Home & Garden

10 Perbedaan Pleci Jantan dan Betina yang Perlu Diketahui Pecinta Burung

Jangan Lupa Share ya

Suara yang menenagkan adalah awal yang baik untuk menggugah semangat Anda di pagi hari. Salah satu suara yang bisa membuat Anda semangat adalah suara kicauan burung. Biasanya suara kicauan burung akan memberi efek suasana tenang dan sejuk sehingga sangat baik apabila Anda ingin mengurangi stres. Ada berbagai macam burung yang bisa mengeluarkan suara yang merdu. Namun apabila Anda ingin menikmati suara kicauan yang indah sekaligus burung yang indah bulunya, Anda bisa memelihara burung pleci.

Burung pleci memang cantik selain Anda dapat mendengarkan suara yang merdu, Anda juga bisa bisa cuci mata dengan menikmati kecantikan bulunya. Burung pleci biasanya disebut dengan burung kacamata yang merupakan burung kecil yang memiliki bulu berwarna hijau kekuning kuningan. Burung ini disebut burung kacamata karena terdapat alis yang melingkar di sekitar mata sehingga akan terlihat seperti memakai kacamata.

Selain cantik burung pleci memiliki suara kicauan yang sangat merdu sehingga sangat disukai oleh para pecinta burung. Terutama dengan pecinta burung kicau yang menyukai kicauan burung. Sedangkan harganya burung ini bervariasi bisa dipatok dengan harga mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu. Tetapi apabila Anda akan memelihara burung pleci ini akan lebih baik apabila Anda mengetahui perbedaan burung pleci jantan dan betina terlebih lagi apabila Anda adalah pecinta burung. Untuk itu Anda dapat menyimak informasi berikut ini.

Tubuh

Dari ukuran dan bentuk tubuh, burung pleci jantan dan betina sudah memiliki berbagai perbedaan. Karena biasanya burung pleci jantan memiliki tubuh yang lebih proporsional daripada yang betina. Yang jantan biasanya tubuhnya lebih panjang sedangkan yang betina akan cenderung lebih pendek dan bulat. Perbedaan akan sulit dilihat apabila burung asih kecil.

Ekor

Sama halnya dengan tubuh, ekor burung pleci jantan juga lebih panjang daripada yang betina. Karena memang yang betina memiliki ekor yang ujungnya rata atau agak membulat. Sedangkan bentuk ekor yang jantan ujungnya akan membentuk v apabila burung sedang diam.

Kepala

Perbedaan dari kepala burung memang agak sulit untuk dibedakan. Mengingat burung yang dibedakan harus memiliki umur yang sama. Kepala burung pleci jantan akan cenderung lebih besar dan juga lebih bulat daripada milik sang betina. Sedangkan kepala betinanya ukurannya akan jauh lebih kecil dengan bentuk agak lancip. Namun ada juga betina yang memiliki kepala besar namun juga tetap lancip.

Pen

Pen merupakan bagian dubur burung. Dengan melihat pen maka Anda akan lebih mudah mengetahui jenis kelaminnya. Pada burung pleci jantan pen nya lebih panjang dengan banyak bulu yang tumbuh sedangkan yang betina pen akan lebih kecil dan agak membulat dengan sedikit ditumbuhi bulu.

Paruh

Untuk melihat perbedaan dari paruhnya, akan terlihat jelas apabila burung pleci sudah beranjak dewasa. Karena kadang ada saat yang jantan dan betina memiliki paruh yang sama. Biasanya paruh pleci jantan akan lebih gelap dibanding dengan pleci betina. Anda bisa mengamati ketika burung sedang diam.

Warna bulu

Ada dua faktor yang bisa memengaruhi warna bulu ada makanan dan jenis kelamin. Jadi untuk membedakan menurut warna Anda harus benar-benar tahu itu faktor makanan atau asli. Perbedaan warna bulu sudah dapat dilihat ketika burung masih kecil. Jantan akan lebih gelap warnanya daripada betina yang cerah.

Klep mata

Pembeda klep mata hanya dapat dilakukan ketika pada jarak dekat dan burung sedang dalam keadaan diam. Pada janta klep mata tampak puts-putus dan bagian bawah mata yang tebal. Sedangkan betina memiliki klep mata yang bulat dan tidak terputus-putus seperti milik yang jantan.

Bola mata

Untuk mengamati bola mata akan lebih susah lagi, karena Anda harus menggunakan alat bantu seperti kaca pembesar. Pada burung pleci jantan bola mata jauh lebih besar dan membulat seperti memakai kacamata. Sedangkan yang betina menyipit dan tidak terlalu besar dengan warna yang lebih muda.

Tingkah laku

Tingkah laku pleci jantan akan lebih lincah dan agresif serta ketika dimandikan akan mengecilkan pupil pada mata, jambul juga akan terlihat lebih kecil dibanding betina. Sedangkan yang betina masih tetap aktif namun tidak terlalu apabila dibandingkan yang jantan.

Suara dan warna tenggorokan

Burung pleci jantan memiliki suara yang lebih nyaring dan melengking juga memiliki warna hitam di rongga kiri dan kanan, yang tidak ada pada betina.

Itulah info mengenai 10 perbedaan pleci jantan dan betina yang perlu diketahui pecinta burung.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply