Hobby

11 Fakta Menarik Lego

rev-11-fakta-lego

Sejak minggu lalu, elevenia mengadakan promo istimewa memenangkan Lego Brick Bag gratis! Hanya dengan menjawab beberapa pertanyaan, maka kamu bisa segera memilikinya di sini!

Berbicara mengenai LEGO, mainan yang satu ini tak hanya terkenal di Indonesia namun di seluruh dunia. Keseruan menyusun balok-balok berwarna-warni ini tidak ada habisnya. Fansnya pun tak terhingga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sebagai mainan nomer 1 di dunia, blog elevenia ingin memberikan kamu 11 Fakta Menarik mengenai LEGO. Apa saja itu? Ini dia!

  1. Umur LEGO tahun ini adalah 84
3422824050_414521b134_z
Foto diambil dari: http://mentalfloss.com/article/67879/15-interlocking-facts-about-lego

LEGO dibuat pada tahun 1934 di Billund, Denmark. Nama ini merupakan gabungan dari dua kata yaitu “Legt” dan “Godt” yang artinya adalah “play well”. Sejak diperkenalkan, LEGO telah mencuri perhatian masyarakat mulai dari balita hingga lanjut usia. Tahun 2016 ini, LEGO berumur 84 tahun.

  1. Penemu LEGO adalah seoarang Tukang Kayu

Penemu lego adalah seorang tukang kayu bernama Ole Kirk Christiansen. Cerita ini berawal di tahun 1934 ketika masyarakat pada saat itu enggan membeli perabotan rumah yang mahal. Ole akhirnya beralih dan membuat mainan sebagai pekerjaannya. Pada awalnya, nama LEGO adalah “Automatic Binding Bricks” yang kemudian direvisi menjadi LEGO.

  1. Penjualan Laris Manis Setiap Detik
Lego menjelang Natal. Foto diambil dari: http://www.goodhousekeeping.com/life/parenting/g2775/facts-about-legos/
Lego menjelang Natal. Foto diambil dari: http://www.goodhousekeeping.com/life/parenting/g2775/facts-about-legos/

Penjualan LEGO, bisa dihitung per detik lho elevenian! Sebagai salah satu mainan yang paling laris, LEGO selalu menjadi mainan yang diincar di saat Natal dan Tahun Baru. Di negara-negara Barat, Natal dan tahun baru adalah hari yang sangat besar. Penjualan LEGO di saat seperti itu tentu melonjak tinggi. Dilansir dari ngkids.co.uk, LEGO bisa menjual sebanyak 28 set per detik pada saat menjelang Natal dan tahun baru. Di hari biasa, penjualan lego bisa mencapai 7 set setaip detiknya!

  1. Mendapat Gelar “Toy of the Century”

Siapa yang mengira bahwa mainan sederhana seperti LEGO menjadi fenomena dunia? Dengan penjualan yang sukses serta brand image yang melekat di hati masyarakat di seluruh dunia, sudah sepantasnya LEGO mendapatkan penghargaan. Pada tahu 2000, LEGO dinobatkan sebagai “Toy of the Century” mengalahkan Barbie dan Teddy Bear. Gelar ini diberikan oleh British Association Toy Retailers.

  1. Taj Mahal adalah set LEGO terbesar di Dunia
LEGO Taj Mahal. Foto diambil dari: http://www.dailydot.com/parsec/lego-facts-trivia-history/
LEGO Taj Mahal. Foto diambil dari: http://www.dailydot.com/parsec/lego-facts-trivia-history/

Selain bekerjasama dengan franchise terkenal seperti Harry Potter dan Star Wars, LEGO juga mempunyai beberapa replika tempat-tempat terkenal. Salah satu set replika LEGO yang paling besar adalah set LEGO Taj Mahal, India. Kabarnya, model set ini memilik sekitar 5922 kubik LEGO untuk membuatnya!

  1. Penghasilan Ban Terbanyak di Dunia
Foto diambil dari: http://www.goodhousekeeping.com/life/parenting/g2775/facts-about-legos/
Foto diambil dari: http://www.goodhousekeeping.com/life/parenting/g2775/facts-about-legos/

Bukan perusahaan ban mobil kelas dunia seperti Bridgestone dan Goodyear yang menghasilkan ban karet terbanyak, tetapi LEGO! Yup! Kamu tidak salah baca. Meski LEGO adalah perusahaan mainan anak-anak, LEGO juga memiliki beberapa model mobil dan truk yang membutuhkan ban sebagai pelengkap. Sebagai mainan yang laris manis, tentu tidak heran jika mereka memproduksi ban karet terbanyak di dunia.

  1. Ada LEGO senilai 14 Juta Dollar
Golden Lego. Foto diambil dari brickenvy.com
Golden Lego. Foto diambil dari brickenvy.com

LEGO yang satuini memiliki berat 25.65 gram yang terdiri dari 14 karat emas. Meski ukurannya sama persis dengan Lego pada umumnya, harga LEGO ini adalah $14,000,000! Pada awalnya, LEGO ini tidak untuk diperjual-belikan. Melainkan diberikan kepada mereka yang telah mengabdi di LEGO selama 25 tahun di pabrik German. LEGO ini hanya diberikan dari tahun 1979 – 1981 kepada dua karyawan terbaik setiap tahunnya. Kini, kamu bisa membeli brick LEGO ini via online.

  1. LEGO dari tahun 1958 bisa menyambung dengan LEGO tahun 2016
gallery-1442602569-legos-interacting
Foto diambil dari http://www.goodhousekeeping.com/life/parenting/g2775/facts-about-legos/

Inilah salah satu keunikan LEGO. Originalitas yang dijaga bisa kamu rasakan hingga tahun ini. Jika kamu memiliki set LEGO dari tahun 1958, atau bahkan set dari negara lain. Kamu bisa menggabungkannya dengan set lego di Indonesia atau dimanapun. Hal ini bisa dilakukan karena balok LEGO memiliki sistem universal dimana satu balok, bisa bergabung dengan balok lain tak peduli dari mana asalnya.

  1. Populasi LEGO Mini Figure, Populasi Terbesar di Dunia
Lego Mini Figures - Foto diambil dari: http://www.goodhousekeeping.com/life/parenting/g2775/facts-about-legos/
Lego Mini Figures – Foto diambil dari: http://www.goodhousekeeping.com/life/parenting/g2775/facts-about-legos/

Lego Mini Figure yang diperkenalkan pada tahun 1975 pada awalnya tidak memiliki muka dan berwarna kulit kuning. Pada tahun 1978, mini figure ini mulai bervariasi mlai dari memiliki muka dan berabgai macam kulit warna. Produksinya telah mencapai 4 milyar buah. Jika mereka hidup, maka LEGO Mini Figure adalah populasi terbesar di dunia.

  1. Kombinasi LEGO Tidak Terhingga
Foto diambil dari: http://www.goodhousekeeping.com/life/parenting/g2775/facts-about-legos/
Foto diambil dari: http://www.goodhousekeeping.com/life/parenting/g2775/facts-about-legos/

Satu buah balok LEGO dengan warna yang sama bisa dikombinasi dengan 6 balok lain dengan 915 juta cara. Ingin mencoba elevenian?

  1. Menyusun LEGO, bisa Menjadi Pekerjaan
Salah satu karya Lego Keanney. Foto diambil dari http://www.huffingtonpost.com/2014/02/28/lego-facts_n_4862088.html
Salah satu karya Lego Keanney. Foto diambil dari http://www.huffingtonpost.com/2014/02/28/lego-facts_n_4862088.html

Kamu suka menyusun LEGO? Tidak bisa lepas dari permainan ini? Hobi kamu yang satu ini, bisa jadi pekerjaan lho! Jika kamu seniman seperti Nathan Sawaya, kamu bisa saja di rekrut khusus oleh LEGO untuk menjadi seniman mereka. Nathan adalah seorang seniman yang membuat hasil karyanya dari bahan apapun. Suatu hari, Nathan telah berhail membuat sebuah karya dari LEGO dan dari sinilah seniman ini menjadi seniman eksklusif untuk LEGO.

Hal yang serupa terjadi kepada seniman patung Sean Kenney. Saking cintanya terhadap LEGO, Kenney pun telah direkrut atas karyanya dari LEGO yang luar biasa.

Nah, itulah 11 fakta menarik mengenai LEGO. Buat kamu yang ga sabar ingin LEGO, bisa kamu klik di sini untuk langsung memiliki LEGO Brick Bag Gratis!

Jangan lupa belanja di elevenia untuk bisa memenangkan 11 Motor Gratis di #Serbu11

Happy shopping elevenian!

Share

Comments 1

  1. bacaku

    Wew, umurnya udah kakek kakek ya. Dan negara kita belum merdeka. Lego udah ada. Super sekali

    Reply

Leave a Reply