Culinary, Home /Food

10 Makanan Termahal di Dunia

10 Makanan Termahal di Dunia

Jangan Lupa Share ya

Menikmati makanan lezat memang keinginan banyak orang. Terkadang perut dan lidah perlu dimanjakan dengan makanan yang punya fine taste, dan biasanya harga dari menu makanan tersebut mengeruk dompet cukup dalam. Tapi tahukah anda, ada menu makanan yang tidak bisa disantap oleh orang berpenghasilan biasa-biasa saja?

1. Kopi Luwak

10 Makanan Termahal di Dunia-1

Kopi Luwak atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Civet Coffee adalah biji kopi yang dihasilkan dari kotoran Musang Kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati lubang pencernaan Musang. Kopi Luwak merupakan tanaman asli Indonesia yang pembudidayaannya dimulai dari abad ke-18 saat Belanda membuka perkebunan tanaman komersial di koloninya terutama di Pulau Jawa dan Sumatera.

Banyak yang menganggap Kopi Luwak ini menjijikan karena keluar bersama kotoran Musang. Namun jangan salah, rasanya sungguh luar biasa langka dan banyak dicari oleh pencinta kopi dari seluruh dunia.

Harga: 5,3 juta per kilogram

2. La Bonnotte Potatoes

10 Makanan Termahal di Dunia-2Kentang adalah salah satu jenis makanan yang sangat fleksibel, variannya pun banyak dan bisa dikonsumsi oleh semua kalangan. Tapi jangan salah, kentang termahal di dunia akan membuatmu jatuh miskin.

La Bonnotte Potatoes ini adalah kentang yang berasal dari variant kentang yang hampir punah dan hanya bisa ditemukan di Perancis saja. Karena termasuk kentang yang sangat langka dengan jumlah terbatas dan harga yang fantastis, kentang ini mendapat perlakuan istimewa yaitu, hanya boleh dibuahi oleh rumput lokal saja.

Selain itu, tiap tahunnya hanya tersedia 100 ton kentang saja untuk dipasok dan disajikan di restoran-restoran terkemuka di Perancis.

Harga: 10 juta per kilogram

3. Saffron Crocus

10 Makanan Termahal di Dunia-3Saffron Crocus digadang sebagai salah satu bumbu masakan termahal di dunia dengan harga yang terdengar tidak masuk akal. Bumbu masak ini pun tidak sembarangan digunakan pada makanan yang biasa, biasanya bisa ditemukan untuk masakan fine dining.

Bumbu ini dibuat dari bunga tumbuhan Saffron Crocus yang belum terbuka. Per kilogramnya mengandung 200 ribu pucuk bunga, yakni sekitar 3 lapangan bola penuh dengan Saffron Crocus.

Harga: 11 juta per kilogram

4. Jamur White Truffle

10 Makanan Termahal di Dunia-4Jamur White Truffle sangat terkenal di kalangan sosialita Eropa yang menginginkan rasa earthy pada makanannya. Jamur ini menjadi jamur termahal di dunia karena harga per kilonya yang lebih dari empat ribu USD.

Untuk menghidangkannya, hanya diperlukan ukuran sangat kecil yakni sedikit parutan saja dalam setiap masakan dan tentu saja tidak untuk sembarang masakan. Jamur ini hanya bisa ditemukan di Italia bagian utara dan hanya dipanen saat musim gugur saja. Untuk memanennya pun tidak sembarangan, harus dengan kawanan anjing khusus yang sebelumnya telah dilatih secara khusus juga.

Harga: 60 juta per kilogram

5. Fleur Burger

10 Makanan Termahal di Dunia-5Bagi beberapa orang burger adalah sejenis makanan cepat saji atau junk food yang murah dan memiliki rasa yang enak namun membawa penyakit karena mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Tapi berbeda dengan Fleur Burger, burger yang satu ini akan merogoh kantong anda jauh lebih dalam daripada burger biasanya.

Burger ini dibuat dari daging sapi Kobe yang dihidangkan bersama fakoa dan saus starve dengan roti brios buffel. Dan menariknya lagi, anda akan mendapat sertifikat yang khusus dikirim ke rumah sebagai bukti bahwa anda telah membayar mahal untuk menyantap burger ini.

Harga: 65 juta per kilogram

6. Tuna Bluefin

Ikan tuna Bluefin ini diburu karena daging merahnya yang lembut yang sangatlah disukai oleh pencinta sushi. Harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah per kilogram dan bahkan satu iris kecil saja bisa mencapai 870 ribu rupiah. Seorang pria Jepang bahkan pernah membeli ikan Bluefin utuh seharga Rp6,7 miliar. Konon ikan jenis ini juga bisa ditemukan di perairan Indonesia, namun nelayan Indonesia masih punya kendala untuk menangkapnya.

Harga: 115 juta per kilogram

7. Serendipity 3 Chocolate Ice Cream

10 Makanan Termahal di Dunia-7Dessert paling mahal di dunia ini sampai masuk Guinness World Record. Es krim ini terdiri dari 28 jenis cokelat, yang dimana krim nya dicampur dengan 5 gram emas 23 karat. Topping-nya juga bukan sembarang topping, topping yang terbuat dari whipped cream yang juga dilapisi emas. Bukan cuma es krim dan topping-nya saja yang spesial, gelas dan sendoknya juga. Gelas yang digunakan untuk menyajikan es krim ini terbuat dari emas 18 karat yang dihiasi gelang intan. Sendoknya pun juga bukan sembarang sendok, sendoknya terbuat dari cokelat yang dihiasi intan putih. Nggak heran kalo pembuatan dessert ini menghabiskan waktu sampai 3 bulan.

Harga: 340 juta per porsi

8. Daun Emas

10 Makanan Termahal di Dunia-8Penasaran seperti apa rasanya emas dalam bentuk dedaunan ini? Ternyata rasanya hambar. Lembaran emas ini memang aman di konsumsi, tapi nggak mengandung nutrisi apapun yang berpengaruh terhadap kesehatan. Namun, nggak berhenti hanya menjadi penghias. Ada beberapa makanan yang benar-benar menggunakan emas sebagai bahan dasarnya, contohnya Bagel Emas.

Harga: 1,4 milyar per kilogram

9. White Gold Caviar

10 Makanan Termahal di Dunia-9Bagi penikmat seafood khususnya Sushi, pasti udah nggak asing dengan nama caviar atau telur ikan. Tapi bukan asal telur ikan, White Gold Caviar adalah jenis caviar beluga dari Iran yang dibanderol seharga rumah. Caviar ini didapat dari ikan beluga sturgeon salah satu spesies ikan paling tua yang telah hidup sejak jaman dinosaurus dan kini sangat langka.

Cara menikmatinya pun tidak asal-asalan, harus sendok berlapis mutiara saja yang boleh digunakan untuk memakan ini. Bahan metal dipercaya akan merusak rasa caviar ini.

Harga: 1,4 milyar per kaleng

10. Henri IV Dudognon Heritage

10 Makanan Termahal di Dunia-10Pernahkah Anda mendengar bahwa semakin tua anggur atau semakin lama ia disimpan, maka semakin enak pula rasanya? Mungkin inilah yang menjadikan minuman ini menjadi salah satu anggur termahal di dunia. Selain berusia 100 tahun, minuman ini disajikan dalam botol dari 4 kilogram platinum murni, emas 24 karat, dan ditaburi 6.500 keping intan.

Minuman yang telah disimpan selama se-abad ini hingga sekarang belum ada yang berani membelinya apalagi mencicipi rasanya.

Harga: 20 milyar per botol

Untuk menikmati makanan enak dan unik, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Karena terkadang Indomie varian rasa terbaru sudah bisa membuat lidah kita puas, cobain dulu Indomie rasa Ayam Geprek untuk rasa yang lagi tren!

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply