Babies /Kids

4 Bahaya Mandi Bola untuk Kesehatan Anak

Jangan Lupa Share ya

Mandi bola memang menjadi mainan serta hiburan tersendiri bagi anak-anak. Selain menarik, ia juga sangat menyenangkan sehingga tidak jarang orang tua memainkan permainan ini pada sang anak. Anak pun juga sangat senang bermain jenis satu ini. Lokasi permainan mandi bola juga ada di mana-mana dan hampir setiap daerah ada. Bahkan, hampir semua tempat permainan jenis ini ramai dikunjungi oleh pengunjung.

Beberapa Bahaya Mandi Bola untuk Anak yang Penting Diketahui

Permainan satu ini memang dibuka untuk umum. Namun, disamping bisa menyenangkan sang anak, ia juga bisa memunculkan risiko tersendiri yang berbahaya bagi kesehatan anak. Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak sembarangan mengajak anak untuk mandi bola dan pengawasan kepada anak serta permainannya harus lebih ekstra. Nah, untuk semakin meyakinkan Anda akan risikonya, berikut akan diulas mengenai bahaya mandi bola untuk kesehatan sang anak yang penting menjadi perhatian.

Menyebabkan Infeksi Virus dan Juga Bakteri

Bahaya dari mandi bola yang pertama untuk kesehatan anak adalah menyebabkan anak terserang infeksi virus serta bakteri. Infeksi tersebut memang sangat berpotensi untuk menganggu kesehatan anak Anda karena dalam sehari tentu ada banyak anak yang keluar masuk dari wahana mandi bola tersebut.

Sekalipun terkesan berlebihan, Anda harus tetap berhati-hati karena sangat mungkin virus atau bakteri yang ditularkan oleh anak lain masuk ke tubuh anak Anda melalui luka atau bahkan kuku. Dan Anda tentu juga tidak pernah mengetahui kapankah waktu sang penjaga permainan tersebut membersihkan bola-bolanya. Juga tidak tahu apakah dia rajin membersihkan ataukah jarang. Sehingga, Anda harus ekstra waspada dalam hal ini untuk menjaga kesehatan dan keselamatan buah hati tercinta.

Terserang Gigitan Serangga Beracun

Selain itu, mandi bola pada anak-anak juga bisa menyebabkan gigitan serangga yang beracun dan membahayakan anak Anda. Hal ini sering disepelekan oleh para orang tua. Padahal jika dibiarkan bisa berbahaya. Di antara contoh serangga beracun yang kerap menggigit manusia adalah kalajengking, lipan, laba-laba dan masih banyak lagi jenis serangga beracun yang lain. Dan bisa jadi serangga-serangga tersebut bersembunyi disela-sela bola yang ada.

Tanpa Anda sadari, ini pasti bisa mengancam anak Anda yang tengah bermain bola. Sehingga yang awalnya mereka ingn dibuat senang malah terkena sakit karena gigitan serangga. Dan penting untuk diingat sejak awal bahwa jenis-jenis hewan di atas adalah mengandung racun dan tidak langsung menyebabkan rasa sakit saat tergigit. Namun baru akan dirasakan beberapa hari setelahnya. Karena itu, hal ini cukup berbahaya untuk anak.

Menyebabkan Risiko Ketularan Penyakit

Bahaya mandi bola untuk kesehatan sang anak selanjutnya adalah bisa menyebabkan anak tersebut tertular suatu penyakit. Sebagaimana telah diulas sebelumnya bahwa tempat untuk anak-anak mandi bola dimasuki oleh banyak anak tanpa batasan. Sehingga wajar jika di dalamnya akan berkumpul banyak jenis kuman dan juga jenis bakteri. Jika digunakan oleh banyak anak, tentu kebersihannya juga tidak bisa dijamin.

Yang dikhawatirkan lagi adalah jika anak Anda terserag penyakit tertentu dari anak lainnya. Dan bisa jadi juga kolam mandi bola tersebut jarang untuk dibersihkan sehingga menyebabkan anak tertular penyakit dan membahayakan kesehatannya. Dan saat Anda mencoba mengangkat bola tersebut, biasanya bagian bawahnya akan terlihat kotor. Ini menyebabkan risiko tertularnya penyakit pada anak Anda.

Terkena Gigitan Ular

Bahaya yang selanjutnya adalah bisa menyebabkan terkena gigitan dari ular. Hal itu disebabkan karena jenis permainan mandi bola sangat mungkin untuk dijadikan sarang ular. Dan tentunya ular-ular tersebut tidak terlihat karena tertutup oleh bolanya. Dan tidak ada yang dapat memastikan bahwa tempat tersebut aman.

Bisa saja ularnya masuk ke tempat mandi bola ketika dalam kondisi sepi. Anda harus ekstra hati-hati saat mengajak anak bermain mandi bola karena bisa saja anak Anda terkena gigitan ular. Dan tidak semua bisa ular itu mudah disembuhkan, bahkan ada juga yang mematikan sehingga Anda benar-benar harus berhati-hati dalam hal ini untuk menjaga keselamatan anak Anda dari berbagai ancaman yang mengganggunya.

Itulah uraian mengenai bahaya mandi bola untuk kesehatan anak yang penting untuk dijadikan perhatian khusus bagi para orang tua. Dengan mengetahui beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh permainan ini, sebaiknya Anda semakin berhati-hati saat mengajak anak tercinta bermain di jenis permainan ini. Semoga informasi di atas bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply