Beauty & Health

10 Manfaat Daun Kelor yang Jarang Diketahui

 

“Dunia tak selebar daun kelor” siapa yang tak kenal dengan ungakapan tersebut. Bukan ungkapan itu yang akan kita bahas kali ini, tapi sekarang kita akan ungkap rahasia dari daun kelor.

Daun kelor adalah salah saru tumbuhan dengan memiliki daun yang berukuran kecil. Namun meski begitu ternyata daun kelor memiliki segudang rahasia atau khasiat. Daun kelor diteliti tentang manfaatnya dari tahun 1980 oleh para ilmuan. Para ilmuan tersebut meneliti di bagian daun, kulit, batang, buah serta bijinya. Saking banyaknya khasiat yang dihasilkan tumbuhan ini sampai – sampai para ilmuanpun menyebutnya “Miracle Tree” atau pohon ajaib.

Daun kelor memiliki zat – zat yang bermanfaat bagi kesehatan, kecantikan, dan masa pertumbuhan, hingga WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) pun menyarankan agar anak – anak dan bayi untuk mengonsumsinya.

Zat – zat yang ada pada daun kelor yaitu, vitamin C (7 kali lipat dari jeruk), vitamin A (3 kali lipat dari wortel), protein (2 kali lipat dari susu), potassium (3 kali lipat dari pisang), dan kalsium (4 kali lipat dari susu). Dengan banyaknya zat yang terkandung dari daun kelor ini maka dapat dimanfaatkan untuk kecantikan.

Manfaat untuk kecantikan

  1. Menjaga berat badan

Ternyata daun kelor bisa membantu menjaga berat badan. Faktanya bahwa teh daun kelor bisa membantu kelancaran pencernaan sehingga dapat membantu kamu yang ingin menurunkan berat badan. Kandungan dari teh daun kelor adalah Polyphenol sebagai antioksidan agar tubuh mendetoksifikasi racun yang ada dan memperkuat system kekebalan tubuh.

  1. Menyehatkan kulit

Vitamin C dan antioksidan memiliki manfaat untuk menghaluskan kulit dan mencegah munculnya jerawat. Nah, daun kelor ini banyak mengandung Vitamin C dan antioksidan, jadi dengan mengonsumsinya maka kulit kamu akan lebih sehat dan tidak berjerawat.

  1. Menguatkan dan Melembabkan Rambut

Rambut perlu mendapat perawatan dan nutrisi. Teh daun kelorlah solusi terbaik karena banyak mengandung nutrisi yang dapat membuat rambut kamu menjadi kuat, mengkilap, dan sehat.

  1. Menghilangkan flek wajah

Bagi kamu yang memiliki flek di wajah, kamu patut mencoba daun kelor sebagai solusinya. Daun kelor memiliki banyak nutrisi seperti tembaga, seng, besi, mangan, magnesium, dan silika. Oleh karena itu, daun kelor bisa dijadikan bahan alami untuk menghilangkan flek di wajah dan bisa juga digunakan sebagai pelembab alami. Selain dapat digunakan sebagai pelembab alami, daun kelor pun mampu mengangka sel kulit mati dan membersihkan kulit. Di beberapa negarapun sudah menggunakan ekstrak daun kelor sebagai bahan bahan pembuatan kosmetik. Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan menumbuk beberapa daun kelor muda hingga halus dan kamu bisa gunakan sebagai bedak.

  1. Menghambat efek penuaan

Wanita tentunya ingin selalu terlihat muda dan cantik. Daun kelor dinyatakan bahwa suplementasi dengan daun kelor dan bayam akan menimbulkan peningkatan yang cukup signifikan terhadap senyawa antioksidan, sehingga mampu memperlambat efek penuaan.

Manfaat untuk Kesehatan

Selain untuk kecantikan, daun kelor pun sangat bermanfaat untuk kesehatan. Yuk kita simak informasinya, berikut ini beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan:

  1. Mengobati rematik

Dengan zat – zat yang terkandung di dalamnya, daun kelor memiliki manfaat untuk mengurangi penumpukan asam urat di sendi dan mengurangi rasa sakit pada sendi. Selain untuk mengobati rematik, daun kelor juga mampu mengatasi masalah di persendian seperti: pegal linu, nyeri, dan sebagainya.

  1. Mengatasi alergi

Tak sampai disitu saja manfaat daun kelor. Ternyata tumbuhan tersebut mampu mengatasi alergi. Caranya sukup mudah yaitu, rebus 3 batang daun kelor, tambahkan pulasari secukupnya, tambahkan juga 1 siung bawang, dan 3 gelas air. Rebus hingga mendidih sampai tersisa 2 gelas, lalu saring dan minum setiap hari secara rutin.

  1. Mengobati cacingan

Dengan merebus 3 gagang batang daun kelor, 1-2 batang mineran, dan 1 batang daun cabai di dalam 2 gelas air mendidih, kamu tidak perlu khawatir ketika anak mengalami cacingan. Cukup minumkan satu gelas rebusan yang telah disaring tersebut makan anakpun bisa ceria kembali.

  1. Menurunkan kolesterol dan tekanan darah

Daun kelor pun dapat mencegah kolesterol. Seperti yang dikemukakan oleh Tati Winarto (seorang pakar herbal) dengan kandung zat hiocarbamate glikosida, nitrile, serta glikosida minyak mustard dari daun kelor, maka tumbuhan ini mampu mencegah kolesterol tinggi dan menjaga kadar darah.

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Hampir banyak orang yang mengalami masalah pencernaan dan hampir banyak orang yang tidak suka meminum obat. Solusi terbaiknya, kamu bisa menggunakan daun kelor yang memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mencegah dan mengobati sakit maag, keluhan pencernaan, infeksi, serta kerusakan ginjal.

Selain itu, kita bisa menggunakan minyak kelor yang bisa membantu meningkatkan fungsi hati, dengan manfaat detoksifikasi racun dan zat berbahaya di dalam tubuh. Sehingga minyak daun kelor memungkinkan mampu mengatasi penyakit sembelit, diare, batu ginjal, dan infeksi saluran kantung kemih. (elevenia)

 

 

Leave a Reply