Culinary

10 Makanan Khas China yang Sangat Terkenal

Jangan Lupa Share ya

China merupakan negara yang terkenal dengan hidangan lezatnya di dunia. Ada banyak sekali varian makanan khas China yang cocok untuk dijadikan pilihan wisata kuliner. Namun beberapa orang hanya mengenal sebagian kecil saja. Padahal varian menu masakan China sangat khas dan menggoyang lidah. nah, pada kesempatan ini akan diperkenalkan kepada Anda mengenai 10 makanan khas China yang sangat terkenal karena kelezatan dan cita rasanya.

Wonton

Menu satu ini sangat mirip dengan menu siomay kalau di Indonesia. Hanya bedanya adalah dari hidangannya. Biasanya Wonton disajikan dalam bentuk sup. Sementara siomay di Indonesia biasanya disajikan dalam bentuk kuah kaldu. Wonton terdiri dari udang dan ikan yang keduanya dicincang kemudian akan direbus hingga matang.

Ayam Pengemis

Menu satu ini pembuatannya adalah dengan cara dibungkus dengan daun teratri kemudian memiliki aroma tanah. Ini menjadi incaran banyak wisatawan yang berkunjung ke China karena keunikan dari menu satu ini.

Chow Mein

Ini adalah masakan berbentuk mie China yang melalui proses penggorengan kemudian dicampurkan dengan berbagai bahan lain seperti sayur, udang, ayam, dan juga bumbu. Ini sesungguhnya adalah jenis masakan untuk daerah kraton yang memiliki rasa asin, manis, gurih dan sedap.

Bebek Peking

Selanjutnya Anda bisa mencicipi menu khas China, yaitu bebek peking. Kuliner ini sangat terkenal karena cita rasanya yang lezat. Ini juga termasuk jenis menu yang cukup meleganda dan banyak diminati. Ia mempunyai warna kecoklatan saat dihidangkan. Cita rasanya juga akan bertambah mantap saat disantap bersamaan dengan nasi hangat atau jenis sup merah.

Mapo Doufu

Jenis makanan khas China satu ini merupakan jenis makanan tradisional dan cukup populer. Kuliner satu ini asalnya adalah di provinsi Shincuan. Bentuknya lebih seperti tahu yang kemudian dipotong dalam bentuk dadu. Sesudah itu akan dimasak bersamaan dengan jenis daging giling, daun bawang, bubuk cabai, pasta kacang, dan berbagai bumbu khas lainnya. Kuliner satu ini terkenal memiliki rasa yang pedas, manis, gurih, dan juga lembut.

La Ji Zi

Selanjutnya Anda bisa memilih menu satu ini untuk mendapatkan kuliner terlezat dari China. Menu satu ini sangat hits. Sebenarnya artinya dalam bahasa Indonesia adalah ayam pedas kering. Hidangannya berisi potongan daging ayam di dalam bentuk dadu yang digoreng hingga mengering. Kemudian diberi berbagai jenis bumbu spesial seperti cabai Sichuan dan lain sebagainya.

Hainan Jifan

Anda juga harus mencaba jenis makanan khas China satu ini. Di Indonesia, menu ini sangat banyak digemari. Menu ini sesungguhnya adalah beras yang dimasak dengan menggunakan kaldu ayam dan bumbu pilihan. Umumnya akan disajikan bersama dengan ayam, kecap dan kuah.

Sanbeiji

Selanjutnya, Anda bisa menikmati hidangan unik khas China satu ini. Uniknya, untuk memperoleh satu porsi menu ini, Anda membutuhkan cukup banyak bumbu. Bahan utama untuk membuat kuliner ini adalah daging ayam yang diolah menggunakan tiga cangkir campuran bumbu.

Nian Go

Jenis kuliner satu ini biasa dikenal dengan kue keranjang. Kue ini sudah lama terkenal di Indonesia sebagai makanan khas tradisional dari China. Biasanya kue ini akan sangat dicari saat perayaan Imlek. Bahan yang digunakan adalah jenis ketan dan juga gula yang kemudian dibentuk bulat. Sesudah itu dipotong dan digoreng dengan telur.

Tangculiji

Namanya memang aneh, tapi rasanya sangat pas di lidah. Menu satu ini termasuk jenis kuliner tradisional ala Tionghoa. Biasanya disediakan di berbagai jenis restaurant China. Menu ini terdiri dari olahan daging babi yang kemudian di fillet dan dicampurkan dengan tepung dan terakhir digoreng. Sesudah itu, ia akan dimasak dengan saos asam manis.

Gong Bao Ji Ding

Ini sesungguhnya adalah jenis menu ayam Kungpao. Hidangan ini asalnya adalah dari provinsi Sinchuan. Bahan dasarnya adalah daging ayam Kungpao yang dipotong dadu, juga kacang serta cabai yang besar. Kemudian dicampurkan dengan asam manis dan dimasak sampai warnanya kecoklatan.

Itu tadi uraian tentang makanan khas China yang cukup populer dan banyak diminati masyarakat tidak hanya masyarakat China namun juga para wisatawan yang berkunjung kesana. Dengan menikmati menu-menu tersebut, Anda akan mendapatkan sensasi yang lezat dan khas karena racikannya yang khusus dan spesial. Anda pun juga bisa mencoba resepnya di rumah karena pembuatan menu-menu di atas sangat sederhana. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply