Religi

17 Keutamaan Shalat Berjamaah yang Perlu Diketahui

Jangan Lupa Share ya

Shalat adalah ibadah yang wajib untuk dilaksanakan oleh seluruh umat muslim, baik shalat sendiri ataupun berjamaah tergantung tatacara dan syariat yang ada. Shalat wajib ada pada lima waktu yaitu shubuh, dzuhur, ashar, magrib dan isya. Dalam melaksankannya kita bisa secara munfarid (sendiri) ataupun berjamaah. Namun ada ketentuannya, bagi laki – laki shalat berjamaah di masjid lebih utama dari pada shalat di rumah sendiri. Sedangkan wanita dianjurkan untuk shalat di rumah, tetap boleh di masjid namun itu hukumnya sunnah.

Rasulullah bersabda,”Shalat seorang laki-laki dalam jamaah melebihi sahlatnya sendirian sebanyak dua puluh tujuh derajat.” (HR. Muslim).

Dalam buku Sehat Tanpa Obat oleh DR. H. Brilianto M. Soenarwo dan KH. Muhammad Rusli Amin, MA dinyatakan bahwa shalat fardhu (shalat wajib) diperintahkan untuk dilakukan di masjid secara berjamaah.

Dari Zaid bin Tsabit, Rasulullah bersabda,”Sebaik-baiknya shalat adalah shalat (kalian) di rumah kalian, kecuali shalat fardhu.”

Dari shalat berjamaah terdapat banyak keutamaan diataranya:

  1. Pahala Melangkahkan Kaki Ke Masjid

Setiap langkah kaki seseorang yang berjalan ke masjid akan Allah berikan pahala di setiap langkahnya dan dihapuskan dosanya, serta dinaikkan derajatnya.  (Ibnu Majah:277,Muslim:1068 dan 1065).

  1. Pahala Menunggu Waktu Shalat

Kebanyakan orang sengaja datang ke masjid lebih terlambat atau pas saat shalat akan dimulai. Padahal dengan kita datang lebih awal dan menunggu shalat sambil berzikir akan banyak pahala yang kita dapat.

Orang yang menunggu sholat di masjid diberi pahala seperti sedang sholat (HR.Bukhari:611)

  1. Di Do’akan Para Malaikat

Dari saat seseorang itu masuk ke dalam masjid untuk shalat berjamaah sampai tepat pada waktu shalat, malaikat mendokannya dengan doa: “Ya Allah Ampunila dia, Ya Allah ampunilah dia”, tanpa henti sampai waktu shalat.

  1. Mendapat Naungan Saat Kiamat

Ada tujuh golongan yang akan dinaungi di akhir kehidupan kelak. Salah satunya dari golongan itu adalah orang yang hatinya terpaut dengan masjid yaitu orang yang suka shalat berjamaah di masjid.

Seorang pemuda yang hatinya terikat dengan masjid, orang orang itulah yang akan mendapat perlindungan dari Allah saat kiamat kelak. (Al-Bukhor:620)

  1. Doa Malaikat Ketika Berada Di Shaf Terdepan

Sesungguhnya para Malaikat memberikan sholawat kepada orang-orang yang berada di shaf pertama.” (HR. Ibnu Hibban no.2157)
Menanggapi sabda Beliau, para sahabat bertanya, “Apakah juga kepada orang-orang yang berada di shaf kedua wahai Rasulullah? ”
Kemudian Rasulullah berkata, “Juga kepada orang-orang yang berada dishaf kedua.”
(HR. Ahmad dan Ath Thabrani, dihasankan oleh Syaikh Al Albani)

  1. Subuh dan 119 Pahala

Seseorang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, maka orang itu akan mendapatkan pahala 119 kali dibanding shalat sendiri. (Muslim:1049).

  1. Isya dan 59 Pahala

Seseorang yang melaksanakan shalat isya berjamaah, maka dia bakal dapat pahala 59 kali lipat. (HR.Muslim:1038)

  1. Dzuhur, Ashar, Magrib dan 27 Pahala

Kalau shalat dzuhur jamaah, ashar jamaah, dan magrib jamaah, masing masing dilipatgandakan 27 kali kalau kita laksanakan secara jamaah (HR.Muslim:1038)

  1. Pahala Ketika Sakit

Ketika seseorang yang rajin shalat berjamaah di masjid tertimpa musibah sakit, sehingga ia tidak sanggup pergi ke masjid dan hanya bisa shalat di rumah, maka baginya pahala yanga sama seperti saat dia shalat di masjid. (Abu Daud:2687)

  1. Terhindar Dari Sifat Munafiq

Tidak ada sholat yang lebih berat bagi orang-orang munafiq dari pada sholat subuh dan isya. Seandainya mereka tahu nilai yang terkandung di dalam kedua sholat itu, pastilah mereka mendatangi (masjid tempat) kedua sholat itu meskipun dengan merangkak.
(Al-Bukhori:617)

  1. Menjadi Sebab Diampuni Dosanya Oleh Allah

Rasulullah bersabda :“Jika imam mengucapkan “Ghoiril maghdhubi ‘alaihim waladhdholliin”, maka ucapkan amin, karena sesungguhnya siapa yang mengucapkan amin bersamaan dengan ucapan malaikat maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”

Dalam hadits lain Nabi bersabda:

“Barangsiapa yang berwudhu untuk sholat dan menyempurnakan wudhunya, lalu berjalan untuk menunaikan sholat, dan ia sholat bersama manusia atau berjama’ah atau di dalam masjid, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.”

  1. Mengembangkan Disiplin Dan Berakhlak Mulia

shalat berjamaah mengajarkan seseorang untuk disiplin. Seperti halnya seorang makmum yang berada di belakang dan senantiasa mengikuti gerakan shalat imamnya. Hal tersebut tentu akan menjadikan seseorang untuk terbiasa disiplin dan patuh pada atasannya, layaknya ia patuh pada imamnya saat mengerjakan shalat berjamaah.

  1. Menjadi Syiar Bagi Masyarakat Luas

Bertemunya kita dengan masyarakat saat shalat berjamaah, maka akan mudah untuk kita berdakwah kepada mereka agar mereka lbih memahami Islam.

  1. Memperkuat Ukhuwah Islamiyah

Dengan shalat berjamaah, berarti kita akan bertemu dengan saudara – saudar muslim yang lain, yang sudah kenal ataupun tidak. Dengan pertemuannya umat – umat muslim di masjid makan akan menjadi penguat ukhuwah islamiyah diantara meraka.

  1. Meluaskan Silahturrahim

Kesibukan kita akan berbagai masalah dan kegiatan lain membuat silaturrahimpun menjadi terbatas. Maka dari itu dengan shalat berjamaah makan silaturrahim kita akan terjaga karena itulah saat kamu tidak disibukkan oleh dunia yang membuat kamu tidak memiliki waktu untuk bersilarurahim.

  1. Selalu Siap Menerima Perbedaan

Pecah belahnya sebuah umat adalah perbedaan. Dalam mengerjakan shalat pun terkadap terdapat perbedaan. Namun kamu tidak perlu mempermasalahkan perbedaan tersebut, karena perbedaan itu memiliki sumbernya masing – masing. Dengan melaksankan shalat berjamaah maka kita akan melihat langsung berbedaan – perbedaan itu dan kita akan terbiasa serta menerima perbedaan itu.

  1. Merasakan Kesetaraan Kedudukan Di Hadapan Allah

Jika di rumah, kantor, atau masyarakat terlihat sekali perbedaan kedudukan dari jabatan hingga jumlah harta. Namun dalam shalat berjamaah maka semua umat itu sama dihadapan Allah. Mau dia pejabat sekalipun tetap dihadapan Allah dia sama dengan umatnya yang hanya seorang pengemis.

Beberapa keutamaan dari shalat berjamaah tersebut dapat kamu jadikan motivasi agar kamu tetap semangat menjalankan salah satu perintah Allah ini. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply