elevenia Stories

11 Pahlawan Masa Kini Indonesia

blogheaderpahlawan-nasional

Halo elevenian! Dalam rangka Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada hari ini, 10 November 2016. Blog elevenia ingin bercerita mengenai sejumlah pahlawan masa kini Indonesia yang patut menjadi contoh untuk kalian semua.

Prestasi mereka telah terukir di mata dunia dan membanggakan nama Indonesia. Sebenarnya nih elevenian, untuk menjadi seorang pahlawan sangat mudah. Cukup dengan menjadi diri yang paling baik dan membawa nama baik Indonesia dimanapun Anda berada juga bisa dihitung sebagai pahlawan. Nah, berikut ini blog elevenia punya beberapa cerita mengenai pahlawan masa kini yang telah membawa nama baik Indonesia. Siapa saja mereka? Ini dia!

  1. Joey Alexander
Foto diambil dari; http://checkitouts.info/iamplugged
Foto diambil dari; http://checkitouts.info/iamplugged

Beberapa waktu lalu, sempat terdengar kabar bahwa ada anak usia 10 tahun dari Indonesia yang berhasil masuk ke dalam nominasi Grammy Awards. Nama anak itu adalah Joey Alexander. Joey adalah seorang pianis asal Bali yang berhasil menarik mata dunia dengan bakat musiknya. Sejak ia berusia 6 tahun, Joey sudah mulai menekuni bidang musik. Tak sia-sia, usaha kerasnya berhasil menorehkan prestasi skala internasional. Selain dinominasikan di Grammy Awards, album Joey juga sempat menduduki tangga lagu billboard jazz internasional.

Wuihh keren banget ya elevenian?

 

  1. Griselda Sastrawinata
Foto diambil dari: http://www.animationxpress.com
Foto diambil dari: http://www.animationxpress.com

Lulusan Art Center College of Design Amerika ini ternyata menghantarnya bekerja di salah satu studio paling bergensi di Amerika Serikat. Studio itu adalah Dreamworks. Sebut saja beberapa film sukses seperti Kungfu Panda, Monster Inc dan Shrek. Yup, Griselda Sasrawinata ini adalah salah satu animator film-film tersebut. Sebagai animator, Griselda Berawal berangkat dari hobi menggambar. Ia pun memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikut untuk menekuni hobinya ini. Tak sia-sia, usaha kerasnya telah membawanya kepada kesuksesan. Kini, Griselda tak hanya bekerja, ia pun mengajar ilmu komunikasi visual di kampus almamaternya yaitu di Art Center College of Design (ACCD) di Pasadena, California AS.

  1. Rini Sugianto
Foto diambil dari www.khususpemula.xyz
Foto diambil dari www.khususpemula.xyz

Jika kamu adalah penggemar film The Advntures of Tin Tin dan The Avengers, maka kamu pasti bangga dengan perempuan yang satu ini. Namanya adalah Rini Sugiarto. Wanita lulusan Academy if Art University di San Fransisco ini bekerja di Amerika dan ikut terlibat dalam beberapa projek film besar. Film-film lain yang ia ikut serta dalam proses pembuatan animasi adalah The Hobbit: Desolation of Smaug dan Teenage Mutant Ninja Turtle. Sebagai Animator, Rini memiliki tugas untuk menghidupkan karakter utama dengan jenis photorealistic. Tujuannya adalah agar karakter yang diciptakan bisa terlihat nyata.

  1. Christiawan Lie

Setelah lulus dari Institut Teknologi Bandung, pria ini mendapatkan beasiswa Full Bright untuk melanjutkan pendidikannya di jurusan Sequential Art atau komik di Savannah College of Art and Design. Setelah lulus, Christian pun berhasil berkontribusi dalam pembuatan film animasi seperti Transformers 3, GI Joe, Spiderman 4, Starwars dan Lord of the Rings. Kini, Christian telah kembali ke tanah air dan mendirikan Caravan Studio dengan harapan dapat mengembangkan dunia animasi di Indonesia.

  1. Marsha Chikita
Foto diamil dari http://www.femina.co.id
Foto diamil dari http://www.femina.co.id

Siapa yang tidak mengenal dengan TV Series asal Malaysia Upin dan Ipin? Popularitas kartun ini sangat terkenal dan digemari oleh anak-anak Indonesia. Tahukah kamu bahwa salah satu animatornya adalah orang Indonesia? Ya, namanya adalah Marsha Cikita. Putri dari pasangan Ikang Fawzi dan Marissa Haque ini telah memulai karirnya sejak magang di perusahaan Las’ Copaque Production yakni production housenya Upin dan Ipin. Kini, Marsha sudah kembali ke tanah air dan telah membangun perusahaannya sendiri bernama Monso House.

  1. Andre Surya

Lulus dari jurusan DKV Universitas Tarumanegara, telah membawa Andre Surya bekerja di Lucas Film Singapore, yang telah menerbitkan film Star Wars. Tak hanya itu, Andre pun ikut terlibat dalam sejumlah flm besar seperti Iron Man, Star Trek, Terminator Salvation, Transformers: Revenge of the Fallen, Iron Man 2 dan Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull.

Setelah 10 tahun berkecimpung dalam pembuatan animasi skala global, kini ia kembali ke Indonesia untuk mengembangkan perusahaannya sendiri yaitu Enspire Studio.

  1. Wira Winata

Berawal dari hobi menggambar, Wira Winata akhirnya berhasil mendirikan Shadedbox Animations di Amerika. Pada awalnya, Wira diremehkan untuk berhasil dalam bidang seni. Sampai-sampai ia mengorbankan hobinya dan akhirnya masuk ke jurusan tehnik di Nanyang Politenik Singapura. Namun takdir berkata lain. Dosen Wira yang sadar minatnya dalam bidang seni akhirnya menyarankan Wira untuk masuk ke jurusan yang ia minati itu. Pada tahun 1994, Wira pun berangkat ke Amerika dan kuliah di Art Center Collegeof Design. Kini, Wira pun berhasil dan memiliki sejumlah klien bernama seperti Buena Vista Games, Disney TV, Microsoft, Cartoon Network dan Gotham Group.

  1. Chris Lesmana
Foto diambil dari http://www.hipwee.com
Foto diambil dari http://www.hipwee.com

Chris Lesmana adalah seorang perancang mobil. Diantara karya-karyanya adalah mobil Volkswagen Up! Tak hanya itu, Chris juga perancang dalam VW New Beetle atau yang lebih familiar disebut VW kodok. Hasil kerja Chris telah membawanya kepada penghargaan World Car of the year pada tahun 2012. Designnya pun sudah dipatenkan di merika Serikat sejak tahun 2008.

  1. Bayu Santoso
Foto diambil dari: http://www.hipwee.com
Foto diambil dari: http://www.hipwee.com

Muda dan berprestasi, itulah Bayu Santoso mahasiwa ISI Jogja jurusan Desain Komunikasi Visual yang memenangkan lomba desain cover album Maroon 5. Pada bulan Oktober tahun 2014, situs resmi Maroon 5 telah membuat pengumuman yang menyatakan “Congratulations to Bayo Gale on the winning artwork in our Creative Allies contest to design an alternate cover for V,”. (tempo.com). Nama band Maroon 5 tentu tidak asing di telinga. Ketika lomba yang diadakan band tersebut diumumkan, Bayu pun tak segan-segan menggambar dan mengikuti lomba ini. Ternyata nih elevenian, Bayu sebelumnya pun pernah ikut beberapa lomba artwork. Selain memenagkan lomba album Maroon 5, Bayu pun pernah memenagkan lomba artwork yang diadakan oleh musisi legendaris Billie Joel.

  1. Lilyana Natsir dan Tontowi Ahmad
018784700_1471319483-20160816-tontowi-ahmad-dan-liliyana-natsir-brasil-reuters-01
Foto diambil dari: http://discover.mig.me

Tidak lengkap rasanya jika kita tidak menyebutkan Lilyana Natsir dan Tontowi Ahmad sebagai pahlawan masa kini Indonesia. Mereka yang telah membanggakan Indonesia pada Agustus lalu membawakan emas untuk Indonesia tentu patut diberi jempol. Prestasi Lilyana dan Tontowi tak hanya dari Oliampiade pada Agustus lalu. Sejumlah pertandingan telah mereka menangkan seperti All England pada tahun 2012-2014.

  1. Butet Marunung
Foto diambil dari: http://www.hipwee.com/
Foto diambil dari: http://www.hipwee.com/

Wanita ini adalah salah satu wanita yang berani berani memperjuangkan pendidikan bagi masyarakat pendalaman. Wanita yang mempunyai nama asli Saur Marlina Manurung ini telah berhasil membuat sekolah gratis bernama Sokola Rimba pada tahun 2013. Demi mengajar, Butet pun rela tinggal di pedalaman selama berbulan-bulan dan mengajar murid-muridnya membaca dan menulis. Hasil karya mulianya ini pun menjadi perhatian mata dunia ketika ia masuk ke dalam majalah Times pada tahun 2004 yang kemudian dibuatkan film pada ahun 2012.

Nah, itulah beberapa pahlawan Indonesia terkini yang semoga bisa menjadi inspirasi untuk kamu. Tetap semangat dan bawa nama baik bangsa Indonesia ya elevenian!

Share

Comments 1

  1. muzaku

    Menginspirasi sekali

    Reply

Leave a Reply