Beauty & Health

10 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Tahukah Anda bahwa sesungguhnya alpukat ini juga bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil? Penelitian telah membuktikan bahwa kandungan alpukat ternyata sangat baik untuk kehamilan. Tidak hanya untuk sang ibu, namun juga untuk sang calon buah hati. Nah, untuk lebih memudahkan Anda, berikut akan diulas mengenai manfaat alpukat untuk ibu hamil yang amat menyehatkan dan cocok untuk dijadikan pilihan.

Membantu Mencegah Cacat Bagian Syaraf Janin

Manfaat pertama dari alpukat untuk ibu hamil adalah untuk mencegah terjadinya cacat syaraf pada janin. Hal itu disebabkan karena alpukat memiliki kandungan Asam Folat yang ampuh di dalam mencegah terjadinya cacat bagian syaraf janin. Oleh karena itu sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi buah alpukat ini secara rutin sebanyak setengah cangkir. Dan perlu diketahui bahwa di setiap irisannya terdapa kandungan 59 mcg Asam Folat.

Membantu Cegah Deformitas Bayi

Selain itu, Asam Folat pada buah alpukat ternyata sangat penting untuk keperluan perkembangan organ tubuh janin. Jika seorang janin kekurangan Asam Folat ini, maka bisa menyebabkan deformitas pada bayi sebelum ia dilahirkan. Yang dimaksud dengan deformitas sendiri adalah susunan gigi yang tetap namun tidak teratur lantaran adanya gangguan pada rahang yang tengah berkembang.

Membantu Cegah Komplikasi

Selanjutnya, alpukat bisa membantu mencegah komplikasi pada ibu hamil. Sudah menjadi rahasia umum bahwa ibu hamil akan mengalami kelelahan. Nah, Asam Folat pada buah alpukat sangat ampuh di dalam mencegah komplikasi seperti insomnia, perubahan suasana hati yang mendadak, tekanan darah tinggi saat hamil, dan lain sebagainya. Maka dari itu, Anda sebaiknya mengkonsumsi alpukat secara rutin dan teratur.

Membantu Atasi Anemia pada Ibu Hamil

Selain itu, buah alpukat ternyata juga ampuh dalam mengatasi penyakit Anemia pada ibu hamil. Hal itu disebabkan karena kandungan vitamin C yang ada di dalamnya. Dengan mengkonsumsi buah ini, Anda tidak perlu membeli vitamin C yang kimiawi karena belum tentu aman untuk janin Anda bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Membantu Kurangi Morning Sickness

Manfaat alpukat untuk ibu hamil lainnya adalah membantu kurangi morning sickness pada ibu hamil. Hal itu disebabkan karena kandungan vitamin B1, B2 dan B6 nya. Kandungan-kandungan tersebut ampuh di dalam mengurangi rasa mual dan muntah saat pagi hari. Khususnya di akhir masa hamil saat hendak melahirkan serta pasca menyusui. Vitamin B2 sangat ampuh dalam membangu penguraian zat dari makanan untuk janin Anda. Selain itu juga untuk daya tahan ibu hamil.

Membantu Kurangi Radang Pencernaan

Peradangan pada pencernaan adalah salah satu keluhan ibu hamil pada umum nya. Nah, Anda tidak perlu khawatir karena alpukat sendiri mengandung karotenoid yang akan menjadi nutrisi penting bagi moment kehamilan Anda. Ini sangat ampuh di dalam mengurangi peradangan pada bagian lambung dan usus halus.

Membantu Tingkatkan Penyerapan Nutrisi

Alpukat juga sangat bermanfaat di dalam membantu meningkatkan penyerapan nutrisi pada tubuh ibu hamil. Kandungan vitamin A yang ada pada alpukat ampuh di dalam mencegah janin Anda terserang penyakit ataupun gangguan pada mata. Cara pemakaiannya sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengkonsumsi alpukat sebanyak satu cangkir setiap harinya untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan otak dan juga syaraf.

Membantu Mengobati Kram pada Ibu Hamil

Selanjutnya, buah alpukat ternyata ampuh untuk obati kram pada ibu hamil. Sebagaimana diketahui bersama bahwa salah satu keluhan ibu hamil adalah kram. Nah, Anda disarankan untuk mengkonsumsi alpukat secara rutin dan teratur supaya kram anda segera sembuh. Hal ini disebabkan karena kandungan potassium yang ada pada alpukat.

Menjadikan Ibu Hamil Cepat Kenyang

Selain beberapa hal di atas, alpukat ternyata juga kaya akan serat yang bisa membuat setiap ibu hamil kenyang lebih lama. Kandungan Asam Oelat yang ada di dalamnya bisa mengaktifkan bagian tubuh dimulai dari otak sehingga ibu hamil akan mudah kenyang. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.

Sebagai Makanan Otak untuk Ibu Hamil

Alpukat merupakan salah satu makanan terbaik untuk otak. Selain itu juga ampuh dalam mengurangi risiko penyakit Alzheimer karena kandungan vitamin E yang ada di dalamnya.

Itu tadi uraian mengenai manfaat alpukat untuk ibu hamil yang bisa dijadikan sebagai solusi mudah dan praktis untuk menjaga kehamilan Anda supaya tetap stabil. Untuk hasil yang lebih maksimal Anda harus mengonsumsi nya secara rutin dan teratur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply