kamu pastikan adalah kamu harus ingat email dan kata sandi akun google kamu.

  • Kamu buka Gmail di browser kamu, disarankan menggunakan Google Chrome. Untuk lebih efektif lebih baik kamu menggunakan HP cadangan kamu atau jika tidak ada kamu bisa meminjam HP saudara atau teman kamu yang ada.
  • Masukkan alamat email kamu.
  • Kemudian masukkan kata sandi (password) akun google kamu.
  • Masuk ke halaman Akun Saya, lalu scroll sedikit ke bagian bawah. Pilih Aktivitas & peristiwa keamanan perangkat.
  • Kemudian kamu pilih Tinjau Perangkat.
  • Selanjutnya kamu pilih merk atau tipe HP kamu yang hilang. Misalkan, Oppo A37f maka saya tinggal klik Oppo A37f.
  • Setelah kamu klik merk atau tipe HP kamu yang hilang, kemudian kamu pilih Kehilangan perangkat ini?.
  • Nanti kamu akan diminta verifikasi, maka kamu tinggal masukkan kembali password akun kamu. Setelah itu pilih Next.
  • Kemudian pilih Temukan untuk melacak HP android kamu yang hilang.
  • Kamu akan diminta untuk memasukkan passwoed akun google kamu, maka kamu masukkan kemudia pilih Next.
  • Kamu akan melihat lokasi HP kamu saat itu secara detail. Lalu gunakan kedua jari kamu untuk melihat lokasi lebih dekat.
  • Kamu datangi lokasi tersebut, lalu saat kamu tiba di lokasi kamu pilih Putar Suara agar HP kamu berbunyi dengan keras. Kamu tinggal cari dimana letak HP kamu yang hilang dengan mengikuti suara dari HP kamu.

ketika kamu menekan tombol Putar Suara kamu harus bergegas mencarinya, karena jika HP kamu berada di tangan seseorang, bisa saja suara tersebut akan dimatikan oleh orang tersebut. Jika hp kamu hilang karena tertinggal dan belum ada yang menemukannya dengan menekan putar suara, hp kamu akan berbunyi selama 5 menit jadi akan lebih mudah menemukannya. Akan tetapi jika hp kamu hilang karena dicuri, kamu harus lebih cepat untuk menemukannya.

Untuk menemukan hp kamu yang hilang karena tertinggal itu memilik kemungkinan lebih besar, tapi jika hilang dan ditemukan oleh orang jahat maka akan sulit untuk menemukannya. Jika HP kamu dicuri, itu yang lebih sulit ditemukan. Tapi tidak salah jika kamu mencoba melacak HP kamu yang hilang, siapa tahu memang masih rezeki kamu. Yang pasti jangan dulu menyerah jika HP kamu hilang, apalagi didalam HP kamu ada data – data yang penting. Terus berusaha dengan cara – cara apa saja yang bisa kamu lakukan. Akan tetapi jangan lupa diiringi dengan doa agar Tuhan memberikan kemudahan dan rasa optimis kepada kamu. Semoga beberapa cara di atas dapat bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply