Religi

3 Amalan Doa Nabi Sulaiman a.s yang Mustajab

Jangan Lupa Share ya

Nabi Sulaiman merupakan seorang nabi yang dianugerahi kekayaan yang melimpah dari Allah SWT. Selain kekayaannya yang sangat melimpah, beliau juga dikenal dengan Raja Segala Makhluk.

Kerajaan Nabi Sulaiman sangat besar, bahkan istananya pun megah berlapis permatan. Selain kekayaan, Allah pun memberikan beliau mukjizat berupa kemampuan untuk mengerti bahasa hewan dan mampu berbicara pada jin. Beliau pun mampu menundukan kedua makhluk Allah tersebut. Apa yang dianugerahkan kepadanya tentu atas izin dan kuasa Allah serta doa – doa yang beliau panjatkan Allah kabulkan.

Di zaman ini tentu banyak orang yang ingin seperti Nabi Sulaiman. Sehingga banyak orang yang ingin mengamalkan doa – doa yang Nabi Sulaiman panjatkan. Tujuannya berbeda – beda, ada untuk meminta atau mengharapkan rezeki yang cukup dan berkah, menundukan hewan buas, atau menyembuhkan orang yang sakit.

Insya Allah kali ini kami berikan doa – doa Nabi Sulaiman yang dapat kamu amalkan dalam kehidupan sehari – hari.

Doa Nabi Sulaiman Untuk Kekayaan

Doa Nabi Sulaiman yang pertama adalah doa yang bisa digunakan untuk memohon rezeki yang halal dari zat maupun cara memperolehnya hingga nantinya akan menjadi keberkahan dalam kehidupan. Jika kamu sedang berada dalam kesulitan, kamu bisa amalkan doa yang terdapat pada Al Quran dalam Surat Shaad ayat 35:

Rabbi ighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii innaka anta lwahhaab”

Artinya: “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi”.

Kamu bisa mengamalkannya di setiap selesai shalat fadhu. Akan tetapi lebih baik lagi kamu amalkan shalat dhuha dan panjatkan doa ini di setiap shalat dhuha yang kamu kerjakan.

Namun, kamu jangan hanya berdoa saja. Akan tetapi kamu harus iringi dengan berusaha, ikhtiar, dan kerja keras. Dengan begitu maka Insya Allah doa kamu akan terkabul. Sejatinya doa adalah pelancar dalam setiap apa yang kita perbuat.

Doa Nabi Sulaiman Untuk Menundukan Hewan dan Mengusir Jin

Dalam Al Quran terdapat kisah sejarah kehidupan Nabi Sulaiman semasa hidupnya yang dianugerahi Allah sebuah mukjizat mampu berbicara dan mengerti bahasa hewan dan jin.

Manusia di zaman sekarang tidak akan ada yang akan mendapatkan mukjizat, karena Allah membeikan Mukjizat hanya untuk Nabi dan Rasul-Nya. Namun kamu bisa mendapat sebuah keistimewaan atau kelebihan yang disebut karamah. Untuk mendapatkannya kamu bisa amalkan doa Nabi Sulaiman yang terdapat pada Al Quran dalam Surat An-Naml ayat 30 dan 31:

“Bismilaahir rahmoonir rohiim. Laa ta’luu ‘alayya wa’tuunii muslimiin”

Artinya : Dengan menyebut nama Allah, Yang Maha Pemurah, lagi Maha Penyayang. Bahawa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku, dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri. Doa di atas dapat dibacakan untuk mengubati orang yang kesakitan.

Kamu bisa mengamalkannya ketika ada orang yang sakit karena gangguan jin dengan membacakannya pada telinga orang sakit itu sambil menekan jempol kaki kanan dan kirinya. Insya Allah atas izin Allah jin yang mengganggu dan merasuki orang itu akan pergi dengan sendirinya. Selain itu, doa ini bisa kamu panjatkan ketika kamu berada dalam bahaya menghadapi hewan buas sambil mempasrahkan diri kepada Allah. Insya Allah hewan tersebut akan tunduk dan pergi. Doa ini sudah terbukti makbul, jadi kamu sebaiknya menghafalkan dan mengamalkannya.

Doa Nabi Sulaiman dalam Bersyukur

Semua anugerah seperti mukjizat, kekayaan, dan kekuasaan yang diberikan kepada Nabi Sulaiman tidak membuat beliau lupa bersyukur kepada yang memberinya. Malah, Nabi Sulaiman selalu berdoa dan memohon agar ia mampu menjaga amanat dan kudratnya sebagai makhluk Allah.

Beliau tidak lupa untuk selalu bersyukur dan memohon kepada sang Khalik agar ia tergolong orang-orang yang pandai bersyukur. Oleh karena itu Allah menambahkan nikmat-nikmat kepadanya.

Sebagai seorang muslim dan muslimah tentu kita patut mencontoh sikap Nabi Sulaiman a.s dalam bersyukur. Bersyukurlah dengan apa yang sudah Allah berikan kepada kita. Karena semakin kita bersyukur semakin Allah berikan nikmat – nikmat yang lain di kehidupan kita.

Bacalah doa nabi Sulaiman untuk bersyukur berikut ini sebagaimana terdapat dalam QS An-Naml ayat 19. Doa Nabi Sulaiman dalam Bersyukur.

“Rabbi awzi’nii an asykura ni’mataka latii an’amta ‘alayya wa’alaa waalidayya wa-an a’mala shaalihan tardaahu wa-adkhilnii birahmatika fii ‘ibaadika shshaalihiin”

Artinya : Ya Tuhanku, berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh.

Nah itulah beberapa doa Nabi Sulaiman a.s yang dapat kamu amalkan. Amalkan doa – doa dan sikapnya dengan penuh pengharapan dan keikhlasan. Sesungguhnya Allah Tahu apa yang kita inginkan dan apa yang terbaik untuk kita. Wallahu ‘alam Bi showab. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply