Home & Garden

11 Rumah Unik di Dunia

blogheader11-rumah

Rumah idaman bagi setiap orang tentu saja berbeda-beda. Ada yang menyukai rumah sederhana dengan halaman yang besar, ada juga yang menyukai rumah besar dengan fasilitas yang beragam. Namun, beberapa rumah berikut ini memiliki keunikannya tersendiri. Mulai dari lokasi hingga bahan dasar, berikut ini adalah 11 rumah unik yang ada di dunia!

  1. Rumah di Tengah Sungai – Siberia
Foto diambil dari: http://www.theatlantic.com/photo/2015/06/unusual-homes-around-the-world/395432/
Foto diambil dari: http://www.theatlantic.com/photo/2015/06/unusual-homes-around-the-world/395432/

Rumah yang terletak diatas batu di tengah-tengah Sungai Drina ini sudah lama menjadi atraksi turis dari seluruh dunia. Bagaimana tidak? Sejak kehebohan fotonya di tahun 2012, rumah ini langsung menjadi pembicaraan para traveler. Persisnya letak rumah ini berada di kota Bajina Basta, Taman Nasional Tara di negeri Siberia. Sejarah rumah ini berawal dari tahun 1968 oleh sekelompok pria yang ingin tempat nyaman untuk berteduh. Meski rumah ini berkali-kali sempat hancur karena air sungai, namun para pemilik rumah saat ini akan selalu saja membangunkannya kembali lagi.

  1. Crooked House – Polandia
Foto diambil dari: http://www.atlasobscura.com/places/crooked-house
Foto diambil dari: http://www.atlasobscura.com/places/crooked-house

Jika dilihat dari luar, rumah ini memang membingunkan. Namun untuk para turis dan fotografer, The Crooked House, adalah atraksi yang sungguh menarik. Rumah ini didirikan pada tahun 2004 oleh team design Szotynscy & Zaleski. Rumah yang terletak di tengah-tengah pusat belanjaan ini tampak seperti kartun dari luar. Namun, jika kamu pergi masuk ke dalam bangungnan ini, kamu akan menemukan berbagai macam toko dan restoran.

  1. Rumah Terbalik – Polandia
Up side down House at Polland.
Up side down House at Polland.

Memiliki rumah yang terbalik mungkin tidak ideal untuk menjadi rumah. Namun untuk menjadi atraksi, tema “Rumah Terbalik” sudah menjadi sesuatu yang mendunia. Negara-negara seperti Amerika, Polandia, Malaysia dan Jepang memiliki “Rumah Tebalik” mereka masing-masing. Nah, untuk rumahteralik yang terletak di Polandia ini, selain menjadi atraksi untuk para turis, rumah ini juga dibuat dengan tujuan memberikan protes kepada pemerintahan. Rumah ini diselesaikan dalam waktu 114 hari.

  1. Casa de Peneto – Portugal
Fotodiambil dari: http://inspired-architecture.blogspot.co.id/2013/06/stone-house-guimaraes-portugal.html
Fotodiambil dari: http://inspired-architecture.blogspot.co.id/2013/06/stone-house-guimaraes-portugal.html

Tiada tetangga, terletak di bukit yang indah dan terdiri dari batu. Itulah keistimewaan rumah yang satu ini. Rumah batu ini terletak di negara Portugal. Pada awalnya, foto rumah ini sempat dikabarkan hoax. Namun setelah dibuktikan oleh televise lokal Prtugal, rumah ini pun menjadi incaran para turis. Terinspirasi dari Flinstone, Casa de Peneto adalah sebuah rumah batu lengkap dengan pintu dan jendela.

  1. The Slide House
The Slide House - Japan
The Slide House – Japan
slidehousejapan2
The Slide House Japan

Bayangkan jika rumah kamu itu adalah sebuah taman bermain yang besar. Hmm, sepertinya seru ya elevenian? Untuk referensi, rumah yang ini seru banget! Namanya adalah “The Slide House”. Rumah ini menggunakan konsep seluncuran untuk menyambung satu lantai dengan yang lain. Gak perlu lagi deh drama jatuh dari tangga!

  1. The Hobbit House
The Hobbit House
The Hobbit House

Tak hanya ada di film, Hobbit House ini sungguh nyata lho elevenian! Ketika arsitek Simon Dale ditantang untuk membuat rumah yang minim, ia pun terfikir untuk membuat rumah hobbit seperti dalam film The Lord of the Rings. Setelah membeli tanah dan menghabiskan sekitar 3000 Poundsterling, Simon akhirnya berhasil membuat rumah ala Hobbit di Wales.

  1. Rumah Paling Sempit di Dunia

narrowhousepoland

Jika dilihat dari foto diatas, kalian pasti bingung dimana letak rumah paling sempit ini? Jika kamu lihat ke bangunan yang berwarna perak, yang terletak diantara dua bangunan, percaya ga percaya, itulah sebuah rumah. Hanya dengan lebar 152cm, mungkin kalian bertanya bagaimana caranya menghuni rumah ini?

keret-house-worlds-thinnest-house
Interios Rumah Paling Sempit di Dunia

Pertama-tama, rumah ini bertingkat. Sehingga untuk setiap ruangan, mempunyai lantainya tersendiri. Untuk menempati rumah ini, tentunya tidak bisa menyimpan perlatan yang banyak. Maka dari itu, rumah ini cocok seklai untuk menjadi ‘gateaway’ sementara di kala kamu sedang bosan.

  1. Rumah Modern ala Flinstone

Jika kamu ingat kartun Flinstone, kalian pasti ingat zaman kartun tersebut dimana semuanya serba btu. Sama halnya dengan rumah ini. Meski terkesan kuno, rumah yang terletak di Malibu, Calidornia ini tergolong rumah yang mewah. Lengkap dengan wi-fi dan perabotan rumah modern, rumah ini berhasil memadukan zaman batu dan zaman modern.

  1. Rumah Transparan – Tokyo
Transparent House Tokyo
Transparent House Tokyo

Bayangkan rumah kamu tanpa tirai, tanpa gordeng dan tanpa privasi. Beginilah rumah transparan yang terletak di Tokyo Jepang ini. Arsitek dari rumah in adalah Sou Fujimoto Architects. Terletak di Tokyo, tujuan pembuatan rumah ini agar bisa mendapat cahaya natural. Meski rumah ini cantik dan modern, namun untuk menempatinya, kayanya ga usah ya elevenian?

  1. Haines Shoe House
Hanies Shoe House
Hanies Shoe House

Rumah yang satu ini tentu saja menarik mata dari jarak yang jauh. Bayangkan tinggal dalam sebuah rumah yang berbentuk seperti sepatu. Hmm bisa bau ga ya elevenian? Rumah ini didirikan pada tahun 1949 oleh Colonel Mahlon Natahniel Haines. Sebagai seorang pengusaha sepatu yang sukses, Haines telah membuat rumah ini dengan tujuan periklanan. Ia berharap, orang yang melihat atau menginap di rumah ini akan selalu ingat akan brand sepatunya.

  1. Lego House
The Lego House, England
The Lego House, England

Terbuat dari 3,3 juta balok Lego, rumah yang satu ini telah memecahkan rekor. Uniknya rumah ini adalah semuanya terbentuk dari lego mulai dari dinding, ruang makan, tempat tidur dan bahkan toiletnya!

 

Share

Comments 1

  1. Yang no 5 sumpah keren bangett..

    Reply

Leave a Reply