Beauty & Health

10 Khasiat dan Manfaat Jahe yang Harus Kamu Tahu

Jangan Lupa Share ya

Tuhan telah menciptakan bumi ini dengan sungguh luar biasa. Banyak sekali hal yang bermanfaat untuk manusia jika dikelola dengan baik, salah satunya adalah obat-obat alami. Tapi sayangnya, kebanyakan orang di zaman modern ini lebih mengandalkan obat kimia karena terkesan lebih simple dan tidak ribet. Padahal jika ditelaah lebih jauh, memanfaatkan bahan alami di sekitar kita sangat sederhana sekali.

Salah satu bahan alami yang biasa dijadikan obat secara turun temurun adalah jahe. Jahe merupakan salah satu rempah – rempah yang memiliki banyak nutrisi dan senyawa bioaktif. Hal ini membuat jahe memiliki manfaat baik untuk kesehatan dan telah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit selama berabad-abad. Masalah kesehatan kecil seperti sakit perut hingga penyakit ganas seperti kanker bisa diobati dengan jahe.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat jahe yang harus kamu tahu:

Khasiat dan Manfaat Jahe yang Harus Kamu Tahu

Melawan Berbagai Kanker

Jahe telah diketahui berkhasiat dalam melawan kanker ovarium. Suatu penelitian mengemukakan bawah jahe dapat menghancurkan sel-sel kanker ovarium. Tak hanya kanker ovarium, jahe pun memberikan manfaat untuk perlindungan dari kanker usus besar.

Sebuah percobaan yang telah dipublikasikan dalam Journal of Clinical Oncology menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi jahe memiliki tingkat kemungkinan mengalami perandangan usus yang rendah sehingga dapat mengurangi resiko terkena kanker usus besar.

Jahe Memiliki Sifat Anti Inflamasi

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang baik. Senyawa inflamasi sendiri bertanggung jawab dalam mengurangi peradangan yang dikenal dengan nama gingerol secara signifikan. Kandungan senyawa ini membuat jahe memiliki pengaruh yang luar biasa untuk berbagai kondisi inflamasi (peradangan) yang terkait.

Tak hanya itu, jahe memiliki manfaat untuk penyakit lainnya terutama yang disebabkan oleh peradangan, seperti diabetes, obesitas, penyakit Alzaimer, penyakit kardiovaskular dan berbagai jenis kanker.

Mengobati Sakit Maag Atau Asam Refluks

Maag merupakan penyakit yang menyerang pada bagian lambung. Bagian lambung yang diserang merupakan bagian lambut yang terdapat enzim – enzim pencernaan seperti pepsin, asam lambung, serta mukosa yang berfungsi melindungi dinding lambut. Penderita maag akan mengalami produksi asam lambung berlebih dan ditambah dengan kurang makan sehingga makanan yang diproeses terlalu sedikit membuat asam mengikis dinding lambung.

Jahe Dapat Mengobati Batuk

Khasiat jahe untuk meredakan batuk memang sudah bukan rahasia lagi. Jahe sudah menjadi salah satu obat alami yang paling terkenal dalam mengatasi batuk. Dengan minum air jahe hangat akan secara efektif meredakan sakit tenggorokan dan batuk yang tak henti-henti.

Mengatasi Sakit Tenggorokan

Tidak jauh beda dengan batuk, sakit kepala, atau sakit perut, air rebusan jahe pun dapat mengatasi sakit tenggorokan. Untuk mendapatkan khasiat jahe dalam mengobati sakit tenggorokan, kamu tinggal merebus sepotong jahe kira-kira 1 inci atau diiris tipis secukupnya, kemudian tambahkan beberapa tetes madu atau air lemon.

Mengatasi Hidung Tersumbat

Salah satu khasiat jahe yang sangat efektif adalah mengatasi hidung tersumbat. Caranya adalah dengan membuat teh jahe yang dicampur santan dan madu lokal. Campuran ketiga bahan tersebut bisa dibilang sangat enak untuk sebuah obat. Campuran tersebut pun sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengobati Sakit Kepala/Migran

Jika kamu merasa mual yang sering disertai dengan sakit kepala mingran, salah satu obat alami yang biasa digunakan untuk mengatasi hal ini adalah jahe. Guna mendapatkan khasiat jahe untuk penyakit yang satu ini, kamu tinggal meminum seduhan air jahe hangat-hangat.

Meredakan Sakit Perut

Banyak dari bumbu rempat yang bisa digunakan untuk masalah yang satu ini, salah satunya adalah jahe. Untuk memanfaatkan khasiat jahe guna mengatasi masalah sakit perut, kamu tinggal parut jahe secukupnya kemudian masukkan ke dalam air yang mendidih selama beberapa menit. Air rebusan tersebut kemudian diminum dengan tambahan satu sendok madu.

Melawan Infeksi

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa dalam jahe terdapat senyawa gingerol, yang merupakan zat bioaktif dalam jahe segar. Zat tersebut dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Bahkan telah terbukti bahwa ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan berbagai macam jenis bakteri. Hal ini tentunya sangat efektif utnuk melawan bakteri mulut terkait dengan penyakit inflamasi pada gusi.

Mengatasi Sakit Gigi

Di antara banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari jahe, mengatasi sakit gigi mungkin belum banyak diketahuio oleh orang. Caranya pun sangat mudah, cobalah untuk mengatasi jahe yang masih mentah ke dalam gusi yang mengalami sakit gigi. Atau, kamu bisa merebus akar jahe, kemudian biarkan air rebusannya sampai dingin dan gunakan sebagai obat kumur.

Beberapa khasiat dan manfaat jahe di atas benar-benar menunjukkan kepada kita bahwa bahan – bahan alami yang selama ini ada di sekitar kita akan sangat bermanfaat jika kita mengetahui berbagai kelebihannya. Dari jahe saja, banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil, belum lagi dari bahan – bahan alami yang lainnya. Untuk itu, demi mencegah penyakit yang dibiarkan justru semakin memburuk, tidak ada salahnya untuk mengatasi atau memberikan pertolongan pertama dengan memanfaatkan bahan – bahan alami di sekitar kita. Sebab, bahan alami tentu jauh lebih aman dibanding kita memanfaatkan obat-obat di warung terlebih tanpa resep dokter. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasanmu. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply