Gadget & Photography

10 Perbedaan iPhone Asli dan Palsu yang Harus Kamu Tahu

Jangan Lupa Share ya

iPhone memang terkenal dengan smartphone berkualitas namun dengan harga yang sangat tinggi dibandingkan dengan smartphone Android yang beredar di pasaran. Ada sejumlah smartphone Android yang harganya menyaingi iPhone, namun tetap saja iPhone seperti memiliki sesuatu spesial tersendiri yang membuatnya lebih istimewa.

Sayangnya keeklusifan sebuah iPhone akhir-akhir ini sedikit terusik karena banyak sekali produk iPhone tiruan yang sangat sulit untuk dibedakan, mana yang asli dan mana yang palsu. Oleh karena itu, kamu jangan sampai tergesa-gesa saat akan membeli iPhone, akan lebih baik untuk mengikuti sejumlah tips untuk mengecek keaslian dari iPhone.

Adanya AppStore

Semua orang tahu bahwa iPhone merupakan salah satu produk dari keluaran Apple. Setiap produk yang dikeluarkan oleh Apple pasti memiliki sesuatu yang berhubungan dengan Apple bukan? Nah dalam hal ini iPhone dilengkapi dengan App Store di dalamnya. Biasanya, di dalam iPhone yang palsu kamu tidak akan mendapati App Store ini, melainkan Google Play Store. Padahal semua orang juga tahu jika Google Play Store merupakan aplikasi yang terdapat di Android.

Perhatikan OS yang Dipakai

iPhone asli tentu akan menggunakan iOS sebagai sistem operasinya. Sementara iPhone tiruan biasanya akan menggunakan Android, sebab sistem operasi yang satu ini terbilang mudah dikustomisasi dan nantinya tampilan iPhone tersebut tidak jauh dari iOS meski menggunakan Android. Untuk mengecek, iPhone tersebut memakai iOS atau Android, kamu bisa langsung mengeceknya ke menu Setting, lalu periksa sistem operasi yang dipakainya.

Pergunakan iTunes

Perangkat Apple akan langsung terhubung dan saling mengenali satu dengan yang lainnya. Bila kalian telah atau pun akan membeli sebuah iPhone, maka alangkah baiknya untuk mengecek terlebih dulu dengan menggunakan iTunes di komputer kamu. iPhone yang asli saat terhubung akan terbaca dengan mudah oleh iTune, sementara iPhone palsu sudah pasti tidak akan terbaca.

Perhatikan Material iPhone

iPhone merupakan smartphone yang dikeluarkan untuk kalangan menengah ke atas. Hal ini tentu saja berpengaruh pada material yang digunakan. Ya, material yang digunakan memang lebih premium. Kamu bisa memperhatikan material dari body saat kalian akan membeli iPhone. Jika material tersebut menggunakan materal plastik murahan, maka sebaiknya urungkan niat membeli karena kemungkinan iPhone tersebut palsu.

Cek Garansi iPhone Lewat Website

Sebelum membeli iPhone, lihatlah nomor IMEI yang ada di dus. Lalu, lakukan pengecekan nomor IMEI tersebut melalui website resmi Apple. Bila muncul keterangan yang sesuai, maka bisa dipastikan iPhone tersebut asli. Namun bila tidak bisa, maka iPhone tersebut kemungkinan palsu.

iPhone Asli Menggunakan Retina Display

Untuk perbedaan yang satu ini memang terbilang cukup sulit jika dibandingkan antara yang palsu dan yang asli. Untuk itu, saat kamu akan membeli iPhone, lebih baik ajak serta teman kalian yang memiliki iPhone, dengan begitu kamu akan bisa langsung membandingkan perbedaan layar yang ada. Bila layar terlihat buram, maka bisa dipastikan smartphone tersebut tidak menggunakan retina display, dengan kata lain kemungkinan besar palsu.

Tombol Screenshot di iPhone Asli

Kamu yang sudah pernah atau mungkin sedang menggunakan iPhone pasti sudah tahu tentang hal ini. Screenshoot bisa diambil dengan hanya menekan tombol kunci dan juga home secara bersamaan. Kalian pun dapat mengecek hal ini untuk membuktikan keaslian sebuah iPhone. Biasanya, iPhone palsu tak akan bisa melakukan hal yang satu ini.

Harga yang Wajar

Semua orang tahu jika iPhone memiliki harga yang cukup tinggi. Untuk itu, harga ini bisa dijadikan sebuah patokan untuk menentukan keaslian iPhone atau tidak. Memang, ini tidak bisa dibuktikan dengan nyata, namun bila kamu mendapatkan tawaran iPhone dengan harga yang jauh lebih rendah dibanding harga normal, maka tidak ada salahnya kamu curiga karena kemungkinan besar iPhone tersebut adalah produk tiruan.

Perhatikan Fitur dan Spesifikasi

Melihat fitur dan spesifikasi merupakan acuan yang dapat membedakan iPhone asli atau palsu. Misalnya, saat kalian membuka iPhone 5s, maka kalian dapat melihat apakah ada spesifikasi khusus yang bisa membedakannya. Misalnya terdapat fitur fingerprint. Bila dalam iPhone yang akan kamu beli tidak ada, maka bisa dipastikan iPhone tersebut palsu.

Adanya Memori Eksternal

Nah ini bisa menjadi acuan tersendiri untuk kamu karena dalam iPhone asli tidak terdapat memori eksternal. Meski tampilan di luar terlihat mirip, namun tetap saja jika dilihat dari dalam kamu bisa melihat perbedaannya.

Banyak dari iPhone palsu yang beredar saat ini menyediakan slot microSD di perangkatnya. Padahal, Apple tak pernah sekalipun membuat iPhone yang dilengkapi dengan slot MicroSD.

Itulah sejumlah cara mudah yang bisa kamu perhatikan untuk membedakan iPhone asli dan palsu. Semoga dengan informasi di atas, kamu lebih cerdik saat akan membeli iPhone. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply