Culinary

10 Makanan Khas Bengkulu Yang Unik Dan Citarasa Berbeda

Jangan Lupa Share ya

Hal apa yang mengingatkan Anda ketika mendengar nama Provinsi Bengkulu? pastinya Andalkan langsung teringat dengan bunga yang termasuk ke dalam bunga langka di Indonesia  yaitu Rafflesia Arnoldi. Selain itu, Bengkulu juga terkenal dengan kulinernya yang menggoda, karena mempunyai banyak sajian kuliner khas yang akan membuat lidah Anda bergoyang ketika disantap.

Bengkulu Tempat Sejuta Kuliner Menggoda

Tidak hanya sebagai provinsi yang menyimpan beragam  wisata alami atau buatan yang mempesona. Tetapi juga tersedia banyak makanan-makanan khas Bengkulu ini. Rasanya sangat kurang jika Anda ke Bengkulu tanpa mencicipi semua makanan-makanan khasnya. Penasaran, apa saja makanan khas dari Bengkulu? Simak terus artikel ini hingga selesai.

Makanan Khas dari Bengkulu yang Bikin Ketagihan

Gulai Kemba’ang – Gulai Lezat dari Bumi Rafflesia

Masakan gulai termasuk salah satu masakan lezat di Indonesia, seperti halnya dengan Gulai Kemba’ang. Di Bengkulu, gulai kemba’ang dibuat dari bahan utama yang menggunakan daging sapi dan disajikan dengan kuah khas gulai yang kental. Dengan kelezatannya, gulai kemba’ang dijadikan sebagai makanan utama di ada acara tertentu terutama di saat Bulan Ramadhan.

Kue Khas dari Bengkulu yang disebut Kue Tat

Kue Tat merupakan sejenis kue bolu tetapi mempunyai citarasa yang berbeda dari bolu pada umumnya. Kue khas tradisional Bengkulu ini perpaduan antara rasa gurih dan manis. Pada umumnya, kue ini dijadikan sebagai di hari lebaran atau Idul Fitri.

Tempoyak Ikan Patin

Buah durian biasanya dijadikan sebagai bahan tambahan untuk membuat kue atau minuman lezat. Tapi tidak hanya itu, buah durian di Bengkulu di olah menjadi olahan makanan. Yaitu makanan kuliner tempoyak ikan patin dan dijamin rasanya nikmat dan bikin ketagihan.

Bagar Hiu

Jika Anda mendengar masakan yang berbahan Ikan Hiu, apa yang pertama kali terngiang di kepala Anda? pastinya sop sirip ikan hiu. Tetapi di Bengkulu, ikan hiu tidak tidak diolah siripnya, tetapi menggunakan daging Ikan Hiu untuk dijadikan sebagai makanan berkuah kental.

Lema

Lema adalah makanan yang dibuat dari rebung yang dicampur dengan Ikan Mujaer. Proses pembuatannya juga sangat unik yaitu dengan  mencampur semua bahan kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang lalu ditutup rapat hingga beberapa hari. tetapi rasanya memang membuat anda kurang suka, karena kurang sedap. tetapi, jangan salah karena rasanya sangatlah nikmat.

Pendap

Jika Anda ke Bengkulu rasanya sangat kurang jika Anda tidak merasakan Pendap. Pendap adalah makanan khas dari Bengkulu yang sudah ada sejak zaman dahulu dan terbuat dari beberapa ikan. Bahan utama bumbunya yaitu menggunakan bawang putih, kencur, cabai, dan juga kelapa muda.

Kue Lepek Biniti

Bagi Anda yang suka membawa oleh-oleh ketika bepergian ke luar kota dan Anda sedang berada di Bengkulu, Kue Lepek Biniti tidak boleh Anda lewatkan untuk dibawa pulang. Kue lepek biniti mempunyai citarasa yang manis dan sudah dijamin sangat lezat. Bahan utama untuk pembuatan kue khas dari Bengkulu ini adalah tepung ketan, lengkuas, santan dan daun salam.

Manisan Terong

Pada umumnya, jenis manisan yang terbuat dari buah-buahan seperti mangga, apel, nangka, dsb. Tetapi, ada yang berbeda dari masyarakat Bengkulu, yaitu membuat manisan dari terong. Untuk merasakan kenikmatan rasanya, lebih baik untuk mencobanya sendiri.

Kembang Goyang

Kembang Goyang merupakan cemilan yang termasuk makanan khas Bengkulu yang harus Anda coba. Karena kembang goyang merupakan primadona cemilan masyarakat dari Bengkulu. Selain rasanya yang nikmat, Bentuknya juga unik karena hampir sama dengan bunga.

Anda yang menjadikan makanan ini unik, yaitu proses pembuatannya. Ketika digoreng, adonan kue ini ini harus digoyang. Itulah kenapa kue ini dinamakan dengan Kembang Goyang. Bahkan, rasa dari dari cemilan ini beragam, ada yang manis dan ada pula yang tawar.

Lemang Tapai

Lemang terbuat daru bahan utama yang dijadikan peneman sajian kuliner ini adalah tapai. Makanan khas ini dibuat dari beras kentan yang dimasak dengan menggunakan santan dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Yang lebih uniknya lagi, proses pembuatannya dimasukkan ke dalam bambu muda lalu dibakar hingga matang? Sebenarnya tapai hanya sebagai peneman. Tapi karena rasanya yang pas, maka lemang ini dijadikan satu hingga menjadi Lemang Tapai yang nikmat.

Itulah ulasan mengenai 10 masakan khas Bengkuli yang unik dan citarasa berbeda. Mungkin dari beberapa makanan tersebut terdapat di beberapa daerah, tetapi akan lebih nikmat lagi rasanya jika mencicipi langsung dari daerah asal makanan tersebut. Semoga bermanfaat. (elevenia).

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply