Culinary

13 Makanan Tradisional Indonesia yang Berasal dari Berbagai Daerah

Jangan Lupa Share ya

Bagi kalian yang hobi jalan-jalan, pasti terasa ada yang kurang jika belum mencicipi kuliner tradisional di tempat yang tengah kalian kunjungi. Ya, mencicipi kuliner tradisional harus ada dalam list wajib kamu saat mengunjungi suatu tempat. Untuk daerah di Indonesia sendiri, banyak sekali kuliner yang menggoyang lidah. Terlebih tiap daerah di Indonesia pasti memiliki ciri khasnya masing-masing. Untuk itu, kamu harus tahu beberapa makanan dari beberapa daerah ini yang nantinya wajib kamu cicipi saat berkunjung ke daerah tersebut, apa saja makanannya? Simak ulasannya di bawah ini:

Makanan Tradisional Indonesia yang Berasal dari Berbagai Daerah

Mie Aceh

Seperti namanya, mie Aceh berasal dari Aceh. Ini ini menjadi salah satu makanan khas Aceh yang wajib kamu cicipi. Mie Aceh sendiri terdiri dari mie kuning tebal, yang ditemani dengan irisan daging kambing, daging sapi atau pun makanan laut seperti udang dan cumi-cumi. Biasanya, mie Aceh disajikan dalam bentuk sup dengan kuah berupa kari yang bercitarasa gurih dan pedas.

Bika Ambon

Makanan yang satu ini bukan berasal dari daerah Ambon, melainkan dari daerah Medan, Sumatera Utara. Bika ambon terbuat dari campuran berbagai bahan seperti telur, gula dan santan. Umumnya makanan yang satu ini beraroma harum pandan. Citarasanya yang enak membuat bika ambon menjadi salah satu kuliner favorit dari daerah Medan.

Rendang Padang

Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Makanan ini berasal dari daerah Padang, Sumatera Barat. Rendang terbuat dari daging sapi dan santan kelapa sebagai bahan dasarnya. Selain itu, campuran rempah-rempahnya pun sangat banyak dan inilah yang membuat citarasa rendang istimewa.

Gulai Ikan Patin Jambi

Ini merupakan makanan khas yang sangat popular di daerah asalnya, Jambi. Selain itu, gulai ikan patin pun memang cukup populer juga di daerah lain. Gulai yang satu ini terbilang unik karena menggunakan tempoyak, yaitu daging buah durian yang telah dipermentasi. Namun, sekarang banyak juga gulai ikan patin yang mengganti tempoyak dengan santan kelapa.

Pendap Bengkulu

Pendap adalah makanan khas Indonesia dari daerah Bengkulu. Pendap sering kali diburu oleh wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu. Sebab biasanya, makanan yang satu ini dijadikan oleh-oleh khas Bengkulu, terlebih saat musim lebaran tiba. Pendap sendiri terbuat dari bumbu-bumbu yang beraneka ragam seperti kencur, bawang putih dan cabai giling. Hingga selanjutnya bahan tersebut dicampur merata dengan kelapa muda yang telah diparut.

Empek – Empek Palembang

Empek – empek atau yang lebih dikenal dengan sebutan pempek adalah makanan khas Indonesia dari daerah Palembang, Sumatera Selatan. Makanan ini umumnya terbuat dari ikan dan sagu. Namun kini, isian pempek sangatlah beragam seiring dengan perkembangan zaman. Selain itu, kamu pun bisa mencicipi pempek di daerah mana pun karena makanan ini mudan ditemukan di seluruh Indonesia.

Mie Bangka

Seperti namanya, mie yang satu ini berasal dari daerah Bangka. Mie Bangka sangat menggambarkan ciri khas orang-orang pulau Bangka. Bahan dasarkan sendiri merupakan mie basah berwarna kuning, selanjutnya disiram dengan kuah berbumbu. Kuahnya ini sangat istimewa karena merupakan campuran dari ikan, udang, kepiting atau cumi-cumi. Kadang juga untuk menambah kelezatan, makan ini ditambah dengan toge, timun dan kerupuk.

Seruit Lampung

Seruit adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Lampung. Makanan ini terbuat dari ikan yang digoreng atau dibakar kemudian dicampur dengan terasi, tempoyak, dan manga. Biasanya jenis ikan yang digunakan adalah ikan yang berukuran besar seperti baung, layis, belide dan sebagainya. Makanan ini bakal tambah lezat jika dihidangkan dengan lalapan seperti tomat atau pun timun.

Kerak Telor Jakarta

Makanan khas yang satu ini sangat mudah dijumpai di Jakarta, utamanya saat diadakan acara kuliner atau Pekan Raya Jakarta. Bahkan kerak telor ini dijadikan sebagai simbol kuliner klasik khas budaya Betawi.

Mie Kocok Bandung

Mie Kocok tidak sama dengan mie bakso. Kuah mie bakso cenderung lebih encer, sementara kuah mie kocong sedikit lebih kental. Komponen dalam mie bakso sendiri terdiri atas bihun, mie bulat, toge, bakso dan sawi hijau. Sedangkan untuk bahan mie kocok terdiri dari mie gepeng, kikil dan toge.

Bandeng Presto Semarang

Bandeng Presto merupakan ikan bandeng yang dimasak dengan presto. Cara ini sengaja dilakukan supaya duri ikan bandeng menjadi lunak dan enak untuk dimakan. Selain itu, cara memasak seperti ini pun membuat bandeng lebih tahan lama jika disimpan di lemari es. Biasanya, bandeng presto ini dihidangkan dengan sambal terasi dan nasi hangat.

Gudeg Yogyakarta

Gudeng merupakan kuliner populer dari Yogyakarta. Jika kamu mencicipi langsung gudeg di Yogyakarta, maka rasa gudeg tersebut terasa lebih manis dibandingkan dengan gudeg yang dijual di daerah lainnya. Gudeg sendiri terbuat dari sayur nangka muda yang dimasak dengan santan. Biasanya disantap berbarengan dengan nasi, telur kecap, dan ayam kampung.

Soto Rawon Surabaya

Nasi rawon atau soto rawon merupakan sup dengan potongan daging rawon yang berasal dari Surabaya. Kuliner ini sangatlah terkenal di pulau Jawa. Soto rawon Surabaya ini punya ciri khas tersendiri yaitu terletak pada kuahnya. Kuah dari soto rawon ini tidak menggunakan kecap akan tetap menggunakan kluwek.

Itulah sejumlah makanan khas Indonesia yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke daerahnya. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Latest posts by Putri (see all)

Leave a Reply