Hobby

10 Manfaat Menulis Yang Ternyata Sangat Luar Biasa

Jangan Lupa Share ya

Sering kali orang akan mengeluh jika harus di suruh untuk menulis dengan kapasitas yang banyak. Umumnya hal ini berlaku pada anak sekolah dan para mahasiswa sehingga tak jarang mereka pun malas menulis dan tidak memiliki catatan pelajaran. Bahkan tak jarang banyak mahasiswa yang menggunakan kamera hp untuk memotret penjelasan di papan tulis atau di layar proyektor.

Padahal menulis itu memiliki banyak manfaat dan bisa Anda rasakan di masa yang akan datang. Dengan adanya manfaat ini seharusnya bisa menambah motivasi kita semua agar selalu rajin menulis bukan namun nyatanya masih banyak orang menganggap remeh menulis. Nah, agar Anda bisa mengetahui lebih lanjut apa saja manfaat menulis yang ternyata sangat luar biasa. Simaklah ulasan berikut ini:

Untuk melatih kepekaan terhadap hal di sekeliling kita

Apabila Anda sudah aktif menulis apapun, maka tanpa sadar Anda pun pastinya akan terlalu sensitive akan kejadian yang ada di sekitar, selalu mendalami suatu peristiwa yang terjadi yang akan di jadikan sebagai bahan tulisan. Jika aktivitas ini di lakukan secara terus menerus, Anda pun akan semakin peka dengan keadaan dengan keadaan sekitar.

Mengasosiasikan pikiran dalam bentuk yang bisa dipahami pembaca

Umumnya Anda akan mengelola sebuah pikiran yang tidak sinkron antara satu degan pihak yang lain. dengan menulis ini Anda bisa mengaitkan antara A dan B sehingga muncullah kesesuaian dalam pola pikiran antar A dan juga B. Walaupun pada saat awal menulis akan menemukan banyak kendala, namun dengan terus berlatih maka kemudahan yang Anda dapatkan.

Persyarafan otak tidak menciut

Manfaat menulis berikutnya adalah membuat syaraf otak tidak menciut. Menurut beberapa penelitian dari dokter bedah syaraf mengatakan jika syaraf otak tidak di rangsang seperti di gunakan untuk berpikir maka sel- sel yang ada di syaraf otak mengecil bahkan bisa saja mati.

Menulis kejadian buruk dan baik di hidup

Pastinya Anda sudah pernah mengalami beberapa kejadian buruk dan baik di dalam hidup Anda bukan. Apalagi jika Anda menuliskan pengalaman Anda pada blog Anda maka pastinya akan ada beberapa tanggapan dari pengunjung blog Anda. Dengan adanya komentar dari beberapa pembaca tulisan ini maka secara tak langsung bisa mengubah sikap Anda selama ini.

Sebagai bahan pembelajaran

Menulis itu memiliki banyak manfaat karena akan ada banyak hal yang bisa di pelajari. Pastinya Anda tidak mungkin menulis sebuah hal yang tidak benar atau sesuatu yang bisa menimbulkan fitnah. Nah, menulis juga akan membuat Anda belajar banyak hal apalagi jika ingin tulisan Anda di baca oleh orang banyak.

Sebagai bentuk personal branding

Tentunya Anda memiliki tetangga yang kaya, keren, ataupun orang yang pintar namun pastinya orang di luar sana tidak mengenal siapa mereka. Kenapa demikian? karena mereka tidak pernah menulis apa yang menjadi pola pikirnya untuk bisa di baca oleh orang lain. suatu saat nanti, mungkin saja Anda bisa memperoleh sebuah penghargaan dari sebuah instasi, sebuah organisasi karena tulisan Anda yang sangat bermanfaat untuk orang lain.

Sebagai hiburan di kala waktu senggang

Menulis ini bisa menjadi hal yang sangat manfaat untuk mengisi waktu luang Anda. Banyak sekali orang yang memilih bermain game, malas-malasan yang pastinya tidak ada manfaat sama sekali. Dengan menulis ini, Anda bisa mendapatkan banyak tulisan yang bermanfaat untuk orang lain.

Sebagai pemotivasi agar lebih banyak membaca

Menjadi seorang penulis pastinya membutuhkan beberapa bahan untuk tulisan tersebut. Dan yang paling banyak di gunakan sebagai inspirasi dalam menulis adalah membaca buku. Dengan membaca juga bisa menambah kosa kata dalam kehidupan sehari- hari Anda sehingga tulisan Anda bisa jauh lebih bagus dan menarik.

Sebagai pemicu untuk terus belajar

Menulis juga menjadi salah satu sarana yang bisa menjadikan Anda ingin terus- menerus belajar hal yang baru. Menulis itu bukan hanya sekedar menulis, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam menulis. Misalnya saja cara menulis opini, cara menulis reportase dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu sumber penghasilan

Ternyata meulis juga menjadi salah satu sumber kehidupan lho, kenapa bisa begitu? Karenanantinya Anda bisa memperoleh penghasilan dari menulis, seperti halnya menulis pada sebuah blog. Jika banyak yang mengunjungi blog untuk membaca tulisan Anda maka Anda bisa memperoleh uang dari itu.

Nah, demikianlah sekilas info yang bisa di berikan kepada mengenai manfaat menulis. Semoga bermanfaat!

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply