Home & Garden

14 Makanan Hamster yang Aman dan Sehat

Jangan Lupa Share ya

Hamster merupakan bagian dari binatang pengerat berbulu lembuat dan berukuran imut menggemaskan. Tidak heran jika sekarang ini mulai banyak masyarakat, baik itu anak-anak maupun orang dewasa memelihara hewan menggemaskan ini, mungkin kamu salah satunya.

Meski tergolong hewan omnivora alias hewan pemakan segala, namun kamu harus tetap waspada saat memberi makan si imut ini. Sebab bukan tidak mungkin hamster kesayanganmu akan terkena dampak negatif dari makanan yang kamu berikan. Untuk itu ada sejumlah makanan yang aman untuk hamster, seperti di bawah ini:

Makanan Hamster yang Aman dan Sehat

Gabah

Bisa dibilang gabah menjadi salah satu alternatif makanan pokok yang sehat untuk hamster. Gabah dapat menjadi sumber karbohidrat utama, sehingga hamster bisa tetap aktif karena energinya terpenuhi dengan baik. Tak hanya itu, gabah yang terbungkus kulitnya ini sangat kaya akan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan si hamster.

Beras Merah

Beras merah tak jauh beda dengan gabah, beras merah bisa menjadi sumber karbohindrat yang baik bagi hamster. Tak hanya itu, beras merah pun sangat baik untuk mengembangkan otak hamster. Jika sang hamster kekurangan karbohidrat maka, ia terlihat lebih kurus, tidak bergairan dan cenderung lemas.

Jagung

Jagung mengandung banyak karbohidrat yang sangat baik untuk hamster. Kandungan karbohidratnya ini mencapai 80%. Semuga itu berasal dari jagung kering yang terletak di endospermiumnya. Tak hanya jagung kering, kamu pun dapat memberikan jagung mentah sebagai makanan pokok atau pun cemilan bagi si imut.

Kacang Hijau

Kacang hijau dapat dijadikan sebagai makanan pokok untuk hamster. Utamanya dalam membantu pertumbuhan dan juga perkembangannya. Kacang hijau dikenal memiliki kandungan yang baik untuk mengasah gigi hamster yang turus tumbuh. Ada pun sejumlah kandungan baik yang terdapat dalam kacang hijau seperti lemak, karbohidrat, protein dan sejumlah jenis vitamin lain.

Kacang Kedelai

Jenis kacang yang satu ini terkenal akan kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Kedelai pun sangat baik dijadikan sebagai makanan pokok untuk hamster kesayanganmu. Kacang kedelai pun bisa dijadikan sebagai alternatif makanan pokok untuk hamster yang tengah dalam masa pertumbuhan dan juga dapat mengatasah gigi hamster yang dalam masa pertumbuhan.

Biji Bunga Matahari

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa biji bunga matahari adalah makanan pokok hamster. Padahal, biji bunga matahari ini sebaiknya dijadikan sebagai makanan selingan saja. Kandungan lemak terdapat dalam makanan ini cukup tinggi sehingga bisa dijadikan campuran di makanan pokok hamster supaya mereka bisa mendapat gizi yang lebih seimbang.

Wortel

Selayaknya biji bunga matahari, wortel pun sangat baik untuk makanan cemilan hamster. Makanan ini sangat baik utamanya bagi hamster bermata merah. Sebab, hamster jenis ini biasanya lebih rentan terserang penyakit katarak. Selain itu, air wortel pun sangat baik untuk alternatif minuman hamster.

Tauge

Kecambah yang satu ini ternyata baik untuk makanan sapihan bagi bayi hamster yang tengah masa transisi dari mengonsumsi susu ke makanan padat. Tauge mengandung banyak vitamin K yang baik dalam menjaga kesuburan supaya mudah bereproduksi. Namun jangan terlalu sering memberikan kecambah yang satu ini karena bisa beresiko diare.

Kacang Tanah

Kacang tanah bisa menjadi salah satu sumber dari energi bagi hamster tiap harinya. Teksturnya sedikit keras dan memiliki rasa yang gurih. Cuku disukai para hamster. Namun kamu harus lebih berhati-hati karena kandungan lemak dalam kacang tanah bisa menimbulkan obesitas yang tentu saja akan membahayakan kesehatannya.

Jewawut

Jewawut bisa dijadikan sebagai makanan tambahan bagi hamster kesayangan kamu. Sebenarnya, zat yang terkandung dalam jewawut ini tidak jauh beda dengan apa yang terkandung dalam jagung maupun berat. Tak hanya menambah energi si hamster, jejawut pun sangat baik diberikan untuk hamster yang tengah menyusui, atau pun bayi hamster.

Putih Telur Rebus

Kamu bisa merebus telur, kemudian kupas dan berikan bagian putihnya pada hamster. Sejumlah hamster dinilai cukup menyukai makanan yang satu ini meski ada sejumlah hamster yang kurang suka dengan putih telur ini. Kandunga protein dalam putih telur sangat tinggi sehingga baik dijadikan sebagai makanan selingan untuk hamster anak-anak maupun hamster yang tengah hamil dan menyusui.

Madu

Madu bertekstur kental dan juga manis sehingga cukup digemari oleh hamster. Sebab bersifat alami, membuat kandungan gula dalam madu sangat mudah diserap oleh hamster. Hal ini membuat madu bisa dengan cepat diubah ke dalam energi. Hanya saja, jangan memberi makan madu terlalu banyak karena dapat memberikan dampak buruk. Lebih baik, berikan satu minggu sekali saja dengan takaran secukupnya.

Biji Kenari

Biji kenari bisa dijadikan sebagai alternatif makanan tambahan bagi hamster. Namun kamu harus memastikan biji kenari yang kamu berikan pada hamster kesayanganmu merupakan biji kenari dengan kualitas baik, yaitu biji kenari yang kering, bersih dan tidak berbau atau pun berwarna kuning.

Kacang Tolo

Kacang tolo mengandung protein yang sangat tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai makanan tambahan yang tepat untuk hamster. Kacang dengan sebutan kacang tunggak ini merupakan tanaman yang berasal dari Afrika Barat. Tak hanya kaya protein, kacang tolo juga mengandung karbohidrat yang sangat baik.

Itulah sejumlah makanan yang baik untuk hamster yang bisa kamu pilih. Semoga bermanfaat.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply