Beauty & Health

10 Cara Mengeluarkan Dahak dengan Cara Alami

Ada sejumlah orang yang tidak kesulitan saat mengelurkan dahaknya, namun ada juga sebagian orang yang kesulitan saat akan mengelurkan dahaknya sehingga pernapasan menjadi tidak enak, bahkan sering pusing akibatnya. Tidak dipungkiri, dahak yang sulit dikeluarkan tersebut dapat mengganggu aktivitas harian kamu. Untuk itu kamu harus segera mengeluarkannya. Namun jika setiap batuk kamu harus ke kamar mandi untuk mengeluarkan dahak tentu saja sangat mengganggu bukan, terutama saat kamu sedang sibuk-sibuknya.

Banyak orang yang mengatasi masalah ini dengan mengkonsumsi obat yang dikhususkan untuk mengeluarkan dahak atau untuk batuk berdahak. Tapi apakah kamu tahu jika kamu bisa mngeluarkan dahak tanpa obat? Ada sejumlah cara mengeluarkan dahak yang harus kamu coba sebelum mengatasi masalah dahak tersebut dengan obat.

Cara Mengeluarkan Dahak dengan Cara Alami

Harus Banyak Minum Minuman Hangat

Minuman hangat dapat membuat lendir yang menggumpal atau pun mengendap di tenggorokan lebih encer. Dengan begitu, cairan akan lebih mudah keluar. Tak hanya minum air hangat saja, kamu juga bisa memvariasikannya dengan jahe hangat, teh hangat, mint tea hangat, minuman yang mengandung antiseptik dan dekongestan alami yang dapat memudahkan dahak keluar.

Madu dan Jahe

Minuman hangat lainnya yang sangat cocok untuk mengeluarkan dahak adalah minuman madu dan jahe. Sejak jaman dahulu memang jahe sudah dipercaya sebagai salah satu rempah yang dapat meredakan batuk dan juga dapat mengeluarkan dahak. Kamu bisa mengkonsumsi minuman yang satu ini dengan cara memarut jahe 100 gram kemudian peras airnya. Air dari jahe tersebut campurkan dengan madu dan segelas air hangat. Campuran ini bisa kamu minum 2 kali sehari supaya dahak cepat keluar.

Kumur Dengan Air Garam

Ini mungkin sudah menjadi rahasia umum jika garam dapat digunakan untuk obat untuk masalah gigi. Namun ternyata, kegunaan garam tidak hanya pada masalah gigi saja, tapi juga biasa dipakai sebagai salah satu cara dalam mengeluarkan dahak secara efektif. Sodium yang terkandung dalam garam mampu membasmi bakteri penyebab dahak. Kamu bisa memasukkan 2 sdm garam pada segelas air hangat. Setelah itu aduk hingga larut. Kamu tinggal berkumur menggunakan air tersebut. Kumurlah sampai pada pangkal lidah, agar lebih mudah kamu bisa menengadahkan kepala. Dengan begitu, bakteri penyebab dahak akan mati dan hilang.

Kunyit

Kunyit memiliki sifat yang bisa membunuh kuman dan juga bakteri yang menyebabkan batuk berdahak, utamanya untuk membuat dahak menjadi lebih cair sehingga akan lebih mudah untuk dikeluarkan. Caranya pun sangat mudah. Kamu tinggal memarut kunyit, kemudian peras airnya. Kemudian seduh perasan kunyit tersebut dengan segelas air hangat. Kamu juga bisa mencampurkannya dengan madu. Campuran tersebut dijamin membuat dahak kamu segera keluar sehingga aktivitas tak akan terganggu lagi.

Lada

Rempah-rempah lainnya yang bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu cara mengusir dahak adalah lada. Caranya adalah menyeduh satu sendok teh lada dengan segelas air hangat. Campurkan keduanya hingga merasa. Agar tidak terlalu pedas, kamu bisa menambahkan madu.

Hirup Uap Air Hangat

Menghirup uang mampu mengeluarkan dahak sebab uap air hangat yang kita hirup pun dapat membantu mencairkan lendir yang terdapat pada paru-paru. Caranya adalah dengan memasak air sampai mendidih kemudian kamu hirup upangnya. Saat menghirup tidak usah terlalu dekat, hal ini dilakukan supaya hidung tidak melepuh.

Hidup Uap Air yang Dicampur Minyak Kayu Putih

Campuran air dan minyak kayu putih dapat secara efektif mengeluarkan dahak. Minyak kayu putihnya tidak perlu terlalu banyak, karena hanya untuk menghirup aromanya yang akan bercampur dengan uap air.

Daun Mint

Daun mint memang sudah terkenal sebagai salah satu cara untuk melegakan tenggorokan. Cara ini pun dapat diterapkan sebagai salah satu cara untuk mengeluarkan dahak secara efektif. Caranya adalah dengan cara menyeduh sejumlah lembar daun mint yang telah dicuci sebelumnya.

Mengkonsumsi Bawang Putih

Untuk mengeluarkan dahak dengan cara oral namun tidak perlu meminum obat adalah dengan cara memakan atau pun mengunyah langsung bawang putih mentah. Bawang putih ini memiliki peran sebagai agen anti-bakteri dan juga anti-jamu sehingga sangat berguna untuk memberantas bakteri penyebab dahak. Mungkin rasanya akan sedikit mengganggu namun khasiat yang akan kamu dapatkan bakal sebanding.

Minum Banyak Air

Penyebab dahak sulit dikeluarkan karena dahaknya terlalu kental. Untuk itu, diusahakan kamu lebih banyak mengkonsumsi air putih. Dengan cara ini, dahak akan lebih encer. Air putih pun dapat menggantikan cairan keluar dan sering mengeluarkan dahak.

Mengeluarkan dahak tidak usah dengan cara membeli obat di apotek atau warung, karena alam sudah menyiapkan sejumlah cara alami yang lebih aman dan lebih ampuh dalam mengusir dahak. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba. (elevenia)

Leave a Reply