Religi

10 Fadhilah Istighfar Yang Luar Biasa

Bagi orang muslim pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya istighfar. Istghfar adalah memohon ampun kepada Allah SWT. Mungkin saja selama ini kebanyakan orang yang melupakan keutamaan dari istighfar, sehingga tidak menyadari bahwa fadhilah istighfar sangatlah luar biasa ketika kita senantiasa mengucap lafadz istighfar.

Firman Allah SWT: “Memohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia akan mengirimkan hujan lebat kepadamu, dan memberikan harta yang banyak dan anak-anakmu dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS Nuh: 10-12)

Dalam ayat tersebut bisa dijelaskan bahwa Ingin hidup mapan, sejahtera dan makmur merupakan hal yang wajar bagi setiap manusia. Tetapi sedikit dari kita yang merasakan kekeringan dan krisis, agar selamat dan terbebas dari problem tersebut.

Wasiat Nabi Nuh

Nabi Nuh menginginkan kaumnya hidup berkah, sejahtera, makmur dan selamat dari malapetaka dengan cara mengajak bertaubat dan ber-istighfar. Istighfar dalam kamus bahasa Arab adalah thalabul maghfiroh yaitu memohon ampunan. Maghfiroh adalah keburukan dosa yang ditutupi agar dosa tersebut tidak terungkap di masyarakat.

Sedangkan menurut sebagian para ulama, istighfar merupakan memohon ampunan melalui lisan, sedangkan tobat melepas dosa dari hati dan seluruh tubuh. Sedangkan sebagian lagi tidak membedakan antara keduanya dan saling melengkapi.

Adanya berbagai bencana, krisis dan malapetaka mungkin semua itu akibat dari lalai, dosa, atau bahkan menjauhi perintah Allah dan enggan untuk beristighfar. Lalu pantaskan istighfar kita posisikan sebagai salah satu solusi dari berbagai masalah yang ada? Ya, Wallahu A’lam.

Keutamaan Istighfar yang Harus Diketahui

Bagi Anda yang belum mengetahui fadhilah istighfar, sangat disarankan untuk membaca artikel ini hingga selesai, karena keutamaan istighfar sangatlah luar biasa. Diantaranya:

  1. Dengan membaca istighfar bisa di ampuni dosanya oleh Allah SWT. Dengan membaca istighfar bisa melenyapkan setiap dosa yang meninggalkan noda hitam di dalam hati.
  2. Dengan membaca istighfar, Alkah bisa menurunkan hujan untuk menghilangkan kekeringan dan tanah yang subur.
  3. Orang yang sering membaca istighfar, Allah akan selalu melapangkan rizkinya sehingga hidupnya lebih makmur dan sejahtera.
  4. Membaca istighfar bisa memudahkan mendapatkan anak dan keturunan. Hal ini sudah dijelaskan di dalam sebuah ayat Al-Qur’an yang berbunyi “niscaya Dia akan mengirimkan hujan dengan lebat kepadamu, memberikan harta dan anak-anak yang melimpah, memberikan untukmu kebun-kebun dan di dalamnya juga terdapat sungai-sungai.
  5. Dengan membaca istighfar akan ditambah kekuatannya. Firman Allah, “Dia (berkata): “Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, nisacaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa,” (QS Hud [11]: 52).
  6. Membaca istighfar secara rutin akan dimudahkan segala masalahnya. Sabda Rasulullah, “barangsiapa yang rutin membaca istighfar, maka Allah akan memberikan jalan keluar dari setiap kesulitan, akan selalu memberikan kebahagian dari setiap kesulitan, akan memberikan rizki yang tidak disangka-sangka,” (HR Abu Daud no. 1520 dan Ibnu Majah no. 3951, dan di dha’if-kan oleh Albani).
  7. Orang yang selalu membaca istighfar, akan diberi limpahan kenikmatan yang baik secara terus menerus. Allah berfirman, “dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya. niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya akubtakut kamu akan di timpa siksa hari kiamat,” (QS Hud [11]: 33).
  8. Dengan membaca istighfar, bisa menolak segala bala dan bencana. Firman Allah SWT: “Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun,” (QS Al Anfaal [8]: 33).
  9. Dengan mambaca istighfar, bisa menjadi penyebab turunnya limpahan rahmat,” (QS An Naml [27]: 46).
  10. Membaca istighfar secara rutin maka akan dihapus kejelekannya dan diangkat derajatnya. Allah berfirman,” barangsiapa yang mengerjakan kejahatan, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi maha penyayang,” (QS An-Nisa’ [4]: 110).

Demikian ulasan mengenai 10 fadhilah istighfar yang luar biasa. Dengan fadilah yang luar biasa tersebut, akan sangat rugi jika Anda tidak mengamalkannya. Apalagi membaca isighfar tidak membutuhkan waktu yang lama dan jangan sia-siakan waktu Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply